08 Jun 2024

Rangkaian Acara Ulang Tahun Jakarta ke-497

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara

08 Jun 2024

Ulang tahun Jakarta yang ke-497 pada 22 Juni 2024 nanti, kembali disambut dengan semarak dan penuh kegembiraan. Sejak awal bulan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghidupkan semangat kota dengan berbagai acara seru seperti parade budaya, pameran seni, dan konser musik. Yuk, kita lihat bagaimana Jakarta merayakan hari jadinya tahun ini dan apa saja perayaan spesial yang ada!

Ulang Tahun Jakarta ke-497: Jakarta Kota Global Berjuta Pesona 

Mengangkat tema "Jakarta Kota Global Berjuta Pesona," ulang tahun Jakarta ke-497 menandai fase baru dalam evolusi kota. Kini, Jakarta beralih dari statusnya sebagai ibu kota negara, dan mulai menapaki jalan baru sebagai kota global. Meskipun tidak lagi menjadi ibu kota, Jakarta akan tetap memesona sebagai pusat aktivitas yang beragam dan tempat bernaung bagi jutaan impian. Ragam aktivitas untuk warga jugalah yang tergambar dari rangkaian acara ulang tahun Jakarta tahun ini, sebagai berikut.

  • Semasa Piknik

Semasa Piknik kembali lagi! Semasa Piknik merupakan acara tahunan yang diadakan Semasa sebagai inisiator dan Citra sebagai kolaborator utama untuk mengajak warga Jakarta mendukung ekonomi kreatif dan UMKM lokal yang dikemas dengan konsep piknik di ruang terbuka. Tahun ini, Semasa Piknik berlangsung pada 31 Mei-3 Juni 2024 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, yang merangkul 140 UMKM dari berbagai bidang pada Semasa Creative Market, seperti fashion, kerajinan tangan, perhiasan, dan lainnya.

20 UMKM di antaranya adalah pemenang Piala Citrapreneur, kompetisi bisnis yang diselenggarakan oleh Citra. Terdapat pula Semasa Food Market yang menghadirkan UMKM bidang kuliner dengan lebih dari 60 brand makanan dan minuman. Selain piknik, menghirup udara segar, sambil jajan dan beli perintilan, pengunjung juga menikmati beragam pengalaman beraktivitas, seperti interactive photobooth, live painting, tunnel experience, serta kompetisi. 

  • Tiket Gratis ke Ancol

Pada 1-21 Juni 2024, warga Jakarta dapat masuk Ancol secara gratis. Ketentuan ini berlaku mulai pukul 17.00 WIB sampai berakhir operasional Ancol. Dengan memanfaatkan biaya masuk gratis ini, kamu bisa menikmati sunset di pantai dengan pemandangan laut, bersepeda, main layang-layang, hingga menikmati makan malam di tepi laut. 

  • Khitanan Massal

Ulang tahun Jakarta patut dirayakan oleh semua. Termasuk bagi warga Jakarta yang punya anak laki-laki yang belum dikhitan! Pada 1-30 Mei 2024 lalu, diadakan khitanan massal di tiga kelurahan Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan agar masyarakat tak hanya bisa bersenang-senang dalam euforia ulang tahun Jakarta, tapi juga bisa merasakan manfaatnya bagi putra mereka. 

  • Jakarta Great Sale

Agenda satu ini tepat untuk kamu yang hobi belanja! Hanya suka belanja kebutuhan sehari-hari saja? Tetap bisa, sebab ada banyak hal yang dapat potongan harga dari Jakarta Great Sale. Pada tahun ini, potongan harga dari Jakarta Great Sale berlaku di 80 mall lebih di Jakarta selama 5 Juni-10 Juli 2024. Potongan harga yang bisa kamu dapatkan pun besar, sampai dengan 70%, loh! Selain diskon besar-besaran, kamu yang memiliki eShopper Card pun berkesempatan menang undian berhadiah mobil.

  • Jakarta Kreatif Festival

Satu lagi acara yang merangkul UMKM! Jakarta Kreatif Festival merupakan program tahunan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, sebagai bentuk pengembangan ekonomi di Jakarta. Jakarta Kreatif Festival atau yang disingkat sebagai JaKreatiFest berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan sektor UMKM, stabilitas harga, serta digitalisasi sistem pembayaran. Acara ini diselenggarakan pada 6-9 Juni 2024 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Pembukaannya dilakukan bersamaan dengan pembukaan Jakarta Great Sale 2024. Pada acara ini, pengunjung dapat mengunjungi berbagai booth, seperti booth pendampingan proses sertifikasi halal, booth layanan dan informasi Identitas Kependudukan Digital, booth pariwisata dan transportasi DKI Jakarta, mengikuti talkshow edukatif seputar literasi keuangan, hingga menikmati penampilan live music

  • Jakarta Fair 

Setiap tahun, Jakarta Fair Kemayoran selalu dinanti. Telah diselenggarakan sejak 1968 dan sempat absen dua kali saat pandemi, tahun ini merupakan ke-55 kalinya Jakarta Fair diselenggarakan. Jakarta Fair 2024 akan berlangsung selama 30 hari, pada 12 Juni-14 Juli 2024 mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara. Tercatat akan ada 1.550 booth dari 2.550 perusahaan, baik multinasional, usaha besar, menengah dan kecil, BUMN, maupun Pemerintah Provinsi dan Kabupaten di Indonesia.

