14 Apr 2022

Mobilitas Bebas Emisi, Ini Rute Bus Listrik Transjakarta

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

14 Apr 2022

Hore! Jakarta sudah resmi punya bus listrik nih, Smartcitizen! Pemprov DKI Jakarta bersama PT Transjakarta baru saja meluncurkan 30 bus listrik bebas emisi. Sementara ini, ada empat rute perjalanan bus listrik Transjakarta dengan jam operasional pukul 05.00–21.00 WIB. Tarif yang dikenakan Rp3.500 sekali jalan. Lalu, ke mana saja bus-bus listrik Transjakarta ini melaju? Simak uraiannya di bawah, ya!

Bus listrik Metrotrans yang dioperasikan Transjakarta

Rute Bus Listrik Transjakarta

Untuk sekarang, bus listrik yang sudah aktif beroperasi adalah rute non-BRT 1P Terminal Senen-Blok M. Dalam waktu dekat, bus listrik juga akan melayani tiga rute lain, yaitu 1R Tanah Abang-Terminal Senen, 1N Blok M-Tanah Abang, dan 6N Ragunan-Blok M. Sebelum melaju di Jakarta, bus listrik sudah terlebih dahulu diuji coba dengan rute EV1 Blok M-Balai Kota. Kamu sempat cobain, enggak, Smartcitizen?

Baca juga: Sensasi Nyobain Bus Listrik Jakarta

Rute bus listrik 1P beroperasi setiap hari. Nah, kalau Smartcitizen ingin menjajal bus ini, kamu bisa sekalian jalan-jalan, karena ada beberapa tempat asyik yang dilewati rute bus listrik 1P. Smartcitizen bisa mampir ke Monas, Museum Nasional, Perpustakaan Nasional, Gelora Bung Karno dan Hutan Kota GBK. Perlu diketahui, rute 1P dilalui oleh bus reguler dan bus listrik. Jadi, kalau kamu memang berniat mencoba bus listrik, pastikan kamu menaiki bus yang memiliki tulisan Bus Listrik Transjakarta atau Electric Bus dengan ikon baterai.

Rute Bus Lisrik Transjakarta 1P Terminal Senen-Blok M

Rute 1P melayani Terminal Senen-Blok M

Bus listrik Metrotrans yang dioperasikan Transjakarta
Bus listrik Metrotrans yang dioperasikan Transjakarta

Tampilan depan dan samping bus listrik

Interior/bagian dalam bus listrik Metrotrans yang dioperasikan Transjakarta
Interior/bagian dalam bus listrik Metrotrans yang dioperasikan Transjakarta

Bagian dalam bus listrik

Interior/bagian dalam bus listrik Metrotrans yang dioperasikan Transjakarta
Interior/bagian dalam bus listrik Metrotrans yang dioperasikan Transjakarta

Kursi penumpang, lengkap dengan sabuk pengaman

Apa Keistimewaan Bus Listrik Dibanding Bus Biasa?

Fakta bus listrik Transjakarta

Sebagai kota cerdas, Jakarta memiliki beberapa indikator untuk menerapkan tata kotanya, salah satunya smart environment. Dalam pelaksanaannya, smart environment mengutamakan tata kota yang ramah lingkungan. Penggunaan bus listrik adalah wujud implementasi indikator ini. Bus listrik lebih ramah lingkungan karena digerakkan baterai, bukan bahan bakar diesel, sehingga gas emisi yang dihasilkan jauh lebih rendah hingga 50,3%. Dengan menggunakan kendaraan umum yang ramah lingkungan, diharapkan langkah ini mampu mengurangi 59% emisi gas rumah kaca pada 2030. Kemudian, bus listrik mempunyai suara mesin yang lebih halus dibandingkan suara bus biasa. Polusi suara pada bus listrik bisa berkurang hingga 28% dibandingkan dengan bus diesel. Ini tentunya jadi poin plus, baik untuk penumpang maupun orang-orang di jalan.

Baca juga: Mengenal Bus Listrik yang Akan Melaju di Jakarta

Bus Listrik di Jakarta Hasil Kerja Sama Banyak Pihak

Kehadiran bus listrik adalah hasil kerja sama Jakarta dengan berbagai pihak yang telah dilakukan sejak 2018. Ada empat institusi internasional yang terlibat dalam proyek bus listrik yaitu United Nations Environment Programme (UNEP), Climate Technology Centre and Network, C40 Network, dan Kedubes Kerajaan Inggris. Selain institusi internasional, Jakarta juga bekerja sama dengan sektor swasta.

Peluncuran bus listrik merupakan bagian dari misi Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan kualitas udara Jakarta. Pada akhir tahun ini, rencananya akan ada 100 bus listrik yang akan beroperasi. Pada 2030, diharapkan semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa beroperasi dengan tenaga listrik. Yuk, sama-sama kita ciptakan Jakarta yang lebih sehat dengan naik bus listrik!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Mobility Lainnya

Selamat Hari MRT! Diperingati setiap 24 Maret, ternyata ada kisah perjalanan yang panjang, lo. Cek di sini!

Kamu pengguna setia Transjakarta? Ini rute Transjakarta 2024 untuk bus listrik yang perlu kamu catat.

Jangan kesasar, inilah 14 koridor Transjakarta dan nama-nama halte terbarunya, per 2024.

Jakarta makin ramah disabilitas! Ada lima unit bus sekolah khusus penyandang disabilitas yang baru diluncurkan. Baca informasinya di sini.

Beberapa halte Transjakarta punya nama baru, lho! Apakah halte langgananmu salah satunya? Cek di sini.

PT Transjakarta menyesuaikan beberapa rute untuk optimalisasi pelayanan. Inilah rincian rute Transjakarta terbaru sejak Desember 2023.