15 Mei 2023

Membedah Fitur Berita di JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

15 Mei 2023

Sebagai smart city (kota cerdas), perkembangan Jakarta tergolong pesat. Di paruh pertama 2023 ini saja, ada beberapa infrastruktur yang sedang ditinjau maupun dikembangkan, seperti Stasiun Tanah Abang dan normalisasi Sungai Ciliwung. Itu baru terkait infrastruktur, belum lagi pengembangan di bidang lain. 

Dengan laju dan intensnya pengembangan Jakarta, pernah enggak sih terpikir dalam benakmu gimana caranya biar gak ketinggalan informasi? Bagaimana pula supaya berita yang dibaca valid dan bukan hoaks? JAKI punya fitur Berita yang bisa jadi solusinya! Baca informasi lengkapnya di sini, ya.

Fitur Berita: Hadirkan Informasi Akurat dan Terkini dari Sumber Resmi

Berita merupakan fitur unggulan aplikasi JAKI yang menyediakan berita dan informasi seputar Jakarta. Lalu, apa bedanya fitur Berita dengan portal-portal berita lainnya? Informasi dan berita yang kamu dapat melalui fitur Berita bersumber langsung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Bahkan, setiap OPD pun mempublikasi informasi di JAKI melalui akunnya masing-masing, sehingga kamu mudah mengetahui dari mana informasi didapat. 

Misalnya saja, prakiraan cuaca harian Jabodetabek. Informasi tersebut akan diunggah langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dari akun mereka. Setelah itu, kamu akan mendapat notifikasi terkait informasi, terutama jika informasi tergolong darurat. Dengan sistem akses yang terpadu ini, berita dijamin akurat dan bisa kamu dapat dengan cepat. Fitur push notification juga membantu kamu agar tak ketinggalan berita terkini. 
 

Apa Saja yang Ada di Fitur Berita? 

Kini, kamu sudah tahu fungsi serta keunggulan fitur Berita. Supaya lancar jika nanti mau mengakses informasi, yuk kita bedah fiturnya!

Saat membuka JAKI, kamu akan menemukan sederet fitur unggulan. Klik icon Berita untuk mengakses fiturnya. Kemudian, kamu akan diarahkan langsung ke laman Berita. Laman ini telah diperbarui pada 2022 lalu, agar memudahkan kamu dalam bernavigasi pada fitur dan mendapat informasi yang lebih lengkap. Begini tampilan yang akan kamu terima. 

Pada bagian atas laman, kamu akan menemukan slider Berita Jakarta. Slider ini berisi lima berita hasil liputan dan publikasi Berita Jakarta yang paling baru. Buat kamu yang belum tahu, Beritajakarta merupakan salah satu kanal pelayanan informasi kepada masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik. Oleh karena itu, berita yang kamu terima melalui slider sudah pasti dan jelas kebenarannya.  

Slider Berita Jakarta pada fitur JakWarta berisi berita-berita terbaru seputar Jakarta yang terintegrasi dengan kanal pelayanan informasi Beritajakarta.

Oh ya, slider ini bisa bergeser secara otomatis, loh. Jika kamu ingin membaca salah satu berita pada slider, kamu bisa klik foto ataupun judul berita, ya. Kamu juga bisa membagikan informasi. Caranya, klik icon di kanan bawah slider

Untuk membaca lebih banyak berita, bisa dilakukan dengan klik Semua pada kanan atas slider. Di sana akan ada berita lain yang bisa kamu akses. Jika klik salah satunya, keseluruhan berita akan muncul. Di bawah judul berita, terdapat pula fitur untuk menyalin tautan berita dan membagikannya ke Facebook, Twitter, maupun surel. 

Bergeser ke bawah dari slider Berita Jakarta, terdapat Info Terkini. Pada bagian ini, kamu bisa melihat informasi yang diunggah langsung di fitur Berita oleh Jakarta Smart City maupun OPD. Informasinya beragam, mulai dari event Jakarta Smart City, pelatihan UMKM, peringatan dini cuaca, dan lainnya. Bagian Info Terkini ini tidak bergeser secara otomatis, sehingga kamu perlu menggeser sendiri slider jika ingin melihat lebih banyak informasi. Untuk membagikan informasi, klik icon di kanan bawah slider.

Slider Info Terkini memuat informasi yang diunggah langsung di JakWarta oleh Jakarta Smart City maupun OPD.

Mau lihat informasi selain yang ditampilkan? Klik Semua di kanan atas Info Terkini, ya. Kamu akan menemukan daftar info terkini lainnya. Kamu bisa mencari informasi yang diinginkan dengan mengetik kata kunci di bilah pencarian. Jika sudah mengklik salah satu informasi, keseluruhan informasi akan muncul. Terdapat fitur untuk menyalin tautan berita, membagikan tautan ke Facebook, Twitter, maupun surel, serta menyukai dan menyimpan informasi.

Berikutnya, ada Cuitan dari Jakarta. Bagian ini memuat informasi yang telah dipublikasi melalui akun Twitter masing-masing OPD. Seperti informasi ketinggian muka air dari Twitter Dinas Sumber Daya Air dan Peringatan Dini Cuaca dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Bagian ini juga tidak otomatis, kamu dapat menggeser ke kanan atau kiri untuk melihat postingan lain.

Sama seperti bagian-bagian sebelumnya, untuk melihat seluruh informasi pada Cuitan dari Jakarta, kamu bisa klik Semua di kanan atas. Ada juga bilah pencarian yang dapat membantu kamu menemukan tweet yang diinginkan menggunakan kata kunci. Setiap tweet memiliki fitur untuk kamu sukai, bagikan, dan simpan tautannya.

Slider Cuitan Jakarta di JakWarta memuat informasi yang telah dipublikasi melalui akun Twitter masing-masing OPD.

Terakhir dan melengkapi fitur Berita, kamu akan menemukan Majalah JaKita di bagian paling bawah laman. Bagian ini merupakan jalan pintas kamu menuju situsMajalah JaKita. JaKita merupakan majalah digital milik Pemprov DKI Jakarta yang mengangkat topik seputar Jakarta dalam setiap edisinya, mulai dari informasi layanan, komunitas, hingga hal-hal baru di Ibu Kota. Dengan pintasan ini di Berita, kamu bisa mengakses Majalah JaKita dengan lebih cepat hanya lewat satu aplikasi. 

Bagian Majalah Kita di JakWarta merupakan jalan pintas menuju situs Majalah JaKita.

Gimana, mudah kan mengakses fitur Berita? Saat ini, integrasi informasi Berita masih terus dikembangkan. Ke depannya, akan lebih banyak lagi OPD yang dapat memadukan publikasinya ke fitur Berita, jadi kamu bisa mendapat informasi lebih komprehensif. Menjelang itu, yuk kita terus pakai fitur ini untuk dapat kabar tentang Jakarta yang akurat! Belum punya JAKI untuk mengaksesnya? Kamu bisa unduh di Google Play Storeataupun Apple App Store. Selamat mengeksplor fitur Berita, ya! 

Artikel JAKI Lainnya

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

Butuh nomor antrean faskes atau fasilitas kesehatan lainnya? JAKI bakal bikin gampang. Caranya? Baca di sini!

Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap 2 Mei, bertepatan dengan ulang tahun tokoh terpentingnya. Simak sejarahnya di sini, yuk!

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!