Pemprov DKI dan JAKI Raih Penghargaan KemenPAN-RB
Kabar baik buat warga Jakarta! Pemprov DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan Top 45 (Terpuji) Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Penghargaan ini diterima berkat Inovasi JAKI dalam Integrasi Transformasi Digital Pelayanan Publik menuju Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di DKI Jakarta. Kepala Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha, menghadiri Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Inovasi Birokrasi 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) pada Selasa, 6 Desember 2022, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.
“Penghargaan ini menjadi bukti transformasi digital dapat membangun ekosistem yang berkelanjutan dalam menciptakan efisiensi dan efektivitas pada pelayanan publik. Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk mengoptimalisasi lagi transformasi digital, baik di Jakarta maupun daerah lainnya.” ujar Yudhistira.
Apa Itu Anugerah Pelayanan Publik?
Dalam mendorong reformasi birokrasi yang lebih berdampak, Kementerian PANRB membuat sejumlah terobosan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Upaya inovatif pelayanan publik dikompetisikan untuk melahirkan budaya inovasi di semua kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.
Pada tahun ini, Kementerian PANRB menyelenggarakan beberapa rangkaian acara, berupa Anugrah Pelayanan Publik, Penyerahan Simbolis Hasil Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah, Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah, serta Penganugerahan Zona Integritas 2022, dengan tema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi Menuju Birokrasi Berkelas Dunia”.
Inovasi JAKI Raih Top Terpuji
Lewat ajang KIPP dari Kementerian PANRB, perjalanan Inovasi JAKI tentang Integrasi Transformasi Digital Pelayanan Publik awalnya berhasil masuk ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2022 dan menjadi satu-satunya yang mewakili Provinsi DKI Jakarta.
Setelah diseleksi, JAKI akhirnya menjadi bagian dari Top 45 (Terpuji) Inovasi Pelayanan Publikdalam Anugerah Inovasi Pelayanan Publik. Berbagai inovasi yang melahirkan efisiensi telah ditorehkan oleh JAKI, seperti 179.123 laporan permasalahan per 6 Desember pukul 12.30 WIB masuk melalui JakLapor dan 31 fitur baru telah terintegrasi pada 2022.
Lebih dari 800 ribu orang yang telah men-download JAKI pada 2022. Sedangkan jumlah yang mendaftar vaksinasi Covid-19 melalui JAKI mencapai 800 ribu lebih pendaftar. Ini membuktikan JAKI mampu memberikan inovasi yang membantu masyarakat. Pada masa depan, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk terus mengembangkan aplikasi JAKI, agar dapat menunjang kebutuhan masyarakat secara digital.
Jakarta Sabet Dua Penghargaan dalam Sepekan Terakhir
Raihan JAKI kali ini merupakan penghargaan kedua yang diraih Pemprov DKI Jakarta dalam kategori transformasi digital pelayanan publik dalam sepekan terakhir. Pada 1 Desember 2022, Pemprov DKI Jakarta juga berhasil meraih Apresiasi Daya Saing Digital Indonesia kategori Best Practices East Venture-Digital Competitiveness Index (EV-DCI) dalam ajang Regional Summit 2022. Kategori ini spesial, karena diberikan kepada wilayah yang secara konsisten selalu menjadi peringkat pertama pada EV-DCI. Ajang ini merupakan agenda tahunan Katadata Insight Center (KIC) East Ventures yang telah berjalan sejak 2020.
Penghargaan-penghargaan ini tentunya enggak lepas dari kontribusi kamu yang setia memakai JAKI untuk kebutuhan sehari-hari. Nah, supaya JAKI bisa terus berkembang, yuk selalu manfaatkan fitur-fitur di dalamnya dan bantu Jakarta untuk bisa menjadi lebih baik lagi.