Mengupas yang Baru di Aplikasi JAKI, Ada Apa Saja?
Setelah peluncuran ulang aplikasi JAKI beberapa waktu lalu, kita sudah mulai mencoba fitur-fitur terbarunya. Beberapa Smartcitizen di acara “Jakarta Kini Lebih Dekat” pun telah mendengar penjelasan langsung dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, termasuk dari Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung. Namun, beberapa dari kamu mungkin masih bertanya-tanya, “Apa saja sih yang sebenarnya berubah atau ditambah di JAKI sekarang?”
Lewat artikel ini, kami akan membahas lengkap fitur-fitur baru dan peningkatan penting yang kini hadir di JAKI. Mulai dari layanan kesehatan, darurat, transportasi, sampai dukungan untuk warga Kepulauan Seribu, semuanya dirancang agar layanan publik lebih mudah diakses, makin inklusif, dan bermanfaat untuk kebutuhan harian warga Jakarta. Yuk, kita telusuri bersama apa saja yang baru dan bisa langsung kamu manfaatkan hari ini juga!
Mengupas yang baru di aplikasi JAKI, ada apa saja?
Antrean Faskes
Salah satu pembaruan di JAKI ada di sektor kesehatan. Lewat fitur Antrean Faskes, kini kamu bisa bikin janji berobat secara online untuk seluruh fasilitas kesehatan milik Pemprov DKI Jakarta. Jadi, nggak perlu lagi antre panjang di lokasi. Ditambah lagi, buat kamu pengguna BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan), ada peluncur (launcher) khusus yang langsung terhubung ke aplikasi JKN Mobile. Akses layanan kesehatan kini lebih praktis dan efisien pakai JAKI.
Fitur Antrean Faskes di JAKI
Nilai di Laporan Warga
Fitur pelaporan di JAKI juga mengalami peningkatan penting. Kini, fitur Laporan Warga dilengkapi sistem penilaian sebagai umpan balik secara langsung. Kamu bisa ikut mengevaluasi kualitas penanganan aduan oleh petugas. Pembaruan di fitur ini berguna supaya sistem pengaduan di Jakarta terus berkembang dan lebih akuntabel, dan pastinya tindak lanjut yang dilakukan petugas semakin efektif dan tepat.
Nilai di Laporan Warga JAKI
Ambulans Gratis dan Panggilan Darurat 112
Di sisi kegawatdaruratan, JAKI menghadirkan dua fitur krusial yang telah diperkuat: layanan Ambulans Gratis dan Panggilan Darurat 112 dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Dua fitur ini dirancang agar warga bisa langsung mendapatkan bantuan medis langsung di beranda JAKI. Tombol Panggilan Darurat 112 yang tersedia selama 24 jam pun terhubung langsung dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), siap digunakan tanpa biaya dan kapan saja diperlukan. Silakan gunakan kedua fitur ini secara bijak, ya!
Ambulans Gratis dan Panggilan Darurat 112 di JAKI
Kapal Jenazah Pulau Seribu dan Rumah Singgah
Kabar baik juga datang untuk warga Kepulauan Seribu. Kini tersedia layanan Kapal Jenazah Pulau Seribu gratis yang dapat digunakan ketika terjadi kedukaan. Selain itu, ada juga fitur layanan Rumah Singgah bagi keluarga pasien yang mendampingi pasien rawat inap di rumah sakit Jakarta. Layanannya lengkap, termasuk bantuan pengurusan administrasi. Melalui layanan ini, harapannya JAKI dapat menjadi aplikasi yang inklusif untuk seluruh warga Jakarta.
Kapal Jenazah Pulau Seribu dan Rumah Singgah di JAKI
Peringatan Dini
Sebagai bentuk perlindungan preventif, JAKI memberikan notifikasi Peringatan Dini untuk banjir dan cuaca ekstrem. Datanya terintegrasi langsung dari BPBD. Kamu akan menerima peringatan waktu nyata (real-time) di perangkatmu untuk lebih siaga menghadapi potensi bencana.
Notifikasi Peringatan Dini di JAKI
Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit
Masih dalam ranah kesehatan darurat, warga kini juga bisa cek langsung ketersediaan kamar rumah sakit secara waktu nyata (real-time) melalui JAKI. Di tengah situasi genting, informasi ini bisa sangat menentukan langkah penyelamatan.
Cek Ketersediaan Kamar Rumah Sakit di JAKI
JakCARE
Menjawab kebutuhan akan dukungan mental, JAKI dilengkapi Jakarta Counseling and Assistance for Resilience and Empowerment. Layanan ini bisa kita sebut sebagai JakCARE. Warga Jakarta, termasuk kamu, bisa memanfaatkan fitur konsultasi ini secara gratis dengan psikolog klinis. Cukup dari ponselmu, kamu bisa terhubung dan mengobrol dengan profesional yang siap membantumu menjaga kesehatan jiwa.
JakCARE di JAKI
Area Parkir
Untuk kamu yang sering beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi, fitur Area Parkir di JAKI akan membantu menemukan lokasi parkir terdekat di berbagai titik Jakarta. Tidak perlu lagi berputar-putar mencari lahan kosong karena semuanya bisa dicari dari satu layar! Cukup nyalakan lokasi di perangkatmu, cari fitur Peta, dan pilih layanan Area Parkir.
Mencari area parkir di JAKI
Tombol Koordinasi
Meski tak terlihat langsung oleh warga, ada satu pembaruan penting di balik layar: Tombol Koordinasi di Dashboard Monitoring CRM. Dengan fitur ini, pimpinan daerah seperti gubernur dan wakil gubernur bisa langsung memberi instruksi kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait laporan warga yang dinilai perlu dilakukan tindak lanjut segera. Artinya, jalur komando jadi lebih singkat, respons pemerintah pun lebih cepat.
Tombol Koordinasi gubernur dan wakil gubernur untuk menyelesaikan laporan-laporan warga Jakarta
Sekarang JAKI bukan hanya makin lengkap, tetapi juga makin dekat dengan kebutuhan warga sehari-hari. Fitur-fitur yang dihadirkan dirancang untuk membantu kita menjalani hidup di Jakarta dengan lebih mudah, aman, dan nyaman.
Kalau kamu belum coba fitur-fitur terbarunya, sekarang waktu yang tepat. Aplikasi ini terus berkembang berkat partisipasi kamu. Aplikasinya bisa diunduh secara gratis lewat Play Storedan App Store. Kamu punya keluarga atau teman yang belum tahu? Sebarkan informasinya juga, ya! Jangan lupa ikuti @jsclab supaya tidak ketinggalan informasi seputar Jakarta.