18 Okt 2021

Manakah Fitur JAKI Favorit Kamu?

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

18 Okt 2021

Warga Jakarta dan sekitarnya yang sering bermobilisasi di Jakarta pasti sudah kenal dengan aplikasi super milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini. JAKI namanya! Kamu juga pasti sudah kenal kan, Smartcitizen?

Sekilas Tentang JAKI Buat Kamu yang Baru Kenal

JAKI merupakan aplikasi kaya fitur yang memudahkan kamu untuk beraktivitas sehari-hari di Jakarta. Contohnya, jika kamu menemukan jalan berlubang, lampu jalan yang tidak menyala, atau fasilitas umum yang rusak, kamu bisa melaporkannya dengan mudah melalui fitur JakLapor di JAKI. Begitu banyak warga yang sudah terbantu dengan fitur ini, karena berbagai masalah yang ditemui di sekitar Jakarta bisa teratasi dengan cepat. Bahkan, kamu bisa memantau laporanmu, apakah sedang atau sudah selesai ditangani. Fitur JakLapor ini punya teman dekat, yaitu JakRespons. Pada fitur ini kamu bisa melihat aduan-aduan warga di Jakarta terkait berbagai masalah di Ibu Kota. Tenang saja, laporan yang tampil di sini merupakan jenis laporan publik yang diketahui oleh pelapornya. Sedangkan untuk jenis laporan privasi tidak akan muncul di fitur ini. Identitas pelapor akan dilindungi, karena terdeteksi sebagai anonim di dalam sistem. Bahkan, petugas pun tidak akan tahu, lho. Makanya, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk melapor lewat JAKI, ya!

Selain JakLapor, masih banyak fitur unggulan JAKI lainnya, Smartcitizen! Di antaranya ada JakWarta yang dapat memberikanmu informasi-informasi terbaru seputar Jakarta. Kamu juga akan mendapat notifikasi jika ada pengumuman dan acara menarik di Jakarta. Ada juga fitur JakPantau untuk memantau genangan atau banjir di Jakarta. Pun fitur JakAmbulans yang bisa memanggil mobil Ambulans Gawat Darurat, jika kamu menemukan kondisi darurat dan membutuhkan pertolongan segera.

Pada masa pandemi ini, JAKI juga ikut berevolusi. JAKI menghadirkan berbagai fitur yang dapat menemanimu selama pandemi, seperti fitur donor plasma konvalesendan pendaftaran vaksinasi Covid-19. Masih ada fitur apalagi di JAKI? Nah, ini saatnya kamu membuka aplikasi JAKI, lalu mengulik fitur-fitur menarik lainnya di sana, ya! 

Fitur JAKI Favorit Smartcitizen

Pada Jumat, 8 Oktober 2021 lalu, akun instagram @jsclab mengadakan pemungutan suara untuk para Smartcitizen dan follower @jsclab. Voting atau pemungutan suara tersebut menanyakan tentang JAKI di mata Smartcitizen. 

Dari hasil pemungutan suara di Instagram Story, Smartcitizen ternyata kebanyakan mengunduh JAKI sejak 2020. Padahal, JAKI sudah ada sejak 2019, lho! Jangan-jangan, sampai akhir 2021, kamu masih belum unduh JAKI. Nah, dengan membaca tulisan ini, pertanda kamu harus segera unduh JAKIsekarang juga, nih. 

Voting tersebut menunjukkan pula bahwa dari sekian banyak fitur di JAKI, fitur favorit Smartcitizen adalah JakLapor. Banyak yang menyukai fitur ini di JAKI, berarti banyak juga Smartcitizen yang peduli dengan kemajuan kota Jakarta dan pastinya ingin menjadikan Jakarta kota yang lebih baik lagi.

Aplikasi Kebanggaan Jakarta

Aplikasi yang merupakan hasil kolaborasi Jakarta Smart City dengan berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ini merupakan kebanggaan kita bersama. Fitur-fitur yang bermanfaat untuk warga Jakarta ini pun mengantarkan JAKI menyabet berbagai penghargaan bergengsi, lho!

Pada 2020, JAKI terpilih sebagai pemenang di kompetisi nasional Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam kategori public sector. Dengan memenangkan penghargaan itu, JAKI menjadi wakil Indonesia dalam ASEAN ICT Awards (AICTA). 

[JAKI Juara IdenTIK 2020]

Kemudian, pada awal 2021, JAKI juga terpilih menjadi Champion Project di ajang WSIS (World Summit on the Information Society) Prizes 2021 dalam kategori E-Government. Capaian Champion Project tersebut mengantarkan JAKI untuk kembali bersaing di babak final dan pada akhirnya menyabet gelar Runner-up WSIS Prizes 2021.

[JAKI: Aplikasi Jakarta Raih Runner-Up WSIS Prizes 2021]

Kebanggaan terbaru dari prestasi JAKI adalah penghargaan Best in Future of Digital Innovation oleh IDC Indonesia dalam IDC Future Enterprise Awards 2021. Penghargaan ini dianugerahkan kepada lembaga Jakarta Smart City melalui aplikasi JAKI yang memanfaatkan teknologi untuk menjawab tantangan ekonomi digital di tengah pandemi.

 


 

Bagi kamu yang belum pernah mencoba berbagai fitur di JAKI, yuk unduh JAKI sekarangdan nikmati aplikasi kebanggan milik Jakarta.

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!