05 Apr 2024

Makin Gampang Rayakan Lebaran dengan JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

05 Apr 2024

Tak terasa, Idulfitri 1445 Hijriah sudah di depan mata. Bagaimana persiapanmu menyambut Lebaran, Smartcitizen? Agar mempersiapkan dan merayakan Lebaran makin gampang, kamu bisa menggunakan beberapa fitur di aplikasi JAKI. Mau tahu apa fiturnya dan gimana caranya bisa bikin Lebaran kamu gampang? Baca artikel sampai habis, ya.

Harga Pangan di JAKI: Masak Lebaran Lebih Hemat 

Lebaran tak lengkap rasanya tanpa makan besar bersama keluarga. Entah itu opor ayam, rendang daging, atau gulai nangka. Tentu bahan-bahannya perlu dibeli dari jauh hari. Mendekati Lebaran, harga-harga bahan pangan berpotensi naik. Supaya belanja lebih efisien, sebagai warga Jakarta kamu bisa membandingkan harga bahan pangan dari beberapa pasar di sekitar tempat tinggalmu. Dengan memiliki perbandingan, kamu jadi tahu harus belanja bahan pangan apa saja dan di mana. 

Fitur Harga Pangan untuk Cek Harga Bahan Pangan Menuju Lebaran

Fitur Harga Pangan di aplikasi JAKI menyediakan layanan ini buatmu, loh. Kamu tinggal buka aplikasinya dan klik fitur Harga Pangan pada Beranda. Selanjutnya, JAKI akan secara otomatis mendeteksi lokasimu, serta menampilkan harga berbagai jenis bahan pangan di pasar-pasar terdekat kamu pada tab Komoditas. Jika ingin melihat harga bahan pangan berdasarkan nama pasar di sekitarmu, klik tab Pasar. Di samping harga bahan pangan, terdapat pula simbol yang menunjukkan naik turun harga. Tanda panah ke atas menunjukkan harga naik dari sebelumnya, panah ke bawah menunjukkan harga turun, dan tanda sama dengan menunjukkan harga tetap atau stabil.

Dengan mendapatkan informasi harga bahan pangan dan membandingkannya, kamu jadi bisa belanja di pasar yang lebih murah. Alhasil, belanja buat masak Lebaran pun lebih efisien. 

Berita di JAKI: Cari Informasi Pengaturan Lalu Lintas Selama Lebaran

Apakah kamu mudik dari luar kota ke Jakarta? Atau tinggal di Jakarta lalu akan berkeliling ke rumah saudara di dalam kota? Kategori manapun kamu, tentunya tetap butuh informasi lalu lintas selama Lebaran. Oleh karena itu, kamu perlu memantau fitur Berita di JAKI.  

Fitur Berita di JAKI untuk Cek Informasi Lalu Lintas Selama Lebaran

Pada fitur Berita, kamu bisa melihat kumpulan berita dari Berita Jakarta, informasi yang dipublikasi langsung oleh Jakarta Smart City, maupun bacaan dari Majalah JaKita. Ketiganya bisa kamu manfaatkan untuk mencari informasi aturan lalu lintas di Jakarta selama Lebaran. Tak perlu takut hoaks, karena informasinya akurat dari Perangkat Daerah di Pemprov DKI Jakarta. 

Laporan Warga di JAKI: Lapor Kendala Lebaran saat Malam Takbiran 

Malam Takbiran jadi bagian dari Idulfitri yang terus dinanti setiap tahun. Saat merayakan Malam Takbiran, ada baiknya untuk kita tetap waspada terhadap gangguan keamanan atau ketertiban. Kalau melihat kericuhan, kerusakan fasilitas umum, dan lain-lain, kamu bisa lapor lewat fitur Laporan Warga di aplikasi JAKI.

Caranya mudah, kamu tinggal buka fitur Laporan Warga, klik ikon Lapor di bagian bawah tengah Beranda, lalu foto tindakan pelanggaran, kericuhan, atau ketidaktertiban. Kemudian pastikan lokasi laporan sudah tepat. Kamu juga bisa mengatur lokasi sendiri dan mengetik deskripsi lokasi agar petugas lebih jelas mengetahuinya. Lalu, ketikkan deskripsi laporan sesuai panduan yang tertera. Lantas pilih kategori laporan. Jika ingin melaporkan kericuhan, pilih kategori Gangguan Ketenteraman dan Ketertiban. Jika ingin melaporkan kerusakan fasilitas umum, pilih kategori Fasilitas Sosial/Fasilitas Umum. Kamu bebas dalam mengeksplor kategori, sehingga dapat menemukan kategori yang paling tepat untuk laporanmu. Dengan kemudahan melapor permasalahan, malam takbiran di Jakarta bisa berjalan dengan aman dan nyaman.


 

Aplikasi JAKI juga punya beberapa fitur lain yang mungkin berguna untuk membantu kamu semasa Lebaran. Misalnya, fitur Transportasi Publik untuk mengecek jadwal, rute, dan tarif transportasi umum jika kamu ingin silaturahmi ke rumah saudara atau teman dengan menggunakan MRT, LRT, Transjakarta, ataupun Mikrotrans. Ada pula fitur Peta untuk mencari lokasi masjid yang ingin kamu kunjungi untuk Salat Idulfitri ataupun kegiatan ibadah lainnya. Ingin pakai fitur-fitur tadi tapi belum punya JAKI? Unduh dulu di Google Play Storeatau Apple App Store, gratis!

Artikel Smart People Lainnya

Ulang tahun Jakarta sebentar lagi! Berbagai rangkaian acara ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi kota tercinta.

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

PPDB DKI Jakarta 2024 akan dibuka sebentar lagi. Sudah siap? Jangan ketinggalan, catat jadwalnya, ya!

31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Upaya bebas asap rokok di Jakarta dilakukan melalui Kawasan Dilarang Merokok

PPDB DKI Jakarta 2024 diikuti oleh semua satuan pendidikan. Supaya tidak keliru, pelajari ketentuan dan mekanismenya di sini, ya!

Membeli buku di Jakarta jadi tantangan tersendiri, karena beragamnya toko. Ini beberapa rekomendasi untukmu, mulai dari pasar hingga hub literasi.