01 Agt 2022

Ragam Prestasi JSC Selama Pandemi COVID-19

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

01 Agt 2022

Pandemi Covid-19 mulai melanda Jakarta pada awal Maret 2020. Bahkan, hingga saat ini status pandemi Covid-19 masih belum dicabut, meski kehidupan normal yang baru sudah berangsur diterapkan. Dalam kondisi yang serba darurat tersebut, Jakarta Smart City, yang menjadi laboratoriumnya inovasi digital di Jakarta, tidak gentar dan berusaha untuk mengembangkan inovasi baru yang dapat membantu menangani pandemi dengan lebih baik. 

Ketika pandemi menyapa, JSC dengan sigap membuat situs informasi Covid-19, yaitu corona.jakarta.go.id. Website tersebut mendapat sambutan luar biasa dari jutaan warga yang merasa terbantu dengan informasi yang diberikan. Seiring waktu berjalan, website tersebut pun diintegrasikan dengan JAKI sebagai aplikasi super milik Jakarta. Berbagai fitur JAKI pun terus dikembangkan untuk mendukung penanganan pandemi yang lebih baik. Sebut saja JakLapor yang bisa jadi fitur laporan warga yang ingin mengadukan pelanggaran PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Berkat berbagai inovasi tersebut, baik yang berkaitan dengan Covid-19 atau tidak, Jakarta Smart City meraih banyak penghargaan di tingkat nasional maupun internasional selama rentang waktu 2020-2022. Apa saja penghargaanya? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Penghargaan 2020: dari IdenTIK hingga IGA

Pada 2020, JAKI, sang super-app Jakarta, terpilih sebagai juara pertama dalam kategori Public Sector di ajang Indonesia Entrepreneur Teknologi Informasi Komunikasi (IdenTIK) yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tidak hanya itu. Berkat berbagai transformasi digital yang dilakukannya, Jakarta juga menyabet tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Top Digital Awards 2020, yaitu Top Digital Implementation 2020 on Province Government Level Stars 5, Top Digital Transformation Readiness 2020, serta Top Leader on Digital Implementation 2020.

Penghargaan pada 2020 ditutup dengan Innovative Government Awards 2020 dari Kementerian Dalam Negeri kepada Pemprov DKI, karena Jakarta dinilai mampu menciptakan inovasi-inovasi terbaru, khususnya dalam bidang pelayanan publik. 

Penghargaan 2021: Awards Meningkat

Ternyata 2020 belumlah menjadi puncak tahun penghargaan yang diterima JSC. Pada 2021, berbagai inovasi digital yang dikembangkan JSC mendapatkan pengakuan dan penghargaan lebih banyak lagi. 

Sebagai produk kebanggaan JSC, JAKI meraih penghargaan internasional dalam ajang bergengsi WSIS Prizes 2021 sebagai Runner Up bidang E-Government. Penghargaan Internasional lainnya juga diterima oleh JSC dari IDC Awards 2021 sebagai Best Future of Digital Innovation. ASEAN ICT Forum pun menganugerahkan JAKI medali emas dalam kategori Public Sector AICTA 2021. AICTA juga memberikan penghargaan kepada Gubernur DKI Jakarta untuk kategori Top Digital Implementation 2021. 

Kemudian, Human Entrepreneur Awards 2021 yang diadakan oleh Markplus Institute memberikan dua medali emas untuk Kampanye Penanganan Covid-19 dan JAKI milik Jakarta. Selain itu, dalam Indonesia Entrepreneur TIK 2021, JSC menempati posisi Runner Up untuk JakLapor–privacy by default dan lima besar karya terpilih untuk paspor vaksinasi digital. 

Yudhistira Nugraha, Kepala BLUD Jakarta Smart City dan Atika Nur Rahmania, Kepala Dinas Kominfotik Jakarta menerima penghargaan Top Digital Awards 2021

Berbeda dengan tahun 2020 ketika Jakarta mendapatkan tiga penghargaan dari Top Digital Awards, pada 2021 Jakarta meraih empat awards sekaligus dalam ajang penghargaan tersebut untuk Top Leader on Digital Implementation 2021, Top CIO, Top Digital in Public Service & Smartcity, dan Top IT Manager. 

Penghargaan 2022: Flood Control System Jadi Primadona

 

Tahun 2022 memang baru separuh jalan, namun rentetan penghargaan sudah didapatkan oleh Jakarta Smart City, loh. Jika pada 2021 JSC baru menempati posisi Runner Up WSIS Prizes, pada 2022 JSC berhasil meraih gelar Champion dalam kategori E-Science berkat kehadiran Flood Control System yang baru dikembangkan. 

Flood Control System juga memperoleh gelar Winner atau pemenang dalam kategori Public Safety–Next Generation Emergency Services di ajang IDC Scapa. Dalam ajang tersebut, JAKI masuk lma terbaik dalam kategori Pandemic Management. 

 

Penghargaan nasional yang diraih JSC tahun ini adalah Top 51 Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) keempat tahun 2022 dan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB.

Terakhir, JAKI juga mendapatkan Digital Innovation Awards 2022 kategori Digital Innovation for Disaster Risk Reduction dari MNC Portal Indonesia. Setengah tahun masih tersisa dari 2022, semoga JSC bisa terus menuai prestasi ya pada tahun ini.

Menunggu Inovasi Digital Selanjutnya

Tentunya penghargaan-penghargaan tersebut bukanlah titik akhir untuk berpuas diri. Adanya penghargaan-penghargaan itu merupakan bahan bakar penyala semangat bagi Jakarta Smart City untuk menciptakan inovasi-inovasi digital selanjutnya. Untuk kemajuan Jakarta yang lebih baik dan warga yang lebih bahagia, Yuk, kita tunggu inovasi terbaru dari JSC.

Artikel Smart Governance Lainnya

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.

Apa itu kota global? Apakah Jakarta salah satu contohnya? Yuk, cari tahu di sini!

Setelah melepas status ibu kota, Jakarta menjadi kota global. Begini alasan di balik transformasinya hingga upaya yang telah dilakukan Jakarta.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!