21 Sep 2022

Menikmati Keindahan Jakarta Lewat Tur Virtual

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

21 Sep 2022

Sudah beberapa bulan berjalan sejak Pemprov DKI Jakarta menggencarkan program Digital Nomad Jakarta. Program ini memfasilitasi warga Jakarta yang ingin WFA (work from anywhere) untuk bekerja dari ruang publik maupun pulau yang ada di wilayah Jakarta. Tebet Eco Park dan Kepulauan Seribu termasuk dalam destinasi yang bisa dikunjungi warga lewat program ini. Gimana, sudah ada Smartcitizen yang mencoba? 

Kalau belum, enggak masalah! Jakarta Smart City bisa ajak kamu berjalan-jalan ke tempat-tempat tersebut secara virtual lewat Digital Xperience lebih dulu. Jalan-jalan virtual ini bisa kamu akses melalui situsJakarta Smart City. Mau tahu info selengkapnya? Baca sampai habis artikel ini, ya. 

Jelajahi Destinasi di Pusat Kota hingga Kepulauan Seribu

Ketika pertama membuka menuDigital Xperience, kamu akandisambut untuk melakukan tur virtual 360 derajat. Tur ini memungkinkan kamu untuk melihat dan menyusuri lokasi seakan kamu benar-benar berada di tempat tersebut. Ada tiga lokasi yang bisa kamu pilih: Pulau Tidung Kecil, Pulau Bidadari, serta Tebet Eco Park. Ke depannya juga akan ada Pulau Tidung Besar yang dapat diakses tur virtualnya. 

Pulau Tidung Kecil

Sebagai contoh, kalau memilih Pulau Tidung Kecil, kamu akan memulai tur dari dermaga pulau. Mau lihat apa saja yang ada di sekitar dermaga? Geser kursor ke arah yang diinginkan. Kamu juga bisa bergerak dari lokasi saat ini, loh. Misalnya, dari posisi awal di dermaga, untuk mencapai Lapangan Voli, kamu bisa ikuti klik garis panah yang mengarah ke Mini Edu Park, klik lagi panah ke arah gapura, lalu klik panah sekali lagi. Cara lainnya, kamu bisa pilih area lapangan voli yang tertera di bagian bawah virtual tur dan kamu akan langsung sampai di lokasi lapangan voli.


 

Sampai akhir tur ini, kamu dapat melihat banyak spot menarik di Pulau Tidung Kecil, seperti pinggir pantai, museum kerangka paus, dan tempat rehabilitasi penyu. Gimana, sudah cukup bikin penasaran berkunjung? 

Pulau Bidadari

Kalau memilih untuk tur virtual di Pulau Bidadari, kamu akan memulai perjalanan dari pintu masuk pulau. Selain menggerakkan kursor, sistem tur virtual juga secara otomatis menggerakkan kamera 360 derajat, sehingga kamu bisa melihat pemandangan sekeliling tempatmu berada. Setelah klik panah, kamu akan memasuki area loket. Maju ke depan, sampailah kamu pada downtown Pulau Bidadari. Dari situ, ada beberapa panah yang dapat menuntun kamu ke lokasi yang berbeda-beda. Kamu dapat melanjutkan perjalanan sesuai dengan arah yang ingin dituju, seperti gedung entertainment atau area penginapan. Jika ada ikon pintu di layar, artinya kamu bisa melihat lebih dekat area tersebut dengan mengklik ikon, contohnya di area penginapan. 

Nah, selama tur virtual, ada beberapa spot yang akan kamu temukan, seperti area benteng, area pohon bakau, dan landmark pantai kiri. Beberapa fasilitas tersedia pula untuk pengunjung Pulau Bidadari, misalnya homestay, kolam renang, kafe, dan gedung entertainment. Jadi, jangan khawatir saat nanti kamu benar-benar berkunjung ke Pulau Bidadari, baik untuk liburan atau WFA dari pulau. Karena, sudah ada fasilitas yang memadai dan bikin kamu nyaman selama berkunjung.

Tebet Eco Park

Kalau tadi sudah mengunjungi pulau-pulau di Jakarta secara virtual, sekarang saatnya kembali ke pusat kota, lebih tepatnya di Tebet Eco Park. Perjalanan virtual di Tebet Eco Park diawali dari spot dekat marka penunjuk arah. Dari tempat tersebut, ada tiga opsi jalan yang bisa kamu tempuh. Ketiganya akan membawa kamu ke area yang berbeda-beda. Kamu tinggal memilih jalan mana yang ingin kamu tempuh. Selama perjalanan, matamu akan disejukkan dengan pemandangan nan hijau di kanan dan kiri. Tebet Eco Park tampak bersih dan tertata. Tempat sampah pun tersedia di beberapa spot, memudahkan pengunjung untuk buang sampah pada tempatnya.

Terlepas dari jalan manapun yang dituju, kamu akan melihat bangku di beberapa area taman. Bangku-bangku inilah yang biasanya dipakai pengunjung Tebet Eco Park untuk duduk-duduk maupun bersantai sembari baca buku.

Tebet Eco Park juga ramah anak, loh! Selama tur, kamu mungkin akan mendapati ayunan dan area bermain anak-anak di taman ini. Pengunjung yang datang bersama anaknya dapat bermain-main di sana. Selain itu, ada hal menarik lainnya nih di taman ini yang gak dapat kamu temui di taman-taman lain. Di Tebet Eco Park, kamu bisa membaca buku yang disediakan oleh Bookhive. Kamu bisa mengambil bukunya dalam kotak-kotak penyimpanan mini di salah satu sudut taman. Agar lebih santai, coba deh baca buku sambil duduk di bangku di bawah pepohonan rindang.


 

Sebagai informasi buatmu, Tebet Eco Park adalah gabungan dari Taman Honda dan Taman Bibit yang letaknya berseberangan satu sama lain. Untuk itu, ada jembatan yakni Infinity Bridge yang menggabungkan kedua area Tebet Eco Park. Pengalaman menyusuri jembatan ini juga dapat kamu rasakan ketika mengikuti tur virtual. 

Dengan lahan tujuh hektare, Tebet Eco Park termasuk luas. Ada banyak spot pula yang tersedia selain yang telah kita susuri tadi, seperti thematic garden, community lawn, dan event lawn. Meskipun luas, kamu engak perlu khawatir tersasar ketika berkunjung. Tebet Eco Park punya peta yang siap menuntun kamu selama mengelilingi taman.

Berakhir sudah tur virtual ke ruang publik Jakarta lewat Digital Xperience. Dengan teknologi ini, semoga kamu dapat lebih terbantu untuk melihat hal-hal yang dapat ditemukan di ruang publik lewat gawai sebelum benar-benar berkunjung. Namun, tetap saja ada beberapa pengalaman yang hanya bisa kamu dapati jika datang langsung ke lokasi. Untuk itu, yuk main-main ke ruang publik Jakarta! Siapkan juga aplikasi JAKIuntuk daftar kunjungan ke Tebet Eco Park melalui fitur Ruang Ketiga. Belum punya JAKI? Download sekarang di Google Play Storeataupun Apple App Store. Terakhir tapi tak kalah penting, jangan lupa jaga kebersihan area pas berkunjung, ya! 

Artikel Wisata Lainnya

Mau menikmati Jakarta tanpa bikin boros? Bus wisata Transjakarta jawabannya! Cek rute, jam operasional, dan tarifnya di sini, ya.

Sudah pernah jalan-jalan ke Tebet Eco Park dan Kepulauan Seribu? Kalau belum, coba tur virtual dulu lewat gawaimu, yuk!