Rekomendasi Tempat Olahraga Gratis dan Asyik di Jakarta

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

07 Agt 2024

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Smartcitizen setuju? Enggak heran kalau banyak dari kita semua berhobi olahraga. Bahkan, ada beberapa ajang besar yang menyatukan seluruh negara berkat olahraga. Contohnya, Olimpiade 2024 yang saat ini berlangsung di Paris, Prancis. Mumpung semangat Olimpiade masih terasa, yuk, sama-sama mulai gaya hidup yang sehat! Bagi kamu yang mau berolahraga di Jakarta, ada beberapa tempat menarik yang bisa kamu manfaatkan. Mari simak di bawah ini!

 

Olahraga di Jakarta. Sumber: Jakarta Smart City

Olahraga di Jakarta. Sumber: Jakarta Smart City

 

 

Nyaman Olahraga di GBK

Perlu kawasan olahraga yang nyaman? Gelora Bung Karno (GBK) bisa jadi jawabannya, lho! Dekat dari Stasiun MRT Istora Mandiri dan Halte Senayan Bank DKI (dahulu bernama Halte Gelora Bung Karno), tempat ini cocok untuk kamu yang mau joging bahkan bersepeda. Kamu bisa mengelilingi bagian luar stadion utamanya, lalu beristirahat di gerai-gerai sekitarnya. Ingat bahwa area GBK dibuka sampai pukul 22.00, ya!

 

Plaza Timur di GBK. Sumber: gbk.id

Plaza Timur di GBK. Sumber: gbk.id

 

Banyak Aktivitas di Monas

Bisa ngapain aja ya, kalau berkunjung ke Monumen Nasional atau Monas? Ternyata, banyak! Ada bermacam-macam rekreasi yang bisa kamu lakukan di kawasannya, termasuk berolahraga seperti futsal, voli, basket, dan bulu tangkis. Jangan lupa bawa peralatan sendiri, seperti bola, ya. Untuk penggunaan lapangannya, kamu perlu melakukan reservasi dulu. Yuk, cek caranya di sini!

 

Berolahraga di Monas. Sumber: @monumen.nasional


 

Olahraga di Atap JIS

Sudah pernah ke Jakarta International Stadium? Yuk, coba berolahraga di stadion yang biasa disebut JIS ini. Lokasinya ada di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kamu bisa pergi ke Sky View Deck atau atap stadionnya dan mengakses lintasan joging (jogging track). Jadi, kamu bisa berolahraga sambil memandang Jakarta dari ketinggian. Tertarik?

 

Sky View Deck di Jakarta International Stadium (JIS). Sumber: Jakarta Smart City

Sky View Deck di Jakarta International Stadium (JIS). Sumber: Jakarta Smart City


 

Bersantai dan Berolahraga di Taman Langsat

Bisa gak ya, olahraga di tempat yang dekat dari rumah? Bisa, tinggal ke taman aja! Taman Langsat bisa menjadi pilihanmu kalau kamu berlokasi di sekitar Blok M, Jakarta Selatan. Taman ini dikelilingi dengan pohon-pohon yang rindang. Silakan meluncur buat joging!
 

Taman Langsat. Sumber: Berita Jakarta

Taman Langsat. Sumber: Berita Jakarta


 

Olahraga Gratis Setiap HUT Jakarta

Untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta, ada “traktiran” menarik, nih. Warga Jakarta bisa pakai fasilitas olahraga seperti kolam renang secara gratis di Lingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta. Berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Nomor 28/SE/2024, biaya penggunaannya bebas dari retribusi. Jadi, jangan lupa buat nantikan setiap tahun pada 22 Juni, ya! 

 

Olahraga gratis di Jakarta.  Sumber: @disporadkijkt

Olahraga gratis di Jakarta.  Sumber: @disporadkijkt


 

Seru Olahraga Bareng JAKI

Ternyata, banyak juga ya, tempat yang bisa kita manfaatkan untuk berolahraga di Jakarta! Butuh tempat-tempat lainnya? JAKI bisa bantu eksplor fasilitas umum yang kamu butuhkan di Jakarta, termasuk Sarana Olahraga. Kamu cukup unduh  aplikasinya secara gratis, lalu ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka JAKI.

  1. Ketik “Peta” di bilah pencarian.

  1. Lihat ke bagian Fasilitas Umum, lalu pilih Sarana Olahraga.

 

Layanan Sarana Olahraga di JAKI

Layanan Sarana Olahraga di JAKI


 

Kamu sudah siap buat pergi ke lokasi untuk olahraga? Jangan takut kesasar, ya! JAKI juga bisa memandu kamu untuk sampai ke tujuan. Masih pakai fitur Peta, silakan telusuri bagian Transportasi. Setelah itu, pilih opsi seperti Bus Stop (Halte Metrotrans dan Mikrotrans), Halte TJ (Halte Transjakarta), Stasiun MRT, atau Stasiun LRT. Jika kamu mau ke Bus Stop, akan terlihat halte yang terdekat.


Kalau kamu disiplin, olahraga bakal memberimu banyak manfaat. Supaya makin seru, jangan lupa buat ajak seseorang untuk olahraga bersama-sama! Masih penasaran sama tempat-tempat seru lainnya? Jangan lupa ikuti @jsclab, ya!

Penulis dan Editor

Artikel Smart People Lainnya

Selamat Hari Kunjung Perpustakaan! Yuk, ikut jalan-jalan ke Perpustakaan Nasional RI. Ada apa saja yang menarik, ya?

Kendaraan yang parkir sembarangan bisa merugikan kita semua. Baca alasannya dan cari tahu cara melaporkannya, yuk!

Hati-hati dengan wabah Mpox cacar monyet! Cari tahu gejala, kelompok yang rentan tertular, hingga cara pencegahannya di sini.

Jangan panik, tetapi selalu waspada. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang gempa bumi Megathrust di Indonesia.

Pekan Imunisasi Nasional Polio tahap kedua sudah dimulai. Baca pertanyaan mendasar tentang polio serta jawabannya di sini.

Hari Kemerdekaan ke-79 RI sudah di depan mata. Yuk, napak tilas ke tempat bersejarah di Jakarta agar bisa lebih memaknai kemerdekaan.