Beragam kegiatan telah dipersiapkan pula untukmu! Kamu bisa belanja kerajinan tangan, herbal, elektronik, dan lain-lain dari UMKM, menyicip kuliner khas Jakarta, menonton karnaval, menyaksikan ajang Miss Jakarta Fair, hingga menonton konser musik. Jakarta Fair akan buka Senin-Jumat pukul 15.30-20.00 WIB, sedangkan pada Sabtu-Minggu pukul 10.00-20.00 WIB. 

  • Lomba Menari Adat

Pada 13 Juni 2024 mendatang, akan diselenggarakan Lomba Menari Adat di Novotel Cikini, Jakarta Pusat. Selain dalam rangka menyambut ulang tahun Jakarta, acara ini diselenggarakan untuk mengekspresikan diri serta melestarikan budaya Indonesia lewat tarian. Kamu yang ingin melihat pagelaran tarian adat, jangan lupa catat waktunya agar tak ketinggalan, ya! 

  • Pameran Jakarta Tangguh 

Jakarta Tangguh merupakan pameran yang diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pameran ini akan menampilkan berbagai fasilitas penanggulangan bencana, seperti mobil rescue dan perahu, mobil Layanan Dukungan Psikososial (LDP), mobil pemadam kebakaran, dan sebagainya. Lebih dari sekadar hiburan, pameran ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kemampuan  masyarakat dalam menghadapi bencana. Pameran Jakarta Tangguh akan berlangsung pada 15 Juni 2024 di Mal Season City, Jakarta Barat.

  • Malam Jaya Raya 

Pada hari ulang tahun Jakarta, yakni 22 Juni 2024, akan diadakan malam resepsi atau jamuan duta besar negara sahabat di Monas. Pada kesempatan tersebut bakal ada panggung hiburan dan penampilan musisi, video mapping, pertunjukan drone, kembang api, fashion show, dan acara meriah lainnya.

  • Jakarta International Kite Festival 

Ingin menonton pertandingan yang unik? Kamu bisa datang ke Jakarta International Kite Festival. Di ajang ini, kamu dapat melihat berbagai bentuk dan ukuran layang-layang serta merasakan langsung ketegangan menonton kompetisinya. Tertarik berkunjung? Datang saja ke Plaza Lagoon Ancol, Jakarta Utara, pada 22 Juni-7 Juli 2024.

  • Konser Perayaan Ulang Tahun Jakarta ke-497

Pada hari ulang tahun Jakarta, yakni 22 Juni 2024, kamu bisa menikmati konser loh! Akan ada Konser Perayaan Ulang Tahun Jakarta ke-497 di Carnaval Ancol, Jakarta Utara. Buat kamu yang suka nonton konser dengan suasana pinggir pantai, tak boleh ketinggalan dan wajib ikutan! 

  • Jakarta Light Festival

Ingin menikmati Kota Tua dengan suasana berbeda? Coba datang ke Jakarta Light Festival di Taman Fatahillah, Kota Tua, pada 22-23 Juni 2024. Kamu dapat melihat instalasi lighting dan video mapping. Selain itu, ada pula penampilan Komunitas Kota Tua yang bisa kamu nikmati bersama teman dan keluarga. 

  • Festival Kesenian dan Budaya Betawi

Tertarik dengan budaya Betawi? Kamu wajib datang ke Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, pada 22-23 Juni 2024. Ada berbagai kegiatan seni dan budaya yang bisa kamu saksikan di sana. 

  • Jakarta International Marathon (Jakim) 

Buat kamu yang suka olahraga dan tantangan seru, Jakarta International Marathon adalah acara yang wajib kamu coba! Diadakan pada 23 Juni 2024, ajang ini bukan cuma soal lari, tapi juga tentang menikmati keindahan Jakarta dengan cara yang berbeda. Rutenya dimulai dari Silang Monas dan bakal membawa kamu berkeliling aneka landmark ikonik di Jakarta. Jadi siapkan sepatu lari kamu dan jangan sampai ketinggalan keseruan Jakarta International Marathon.

Rayakan Ulang Tahun Jakarta Bersama JAKI!


Dari pameran UMKM yang inspiratif hingga festival budaya nan memukau. Itu tadi rangkaian acara yang bakal menyatukan kita dalam kebanggaan terhadap kota Jakarta tercinta. Menjelang dan pada hari ulang tahun Jakarta, mari kita terus menikmati setiap rangkaian acaranya. Agar tak ketinggalan informasi mengenai rangkaian acara ulang tahun Jakarta, kamu bisa akses fitur Berita dan berita bernotifikasi di aplikasi JAKI. Beberapa fiturnya juga akan memudahkan kamu berkunjung ke acara ulang tahun Jakarta, seperti fitur Peta untuk jelajah wilayah serta Transportasi Publik untuk cek rute dan jadwal MRT, LRT, Transjakarta, maupun  Mikrotrans. Selamat menikmati acara-acara ulang tahun Jakarta! 

Artikel Smart People Lainnya

Tempat bermain apa aja ya, yang ramah anak di Jakarta? RPTRA dan perpustakaan adalah jawabannya! Baca di sini kalau mau berkunjung.

Pertolongan pertama pada kondisi darurat medis perlu dilakukan dengan tepat dan cepat. Begini caranya, salah satunya bisa lewat JAKI.

Ruangan di Future City Hub bisa disewa! Ada ruang event, rapat, serta studio podcast dengan fasilitas untuk kebutuhan kreatif dan profesionalmu.

Future City Hackathon sudah buka pendaftaran. Buat startup, simak syarat dan timeline penyelenggaraan hackathon di sini.

Ulang tahun Jakarta sebentar lagi! Berbagai rangkaian acara ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi kota tercinta.

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!