Menengok 3 Fitur Baru di Aplikasi JAKI
Sebagai bentuk komitmen dalam membangun kota yang cerdas dan responsif, aplikasi JAKIkembali menghadirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan warganya. Kali ini, inovasi berfokus pada situasi darurat dan kondisi kemanusiaan yang membutuhkan penanganan cepat dan empati tinggi.
Terdapat tiga fitur baru: Tombol Darurat, Kapal Jenazah Pulau Seribu, dan Rumah Singgah Warga Pulau Seribu. Apa saja manfaatnya? Baca sampai akhir untuk cari tau.Â
Tombol Darurat di JAKI: Respons Cepat Saat Bencana
Kini, Smartcitizen pengguna JAKI dapat langsung menghubungi kontak darurat, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), saat menghadapi situasi darurat kebencanaan, misalnya banjir, gempa, kebakaran, maupun medis darurat. Fitur Tombol Darurat ini mempermudah proses pelaporan dan permintaan bantuan, cukup melalui satu sentuhan di aplikasi.
Cara menggunakannya mudah. Buka aplikasi JAKI, klik ikon merah yang ada di kanan bawah Beranda, dan Pilih layanan yang kamu butuhkan. Jika butuh bantuan untuk keadaan darurat non-medis seperti bencana, pilih Jakarta Siaga 112. Tetapi jika butuh bantuan medis kedaruratan dalam bentuk ambulans, pilih Ambulans.Â
Tombol Darurat, fitur baru di aplikasi JAKI untuk panggil cepat ambulans dan Jakarta Siaga 112Â
Selain memanggil Jakarta Siaga 112, Smartcitizen juga bisa memanggil ambulans secara cepat melalui tombol yang sama dengan memilih Ambulans setelah klik tombol darurat.Â
Langkah 1.000: Layanan Pengantaran Jenazah untuk Kepulauan Seribu
Fitur terbaru lainnya yang dihadirkan melalui JAKI adalah Kapal Jenazah Pulau Seribu. Fitur ini menawarkan layanan Langkah 1.000 sebagai solusi bagi warga Kepulauan Seribu yang tengah berduka. Melalui layanan Langkah 1.000, warga Kepulauan Seribu dapat mengajukan pengantaran jenazah dari wilayah kepulauan ke Jakarta secara digital, lebih cepat dan mudah.
Untuk mengakses layanan ini, Smartcitizen dapat memilih menu Semua pada bagian fitur di Beranda JAKI, lalu buka tab Kategori. Setelah itu, pilih Kependudukan, dan temukan layanan Kapal Jenazah Pulau Seribu.Â
Fitur Baru JAKI, Kapal Jenazah Pulau Seribu dan Rumah Singgah Warga Pulau SeribuÂ
Di dalamnya, tersedia penjelasan lengkap mengenai prosedur pengajuan layanan, persyaratan yang harus dipenuhi, foto-foto kapal jenazah, serta tombol untuk melakukan pemesanan.
Fitur Baru JAKI, Kapal Jenazah Pulau Seribu untuk pengantaran jenazah dari dan ke Jakarta
Setelah itu, pengguna akan diarahkan untuk menghubungi petugas melalui WhatsApp guna melanjutkan proses.
Dengan menghadirkan fitur ini, JAKI memperluas akses layanan publik yang responsif dan berempati, memastikan setiap warga, termasuk yang tinggal di wilayah kepulauan, mendapatkan dukungan yang layak di saat-saat paling genting.
Rumah Singgah: Tempat Beristirahat bagi Pendamping Pasien
Bagi warga Kepulauan Seribu yang sedang mendampingi kerabat menjalani perawatan medis di Jakarta, fitur Rumah Singgah di JAKI menyediakan tempat tinggal sementara secara gratis. Fasilitas ini diperuntukkan khusus bagi pendamping pasien rawat inap, agar proses pengobatan bisa berjalan lebih cepat dan lancar.
Tak hanya menjadi tempat beristirahat, Rumah Singgah juga membantu dalam proses pendampingan administrasi rumah sakit. Saat ini, tersedia dua Rumah Singgah yang beroperasi penuh 24 jam setiap hari, berlokasi di sekitar RSUD Koja dan RSUD Cengkareng, dua rumah sakit rujukan utama bagi pasien BPJS asal Kepulauan Seribu.
Untuk mengakses layanan ini, Smartcitizen bisa masuk ke aplikasi JAKI dan memilih menu Semua pada bagian fitur di Beranda. Selanjutnya, pilih tab Kategori, lalu klik kategori Kependudukan, dan temukan layanan Rumah Singgah Warga Pulau Seribu.
Fitur Baru JAKI, Kapal Jenazah Pulau Seribu dan Rumah Singgah Warga Pulau SeribuÂ
Di laman selanjutnya, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai fasilitas rumah singgah, mulai dari langkah-langkah pengajuan, persyaratan yang harus dipenuhi, hingga foto-foto rumah singgah. Tersedia pula tombol yang dapat kamu klik untuk memilih rumah singgah sesuai kebutuhan.
Fitur Baru JAKI, Rumah Singgah Warga Pulau Seribu untuk tempat beristirahat pendamping pasien di Jakarta
Setelah itu, pengguna dapat langsung menghubungi petugas melalui WhatsApp untuk proses lanjutan.
Lewat fitur Rumah Singgah, JAKI hadir untuk membantu warga Jakarta, khususnya dari wilayah kepulauan agar dapat fokus memberikan dukungan terbaik bagi keluarga, tanpa harus memikirkan tempat menginap.
JAKI Terus Berinovasi
Ketiga fitur terbaru ini menunjukkan bahwa aplikasi JAKI tidak hanya hadir sebagai teknologi, tetapi juga sebagai wujud nyata empati pemerintah terhadap kebutuhan warganya. Dari layanan darurat, pengantaran jenazah, hingga penyediaan tempat singgah, semua dirancang untuk menjadikan Jakarta lebih manusiawi dan adaptif melalui digitalisasi. Lebih dari itu, dengan fitur-fitur ini, JAKI juga menjangkau hingga wilayah kepulauan, menghadirkan layanan inklusif yang merata bagi warga tanpa memandang jarak dan lokasi.
Ingin merasakan manfaat fitur-fitur baru JAKI? Yuk, download JAKI lewat Google Play Store atauatau Apple App Storedan manfaatkan JAKI untuk kota yang lebih terhubung dengan kebutuhan warga.