27 Jun 2024

Pendaftaran Future City Hackathon Dibuka!

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

27 Jun 2024

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City menggelar Future City Hackathon, kompetisi inovasi digital yang ditujukan bagi startup di Jakarta maupun luar Jakarta. Yuk, simak penjelasan mengenai Future City Hackathon, termasuk syarat, ketentuan, hingga cara pendaftarannya.

Future City Hackathon 2024

Future City Hackathon: Transformasi Menuju Kota Global Jakarta

Mengusung tema "Transformasi Menuju Kota Global Jakarta," ajang ini diharapkan dapat melahirkan produk, fitur, atau sistem informasi yang mendukung peningkatan indikator Jakarta sebagai kota global serta membuka peluang sinergi dengan startup terpilih. Adapun pengembangan kota global yang ingin dicapai berdasarkan beberapa indeks Kota Global, yakni: 

  • Ekonomi mapan dan berdaya saing;
  • Kapasitas inovasi, termasuk performa akademik, ekosistem startup, dan iklim riset kompetitif;
  • Daya tarik wisata dan interaksi budaya; 
  • Kualitas hunian, lingkungan yang lestari, dan aksesibilitas inter dan intrakota. 

Syarat Pendaftaran

Ingin ikut Future City Hackathon? Pastikanstartup kamu memenuhi syarat di bawah ini, ya:

  • Startup berdomisili di Jakarta atau luar Jakarta dari seluruh wilayah Indonesia;
  • Startup sudah memiliki product traction;
  • Startup sudah ataupun belum pernah mendapat pendanaan dari angel investor atau venture capital;
  • Startup memiliki daya tarik atau bergerak di sektor pengembangan business cityhuman capital, information exchangecultural experience, dan political engagement

Timeline Kegiatan Future City Hackathon

Future City Hackathon terdiri dari beberapa tahapan penting. Catat tanggalnya agar kamu tak terlewat. 

  1. Pendaftaran: Dibuka mulai 24 Juni sampai 13 Juli 2024. 
  2. Pengumuman Finalis Terpilih: Peserta yang lolos seleksi awal akan diumumkan pada 17 sampai 19 Juli 2024. 
  3. Mentorship Session: Peserta terpilih akan mengikuti sesi mentorship mulai 22 sampai 24 Juli 2024 dengan bimbingan dan pelatihan dari para ahli.
  4. Demo dan Pengumuman Pemenang: Sesi demo akan berlangsung pada 26 Juli 2024, di mana peserta mengembangkan prototipe dan mempresentasikan hasilnya di hadapan dewan juri. Pemenang hackathon juga akan diumumkan pada tahap ini.

Pemenang Future City Hackathon akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan berbagai keuntungan. Seperti pemaparan ide ke tim investasi Jakarta Smart City dan mitra venture capital, akses cepat untuk bekerja sama dengan Jakarta Smart City, mentorship eksklusifone-on-one dengan pakar industri, akses ke jaringan Jakarta Smart City, dan partisipasi di acara-acara Jakarta Smart City. Bagi pemenang yang merupakan pelajar, berkesempatan magang di Jakarta Smart City juga, loh. 

Dengan semangat inovasi dan sinergi, Future City Hackathon diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan solusi kreatif yang berdampak nyata bagi kemajuan Jakarta serta menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia. Ayo, bergabung dalam Future City Hackathon dan bersama kita tingkatkan performa Jakarta sebagai kota global. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Future City Hackathon, kamu bisa kunjungi Instagram @jsclab, ya.

Artikel Smart People Lainnya

Tempat bermain apa aja ya, yang ramah anak di Jakarta? RPTRA dan perpustakaan adalah jawabannya! Baca di sini kalau mau berkunjung.

Pertolongan pertama pada kondisi darurat medis perlu dilakukan dengan tepat dan cepat. Begini caranya, salah satunya bisa lewat JAKI.

Ruangan di Future City Hub bisa disewa! Ada ruang event, rapat, serta studio podcast dengan fasilitas untuk kebutuhan kreatif dan profesionalmu.

Future City Hackathon sudah buka pendaftaran. Buat startup, simak syarat dan timeline penyelenggaraan hackathon di sini.

Ulang tahun Jakarta sebentar lagi! Berbagai rangkaian acara ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi kota tercinta.

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!