25 Okt 2022

Nikmati Tarif Integrasi JakLingko di Jakarta

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

25 Okt 2022

Pengguna transportasi umum, sudah cobain tarif integrasi JakLingko, belum? Sekarang, kamu bisa naik beberapa moda transportasi umum di Jakarta dalam satu perjalanan dengan ongkos lebih murah, loh! Layanan tarif integrasi ini berlaku untuk moda transportasi dalam naungan JakLingko, yakni Moda Raya Terpadu Jakarta (MRTJ), Lintas Raya Terpadu Jakarta (LRTJ), Transjakarta (BRT dan Non-BRT), serta Mikrotrans. Dengan tarif integrasi, kamu hanya akan dikenai biaya paling besar Rp10.000 ketika menggunakan dua atau lebih moda transportasi JakLingko selama tiga jam. 

Satu Pelanggan Satu Kartu

Tarif integrasi hanya berlaku kalau kamu menggunakan kartu transportasi JakLingko dan kartu elektronik Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, Bank DKI, maupun Bank Mandiri. Dengan catatan, satu kartu dipakai untuk satu pelanggan, ya.
 

Supaya kartu elektronik tadi dapat menjadi kartu transportasi dan kamu bisa mendapat tarif integrasi, kartu perlu diaktivasi terlebih dahulu. Aktivasi bisa dilakukan dengan tap kartu pada alat Balance Check Terminal (BCT). Alat ini dapat kamu temukan di stasiun dan halte terdekat. Berikut tata cara aktivasi kartu elektronik:

  1. Temukan alat BCT di halte atau stasiun terdekat;
  2. Tempelkan kartu pada alat BCT. Tunggu ketika alat sedang memproses kartumu;
  3. Status kartu Belum Aktif akan muncul pada alat BCT;
  4. Tap kembali dan tunggu alat BCT memproses kartumu;
  5. Kartu transportasi sudah aktif!

Harus Tap-In dan Tap-OutKartu 

Selama pengenalan sistem tarif integrasi, beberapa pelanggan sempat mendapati kartu terblokir. Jangan khawatir kalau ini terjadi padamu! Kartu bisa terblokir jika saldo tidak mencukupi atau kamu lupa melakukan dua kali tap (tap in dan tap out). Karena itu, kamu harus selalu ingat untuk melakukan tap in dan tap out di halte, stasiun, atau bus (untuk Transjakarta non-BRT), setiap melakukan perjalanan dengan moda transportasi JakLingko. Pastikan juga saldo berada di atas Rp5.000 setiap akan memulai perjalanan. Kamu bisa cek saldo menggunakan alat BCT, meminta tolong petugas lapangan membantu cek sisa saldo pada kartu elektronik, atau cek sendiri melalui fitur Near Field Communication (NFC) yang terpasang di smartphone

Gimana Kalau Saldo Terpotong Dua Kali? 

Kalau kamu mengalami kondisi saldo terpotong dua kali saat tap in dan tap out kartu, ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Kirim dan infokan nomor kartu/PAN yang mengalami kendala. Nomor kartu/PAN dikirim ke JakLingko Customer Care melalui WhatsApp 081260001440, nomor telepon 02129223034, atau e-mail customercare@jaklingkoindonesia.co.id;
  2. Unduh aplikasi JakLingko;
  3. Hubungkan ke dompet digital Fello pada metode pembayaran di menu profil;
  4. Saldo akan dikembalikan melalui dompet digital Fello di aplikasi maksimal H+7 (hari kerja) setelah data diterima lengkap. 

JakLingko: Wujudkan Mobilisasi Mudah dan Terjangkau 

Program tarif integrasi merupakan wujud upaya Pemprov DKI Jakarta dalam kolaborasi dengan PT JakLingko Indonesia, untuk memberikan akses transportasi umum yang mudah dan terjangkau bagi warga. Selain inovasi Tarif Integrasi, melalui Aplikasi JakLingko kamu juga sudah dapat terhubung dan menggunakan KRL Commuter. Berkolaborasi dengan Grab Indonesia, aplikasi JakLingko juga memungkinkan kamu untuk melakukan perjalanan dari maupun ke halte atau stasiun terdekat dengan menggunakan jasa ojek online.

Itu tadi seluk-beluk layanan tarif integrasi JakLingko. Gimana, tertarik untuk mencoba? Yuk, segera aktivasi kartu elektronikmu! Kalau kamu mau tahu update terkini program Tarif Integrasi maupun informasi JakLingko lainnya, kunjungi situsresmi JakLingko atau @jaklingkoindonesiadi Instagram.

Artikel Smart Mobility Lainnya

Transjakarta sekarang bisa dilacak secara live di Google Maps! Yuk, ketahui cara live tracking, supaya perjalananmu lebih menyenangkan.

Walaupun berhubungan, JakLingko dan Mikrotrans adalah dua hal yang berbeda. Jangan sampai keliru, ya!

Rute Transjakarta dan JakLingko mengalami penyesuaian. Buat kamu pengguna setia moda transportasi publik ini, yuk cek rute terkininya!

MRT Jakarta sudah lima tahun beroperasi. Baru mau mencoba? Ini cara beli tiket dan tarifnya.

Selamat Hari MRT! Diperingati setiap 24 Maret, ternyata ada kisah perjalanan yang panjang, lo. Cek di sini!

Kamu pengguna setia Transjakarta? Ini rute Transjakarta 2024 untuk bus listrik yang perlu kamu catat.