18 Agt 2021

Panggil Ambulans dengan Sekali Sentuhan Lewat JakAmbulans

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

18 Agt 2021

Kabar baik untuk Smarticitizen! Jakarta Smart City berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, menghadirkan fitur JakAmbulans di aplikasi JAKI. Fitur ini berfungsi untuk membantu kamu menghubungi tim Ambulans Gawat Darurat (AGD) dengan lebih cepat, hanya dengan sekali sentuhan tombol darurat (panic button). Bagaimana cara kerja dan alur pemanggilan ambulans lewat JakAmbulans? Cari tahu selengkapnya di artikel berikut.

Cara Kerja dan Alur Pemanggilan Ambulans

Fitur JakAmbulans dapat digunakan saat ingin meminta bantuan untuk pasien yang membutuhkan pertolongan darurat. Berikut cara pemanggilan AGD melalui JakAmbulans:

  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Klik menu "JakAmbulans";

  1. Izinkan JAKI untuk mengakses lokasimu;

  1. Masukkan nomor handphone kamu lalu tekan  "Tetapkan Nomor Handphone";

  1. Periksa nomor handphone yang sudah dimasukkan;

  1. Tekan tombol "Darurat" selama tiga detik; 

  1. Permohonan layanan Ambulan Gawat Darurat terkirim.

Setelah permohonan terkirim, Tim AGD Dinkes akan menghubungi dan mengonfirmasi kembali laporan kamu. Jika laporan sudah dikonfirmasi, AGD akan langsung dikerahkan ke lokasi yang diinfokan. Tim AGD pun akan mengirim bukti ambulans segera sampai melalui aplikasi JAKI. 

Kriteria Pasien yang Dilayani

Perlu diperhatikan, layanan JakAmbulans hanya boleh digunakan untuk meminta bantuan AGD bagi pasien gawat darurat pra-rumah sakit dengan kriteria tertentu. Adapun kriteria tersebut sebagai berikut:

  1. Korban kecelakaan lalu lintas;
  2. Korban bencana alam;
  3. Korban kriminal;
  4. Korban kebakaran atau kejadian luar biasa lainnya.

Jenis Pelayanan

Terlepas dari pemanggilan AGD lewat JakAmbulans atau tidak, pelayanan AGDyang disediakan Dinas Kesehatan DKI Jakarta meliputi hal-hal seperti:

  1. Evakuasi Medis Gawat Darurat: Pelayanan 24 Jam ke dalam dan luar kota;
  2. Panggilan dari rumah/lokasi kecelakaan ke rumah sakit;
  3. Evakuasi dari rumah ke rumah sakit atau antar rumah sakit;
  4. Rujukan antar rumah sakit;
  5. Layanan gratis untuk pemegang KTP dan KK DKI Jakarta, korban kecelakaan, demonstrasi, kebakaran, huru-hara, dan kejadian luar biasa (KLB). 

Pada masa pandemi seperti sekarang, layanan ambulans sangat dibutuhkan jika sewaktu-waktu orang terdekat mengalami kondisi gawat darurat. Semoga JakAmbulans dapat mempermudah kamu untuk mengajukan permohonan ambulans. Ingat, jangan menyalahgunakan fitur JakAmbulans dan gunakanlah layanan ini hanya untuk meminta pertolongan khusus kondisi darurat. Fitur JakAmbulans bisa kamu gunakan dengan mengunduh aplikasi JAKI di Google Play Storedan Apple App Store. 

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!