26 Apr 2022

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Seru di Jakarta

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

26 Apr 2022


Kalau sudah menjelang sore pada bulan Ramadan, tak lengkap rasanya jika enggak ngabuburit. Biasanya, lebih seru menghabiskan waktu sembari menunggu bedug Magrib bersama teman, pasangan, atau mungkin ingin me-time. Di Jakarta, ada beberapa rekomendasi tempat buat kamu yang ingin ngabuburitnya lebih seru, baca artikel ini ya. 

Hutan Kota GBK

sumber: Beritajakarta 


Bagi yang ingin menunggu waktu berbuka puasa di tengah ruang terbuka hijau, kamu bisa banget buat mengunjungi hutan kota yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), nih! Untuk bisa masuk ke sini, kamu tidak akan dipungut biaya loh. Kamu hanya perlu meng-scan QR code PeduliLindungi. Kamu bisa membawa tikar agar dapat piknik di sini, sambil menikmati tanaman dan pemandangan hutan di tengah kota. Oh iya, jangan lupa gunakan cairan pelindung dari nyamuk ya. 

Nah, saran waktu terbaik untuk berkunjung bisa mulai dari jam 15.00 sampai 17.00 WIB. Tetapi, kawasan ini beroperasi hingga pukul 18.00 WIB. Dari sini, kamu bisa mengunjungi mall-mall terdekat, seperti FX Sudirman, Senayan City, atau Plaza Senayan. Untuk beribadah, kamu dapat ke Masjid Al-Bina yang terletak di kawasan GBK. Agar bisa datang ke sini, kamu dapat naik transportasi umum, seperti bus Transjakarta lalu turun di Halte GBK, atau MRT kemudian turun di Stasiun Istora Mandiri. 

Thamrin 10

Tempat selanjutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Thamrin 10 Food and Creative Park. Di sini kamu bisa menunggu waktu berbuka puasa dengan memilih berbagai menu makanan, karena tersedia beragam gerai kuliner. Ada sekitar 50 tenant makanan di sini. Kamu bisa bayar secara non-tunai dengan scan QRIS atau memakai Jakcard. 

Kawasan kuliner ini buka dari Senin sampai Minggu, mulai pukul 11.00 sampai 21.00 WIB. Ada fakta unik lho dari tempat ini, karena sebelumnya merupakan lahan parkir yang diubah oleh Pemprov DKI Jakarta menjadi arena kuliner. Fasilitasnya lengkap, ada Wi-Fi, musala, banyak tempat sampah, dan toilet ramah disabilitas. Nah, untuk menuju kawasan ini, kamu bisa gunakan transportasi umum, seperti bus Transjakarta lalu turun di Halte Bank Indonesia atau MRT kemudian turun di Stasiun Bundaran HI. Untuk pengguna KRL, kamu bisa turun di Stasiun Sudirman atau Tanah Abang. 

 

Sarinah

Pilihan tempat lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah mal pertama di Indonesia, ya apalagi kalau bukan Sarinah. Nah, pada 2022, mal ini kembali dibuka setelah direvitalisasi sejak 2020. Di sini kamu bisa mengunjungi berbagai gerai makanan, perbelanjaan, berwisata sejarah, ataupun berfoto karena banyak spot menarik. Selain itu, kamu dapat menikmati anjungan Sarinah, sambil menikmati penampilan musik pada sore hari. Menarik banget kan? 
 

[Baca lebih lanjut tentang Wajah Sarinah Baru, di sini
 

Mal ini beroperasi dari jam 10.00 sampai 22.00 WIB. Untuk bisa datang ke sini, kamu bisa naik transportasi umum, seperti bus Transjakarta lalu turun di Halte Sarinah, ya! 

Jalan Cikini Raya


 

Kamu bisa menikmati keindahan sore hari di Jalan Cikini Raya. Sepanjang trotoarnya, banyak hal yang bisa kamu nikmati. Dari Kantor Pos Cikini, beragam pilihan kafe dengan ciri khas Jakarta ‘tempo doeloe’ (salah satunya Bakoel Coffee), dan Taman Ismail Marzuki. Nah, buat kamu yang suka menghabiskan waktu dengan berjalan kaki sembari merasakan nuansa sejarah, bisa banget untuk datang ke sini, ya! Kamu dapat naik transportasi umum, seperti KRL Commuter Line lalu turun di Stasiun Cikini atau bus Transjakarta koridor 6H (rute Senen-Lebak Bulus). 

[Baca artikel lebih lanjut tentang menikmati sore di Cikini, di sini]

 

Pasar Bendungan Hilir

sumber: Okezone.com

Nah, untuk kamu yang ingin ngabuburit seru dengan berburu takjil, bisa banget untuk singgah ke Pasar Bendungan Hilir atau Benhil. Pasar takjilini telah berdiri sejak 1985. Di sini kamu bisa menikmati berbagai sajian buka puasa, dari minuman, jajanan tradisional, dimsum, serabi, sampai pempek. Dijamin bikin kamungiler abis deh! Harganya pun relatif terjangkau. Lokasi jualan takjil ini tak jauh dari Pasar Benhil. 
 

Akibat pandemi Covid-19, pasar ini sempat tutup selama dua tahun. Nah, buat kamu yang kangen sama jajanan pasar legendaris, bisa langsung datang ya ke tempat ini. Kamu bisa naik Transjakarta atau MRT, lalu turun di Halte atau stasiun Bendungan Hilir. Setelah itu, kamu dapat berjalan kaki atau naik transportasi lain seperti ojekonline.  

Kota Tua Jakarta

Kembali lagi dengan rekomendasi tempat ngabuburit bernuansa sejarah. Nah, kamu bisa datang ke kawasan Kota Tua Jakarta, sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan berfoto, mengunjungi museum, bersepeda, atau hanya ingin duduk santai sore di sini. Untuk masuk ke kawasan ini, kamu perlu menjaga protokol kesehatan, dengan mencuci tangan dan mengecek suhu tubuh. Selain itu, kamu bisa menikmati udara yang lebih segar, karena kawasan ini ditetapkan rendah emisi.Apabila ingin datang ke sini, kamu bisa gunakan transportasi umum KRL, lalu turun di Stasiun Jakarta Kota. Bus Transjakarta juga dapat kamu naiki, kemudian turun di Halte Kota. Kamu bisa lanjut berjalan kaki untuk memasuki kawasan ini. 

Masjid Istiqlal

sumber: Kompas

Terakhir, ngabuburit kamu semakin lengkap dan seru, sekaligus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, apabila berkunjung ke Masjid Istiqlal. Kamu bisa menunggu waktu berbuka dengan beribadah atau memperdalam ilmu agama Islam. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sajian berbuka puasa gratis di masjid terbesar di Asia Tenggara ini. 

Untuk mendatangi masjid berarsitektur megah ini, kamu bisa naik KRL, lalu turun di Stasiun Juanda. Kamu dapat berjalan kaki dari sana, atau naik Transjakarta koridor 6H (Senen-Lebak Bulus), 7F (Kampung Rambutan-Harmoni), maupun 2 (Pulo Gadung-Harmoni), lalu turun di Halte Gambir 1. 

Itu dia tujuh tempat rekomendasi untuk kamu ngabuburit seru di Jakarta. Ada hutan kota, tempat kuliner, wisata sejarah, hingga wisata religi. Namun, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 6M (Mencuci tangan, Menggunakan masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Menghindari makan bersama, dan Mengurangi mobilitas) selama ngabuburit ya, agar terhindar dari penularan Covid-19! 

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!