19 Mar 2024

Ramadan Tetap Produktif Bareng JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

19 Mar 2024

Bulan Ramadan biasanya menawarkan tantangan berbeda bagi Smartcitizen yang menjalaninya. Bukan hanya tantangan menahan lapar dan haus, tapi  juga dalam beraktivitas sehari-hari. Dari berbelanja untuk masak buka puasa dan sahur, hingga memotivasi diri mendalami agama. 

Aplikasi JAKI dapat membantu Smartcitizen tetap produktif dan semakin bersemangat dalam beraktivitas selama bulan Ramadan, dengan satu genggaman. Apa saja fitur beserta informasi yang bisa didapatkan darinya? Baca artikel ini sampai habis. 

Fitur Harga Pangan: Cek Harga Pangan di Pasar-pasar Terdekat

Kamu sering memasak pada bulan Ramadan? Kalau iya, kamu akan sangat terbantu dengan fitur Harga Pangan. Lewat fitur ini, kamu bisa mengecek harga komoditas pangan di pasar-pasar Jakarta. Teknologi geo-tagging dari fitur ini membuat kamu bisa mencari harga dari pasar-pasar di sekitarmu. Kamu bisa secara otomatis mendapatkan informasi harga bahan pangan di pasar-pasar terdekat lokasimu, atau dapat pula memilih pasar terdekat yang ingin kamu cek harga bahan pangannya. 

Ketika kamu membuka fitur Harga Pangan, akan muncul lokasi kamu yang terdeteksi. Di bawahnya, pada tab Komoditas, terdapat harga bahan-bahan pangan di beberapa pasar terdekat. 

Cek harga pangan selama bulan Ramadan di JAKI

 

Kemudian, jika kamu kliktab Pasar, muncul daftar pasar-pasar terdekat dari lokasimu. Jika kamu klik salah satu pasar, maka akan muncul harga komoditas yang terdapat di pasar tersebut. 

Cek harga pangan selama bulan Ramadan di JAKI

Dengan mengetahui harga bahan pangan di pasar-pasar Jakarta, kamu jadi bisa membandingkan dulu harganya sebelum berbelanja. Alhasil, masak pada bulan Ramadan jadi lebih hemat, deh! 

Fitur Transportasi Publik: Ngabuburit pada Bulan Ramadan Lebih Gampang

Ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa tiba adalah salah satu aktivitas yang umumnya hanya bisa dilakukan pada bulan Ramadan. Buat kamu yang suka ngabuburit dengan jalan-jalan ke taman kota atau ruang publik menggunakan transportasi umum, bisa pakai JAKI untuk memudahkan perjalananmu.

Fitur Transportasi Publik di JAKI memungkinkan kamu untuk mengecek jadwal, rute, lokasi halte, serta tarif maksimal dari empat moda transportasi umum yang bernaung di bawah PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Adapun moda transportasi umum itu adalah MRT  Jakarta, LRT Jakarta, Transjakarta, dan Mikrotrans. 

Di laman utama fitur Transportasi Publik, kamu akan disuguhkan empat pilihan moda transportasi umum. Jika memilih MRT, akan ada jam operasional, tarif maksimal, rute, dan jadwal keberangkatan yang bisa ditengok.

Cek informasi transportasi umum selama bulan Ramadan di JAKI


 

Jika memilih LRT Jakarta, juga akan muncul jam operasional tarif maksimal, rute, dan jadwal keberangkatan.
 

Cek informasi transportasi umum selama bulan Ramadan di JAKI

Kalau pilihanmu adalah Transjakarta, maka akan tampil informasi jam operasional, tarif minimal, jenis pembayaran, halte terdekat dari lokasimu, nomor Transjakarta yang melalui halte tersebut, serta waktu keberangkatan. 

Cek informasi transportasi umum selama bulan Ramadan di JAKI

Sementara, kalau kamu memilih Mikrotrans, informasi yang bakal muncul berupa jam operasional, tarif maksimal, halte terdekat dari lokasimu, nomor Transjakarta yang melalui halte tersebut beserta rutenya. 

