17 Mei 2024

Lima Rekomendasi Tempat Beli Buku di Jakarta

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

17 Mei 2024

Smartcitizen, kamu gemar membaca dan berniat beli buku dalam waktu dekat? Bertepatan dengan Hari Buku Nasional pada 17 Mei 2024, ada beberapa tempat beli buku di Jakarta yang mungkin bisa kamu kunjungi. Baca sampai habis, ya.

Pasar Buku Kwitang

Salah satu destinasi utama untuk beli buku di Jakarta adalah Pasar Buku Kwitang. Berlokasi di Jl. Kwitang Raya, Jakarta Pusat, pasar ini menawarkan beragam buku dari berbagai genre dan kondisi, mulai dari buku baru hingga bekas. Bahkan, terdapat pula buku-buku edisi langka yang sulit ditemukan di toko buku lain. Keuntungan utama beli buku di Pasar Buku Kwitang adalah harga yang terjangkau dibandingkan toko buku besar, juga koleksi yang lengkap. Pasar ini buka setiap hari sejak pukul 8.00 sampai 18.00 WIB.

POST Bookshop

Penyuka karya sastra, mari merapat! Di POST Bookshop, Smartcitizen dapat membeli buku dengan beragam genre, dari sastra, puisi, hingga buku anak-anak. Toko buku yang berlokasi di Pasar Santa, Jakarta Selatan, ini memadukan warna kuning dan putih dengan konsep desain yang unik untuk diabadikan di Instagram, sehingga semakin menarik dikunjungi. POST Bookshop juga menyelenggarakan beraneka kegiatan yang bisa kamu ikuti, seperti lokakarya dan diskusi buku. Ingin berkunjung? Kamu bisa datang pada Jumat, Sabtu, dan Minggu dari pukul 15.00 hingga 20.00 WIB.

POST Bookshop, salah satu tempat beli buku di Jakarta.

Sumber: Instagram @post_santa

Lorong Buku Batavia

Toko-toko buku di sini adalah surga bagi kamu yang ingin beli buku lawas dan langka! Sesuai namanya, Lorong Buku Batavia merupakan suatu lorong di kawasan Pasar Gembrong Baru, Jatinegara, Jakarta Timur, dengan toko-toko buku di kanan dan kirinya. Toko-toko buku di Lorong Buku Batavia menawarkan koleksi puluhan ribu buku klasik. Nuansanya yang vintage namun terawat menciptakan pengalaman berbelanja buku yang berbeda dengan tempat-tempat lainnya.

Informasi tambahan buatmu, pemilik toko-toko buku di Lorong Buku Batavia tergabung dalam gerakan literasi Komunitas Lorong Buku Batavia, dengan visi yang sama untuk membangun budaya literasi melalui buku klasik di tengah era digital. Berbagai kegiatan pun kerap diselenggarakan di tengah lorong untuk meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat, seperti diskusi dan bedah buku. Lorong Buku Batavia buka setiap hari pukul 10.30–19.00 WIB.

Lorong Buku Batavia, salah satu tempat beli buku di Jakarta.

Sumber: Instagram @lorongbukubatavia

Sarang Buku Bekas

Tak selamanya kamu harus membeli buku baru. Ada kalanya beli buku bekas jauh lebihworth it. Karena itu, Sarang Buku Bekas perlu masuk dalam daftar tujuan toko bukumu. Terletak di Plaza Festival Lantai GF, Kavling C22, Kuningan, Jakarta Selatan, toko buku ini menyediakan koleksi buku-buku bekas yang layak pakai dan baca. Dari novel klasik hingga buku-buku anak-anak bisa kamu dapatkan di sini. Meski terletak di plaza, suasana Sarang Buku Bekas tetap tenang, sehingga menjadi tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu mencari buku yang pas untuk kamu bawa pulang! Mau berkunjung ke Sarang Buku Bekas? Kamu bisa datang setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

B(L)OOKS Book Store

Mendefinisikan diri sebagai“a melting pot of books, ideas, culture, and you”, B(L)OOKS lebih dari sekadar tempat beli buku, tapi juga ruang stimulasi ide dan belajar budaya serta literatur, khususnya bagi anak muda. B(L)OOKS didirikan pada 1 Juli 2023 lalu, saat toko-toko buku besar satu per satu tutup. Namun, para pendirinya tetap yakin untuk mendirikan B(L)OOKS sebagai toko buku independen yang tak hanya merupakan kepentingan bisnis, tapi juga upaya meningkatkan baca anak muda. Ini bisa dilihat dari koleksi buku yang modern dan beragam, seperti fiksi, puisi, esai, fotografi, hingga novel grafis. Sebagai melting pot atau hub kreatif bagi anak muda, B(L)OOKS pun mengadakan diskusi rutin atau kegiatan bertukar ide dengan komunitas literasi. Berlokasi di Blok S, Senopati, Jakarta Selatan, dengan desain minimalis, B(L)OOKS seakan sudah dirancang khusus untuk menjadi tempat berkumpul baru bagi anak muda di Jakarta. Kamu bisa mengunjungi B(L)OOKS dari Kamis sampai Minggu, pukul 11.30–19.30 WIB.

B(L)OOKS, salah satu tempat beli buku di Jakarta.

Sumber: Instagram @blooks.store

Itu tadi beberapa tempat beli buku yang bisa kamu kunjungi, dari pasar hingga hub literasi. Kalau bukan tim beli buku, melainkan pinjam buku, kamu dapat pula meminjam buku di Jakarta dengan mudah. Salah satunya di portal Kawan Perpus melalui fitur Perpustakaan Jakarta di aplikasi JAKI. Mau mencoba? Ikuti cara-cara ini.

  • Buka aplikasi JAKI. Jika belum punya, unduh di Google Play Store atau Apple App Store;
  • Ketik “perpustakaan” pada bilah pencarian;
  • Klik fitur Perpustakaan Jakarta, kamu akan terhubung ke portal Kawan Perpus;
  • Login akun Kawan Perpus dengan memasukkan username/NIK dan kata sandi, lalu klik Masuk.

Setelah berhasil masuk, kamu bisa langsung mengeksplor Kawan Perpus dan meminjam buku yang kamu inginkan.

Gimana, sudah dapat ide mau berkunjung ke toko buku mana? Sudah tahu ingin beli atau pinjam buku? Apapun pilihanmu, baik kok, selagi itu bisa membuatmu meningkatkan minat membaca. Dengan membaca, kamu bisa belajar hal baru, melepas stres, hingga meningkatkan kualitas memori. Jadi, selamat membaca!

Artikel Smart People Lainnya

Ulang tahun Jakarta sebentar lagi! Berbagai rangkaian acara ini diselenggarakan untuk merayakan hari jadi kota tercinta.

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

PPDB DKI Jakarta 2024 akan dibuka sebentar lagi. Sudah siap? Jangan ketinggalan, catat jadwalnya, ya!

31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Upaya bebas asap rokok di Jakarta dilakukan melalui Kawasan Dilarang Merokok

PPDB DKI Jakarta 2024 diikuti oleh semua satuan pendidikan. Supaya tidak keliru, pelajari ketentuan dan mekanismenya di sini, ya!

Membeli buku di Jakarta jadi tantangan tersendiri, karena beragamnya toko. Ini beberapa rekomendasi untukmu, mulai dari pasar hingga hub literasi.