Cek informasi transportasi umum selama bulan Ramadan di JAKI

Fitur Peta: KepoinTempat Berbuka Puasa dan Ibadah

Ingin cari restoran atau tempat makan untuk berbuka puasa? Atau masjid terdekat untuk menunaikan ibadah salat? Fitur Peta di JAKI menyediakan peta dan direktori untuk membantu kamu menjelajahi informasi fasilitas serta ruang publik di Jakarta, termasuk tempat makan maupun masjid.

Ketika membuka fitur Peta, kamu akan disajikan kategori-kategori dari fasilitas dan ruang publik di Jakarta. Untuk mencari tempat makan, klik kategori Kuliner. Peta Jakarta akan muncul disertai dengan titik-titik lokasi tempat kuliner beserta namanya. Kamu juga bisa ketik lokasi tertentu di bilah pencarian, lalu peta JAKI otomatis menunjukkan titik-titik tempat kuliner di lokasi tersebut. Jika salah satu tempat kuliner diklik, kamu bisa melihat alamat, titik kordinat, dan deskripsi tempat.

Cek lokasi tempat buka puasa dan ibadah selama bulan Ramadan di JAKI

Serupa dengan tempat ibadah. Jika kamu ingin mencari masjid untuk beribadah, klik kategori Religi. Peta Jakarta memunculkan titik-titik lokasi rumah ibadah beserta namanya. Kamu tinggal pilih masjid yang diinginkan secara manual ataupun berdasarkan lokasi. Informasi alamat, titik kordinat, dan deskripsi tempat pun segera muncul.

Cek lokasi tempat buka puasa dan ibadah selama bulan Ramadan di JAKI

Fitur WiFi Gratis: Cari Internet Gratis untuk Belajar Agama

Tak hanya untuk berpuasa, bulan Ramadan dapat pula dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendalami ilmu agama dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Salah satu alternatif pembelajaran agama pada era digital adalah melalui internet. Oleh karena itu, fitur WiFi Gratis di JAKI juga bisa membantu kamu mencapai tujuan spiritualmu pada bulan Ramadan ini.

Jaringan internet gratis melalui JAKI bisa kamu akses di 8.227 titik WiFi, meliputi perkampungan warga pra-sejahtera, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), serta taman dan hutan kota. 

Ketika membuka fitur, kamu akan menemukan peta Jakarta yang menampilkan titik-titik jaringan WiFi di seluruh wilayah Jakarta. Terdapat pula daftar titik lokasi, alamat, dan jaraknya dari tempatmu berada. Kamu juga bisa mencari titik lokasi WiFi di sekitarmu dengan klik Pindai Area Ini atau memasukkan nama wilayah di bilah pencarian. Setelah menemukan titik WiFi gratis yang diiinginkan, barulah kamu bisa melanjutkan proses penyambungan internet lewat pengaturan smartphone.

Cari titik lokasi internet gratis selama bulan Ramadan di JAKI

Itu tadi fitur-fitur JAKI yang bisa membantu kamu tetap produktif selama bulan Ramadan. Belum punya JAKI? Unduh melalui Google Play Storeataupun Apple App Store. Selamat mengulik JAKI dan semoga membantu aktivitas Ramadan kamu! 

Artikel Smart People Lainnya

Lebaran makin dekat! Enggak perlu panik, ini fitur-fitur JAKI yang bisa bikin persiapan dan perayaanmu makin gampang.

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Sering naik Transjakarta? Catat halte-halte Transjakarta yang dilengkapi musala ini untuk memenuhi kebutuhan ibadahmu.

Bosan beli takjil di situ-situ saja? Coba deh, berburu takjil di pasar, masjid, hingga sekitar stasiun ini.

Kamu naik transportasi publik setiap hari? Mau berbuka puasa di Transjakarta atau MRT Jakarta? Boleh! Ikuti aturannya, ya.

Mau tetap produktif selama bulan Ramadan? Aplikasi JAKI punya fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, cek di sini.