19 Jul 2022

Lima Perpustakaan di Jakarta yang Nyaman buat WFA

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

19 Jul 2022

Work from Anywhere (WFA) kini menjadi sebuah tren baru yang jadi pilihan para pekerja remote untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tren bekerja di mana saja ini mulai terasa gaungnya pada masa pandemi Covid-19 yang memaksa lebih banyak pegawai untuk bekerja jarak jauh dari kantor. Bahkan beberapa perusahaan tidak memiliki kantor fisik dan benar-benar beralih full online.  Belum lagi pekerja lepas atau freelance yang meningkat di dunia digital membuat WFA semakin populer. 

Untuk dapat bekerja dengan efektif dan produktif, seorang pekerja yang memilih WFA biasanya harus mencari tempat nyaman yang mendukung pekerjaannya. Misalnya tempat yang dilengkapi dengan akses Wi-Fi yang kencang, suasana bekerja yang cozy, hingga toilet dan tempat ibadah yang dekat. Salah satu tempat yang cocok untuk kamu yang WFA adalah perpustakaan.

Bagaimana tidak? Selain fasilitas yang lengkap dengan Wi-Fi yang cepat, suasana yang tenang, aroma buku yang khas di hidung, sampai orang-orang yang berlalu lalang di antara rak-rak buku, membuat perpustakaan memiliki ambience yang khas, apalagi untuk kamu pecinta buku. 

Mau tahu di mana mencari perpustakaan senyaman itu di Jakarta? Ini dia lima perpustakaan di Jakarta yang nyaman buat WFA.

Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat

Perpustakaan Jakarta di TIM hadir kembali setelah direvitalisasi. Kehadirannya disambut dengan sukacita, sehingga dalam sekejap menjadi tempat hits yang diincar banyak orang. Selain menyimpan berbagai koleksi buku, perpustakaan ini punya banyak spot tempat duduk yang nyaman untuk kamu bekerja. Di sini tersedia berbagai titik charging, juga dilengkapi dengan Wi-Fi yang dapat mendukungmu bekerja dengan produktif. Jika kamu suntuk bekerja dan ingin rehat sejenak, kamu bisa berjalan-jalan melihat arsitektur perpustakaan yang cantik, menengok ruang eksplorasi, ruang bermain anak, sampai Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin.Karena kuota pengunjung per hari dibatasi hanya untuk 300 orang saja, kamu harus mendaftarkan diri dan melakukan reservasi. Caranya melalui situs perpustakaan.jakarta.go.id atau kamu bisa langsung klik banner Perpustakaan Jakarta di aplikasi  JAKI. Kamu pun bisa mampir ke Instagram @perpusjktuntuk tahu update terbaru tentang perpustakaan ini.

Perpustakaan Umum Daerah Jakarta di Kuningan, Jakarta Selatan

Berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta tidak kalah nyaman untuk kamu WFA. Dilengkapi dengan beragam koleksi bacaan dan akses Wi-Fi yang kencang, perpustakaan ini cocok untukmu yang mencari lokasi bekerja yang cozy dan tentunya gratis. 

Di samping itu, perpustakaan ini juga menyediakan komputer tablet dan komputer desktop buatmu yang tidak membawa gadget untuk bekerja. Jika tertarik berkunjung ke sini, kamu bisa langsung menuju ke Gedung Nyi Ageng Serang Lantai 7-8, Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C 22.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat, perpustakaan megah ini merupakan surga bagi para pecinta literasi. Perpustakaan Nasional memiliki 27 lantai, dengan berbagai sudut yang pas untuk kamu bekerja. Kamu bisa menemukan meja dan kursi yang dilengkapi colokan listrik, sofa empuk, kantin, musala, dan tentunya layanan Wi-Fi gratis.

Untuk berkunjung dan masuk ke ruang koleksi, kamu akan diminta untuk menitipkan tasmu di loker, sehingga hanya bisa membawa barang berharga saja di tas transparan yang sudah disediakan. 

Kamu dapat berkunjung ke perpustakaan ini pada pukul 08.30–18.00 WIB (Senin-Kamis) dan 09.00–16.00 WIB (Jumat–Minggu).

Baca di Tebet

Baru saja dibuka pada 20 Februari 2022 lalu, perpustakaan yang dilengkapi dengan kafe di lantai bawahnya ini langsung menjadi pembicaraan dan lokasi favorit banyak orang untuk belajar atau bekerja. Hal ini karena suasananya yang hangat dan tenang, berkat desain rak buku tinggi yang memenuhi seluruh dindingnya. 

Di lantai dua tempat perpustakaan ini berada, Baca di Tebet memiliki ruang temu yang pengunjung diperbolehkan untuk makan, minum, serta berdiskusi. Selain itu, terdapat pula ruang baca dan ruang pikir yang lebih tenang, sehingga pengunjung tidak dibolehkan membawa makanan atau minuman, kecuali air mineral. Kamu bisa memilih ruang paling pas untukmu bekerja dalam perpustakaan yang beralamat di Jl. Tebet Barat Dalam Raya No, 28, Jakarta Selatan. 


Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan Erasmus Huis terletak di Kav. Setiabudi, Jalan H. R. Rasuna Said, Blok C No. 3, Kuningan Timur, Jakarta Selatan  Perpustakaan ini terkenal dengan desainnya yang Instagrammable dan ruang baca yang nyaman serta hening. Tak heran jika pilihan WFA-mu jatuh ke perpustakaan ini.

Perpustakaan milik Kedutaan Besar Kerajaan Belanda ini mempunyai koleksi buku dan majalah dalam bahasa Belanda, Inggris, maupun Indonesia. Kamu bisa menjelajah berbagai koleksi yang memuaskan rasa ingin tahumu ketika kamu sedang rehat dari rasa jenuh pekerjaanmu. 

WFA Nyaman di Jakarta

Jakarta kini kian ramah untuk para digital nomad, karena banyak sekali spot untuk mendukungmu WFA, dari mulai Kepulauan Seribu yang disiapkan untuk Work from Island, titik-titik taman yang dilengkapi JakWifi, hingga perpustakaan-perpustakaan super nyaman. Yuk, kita jaga bersama spot-spot ini agar semakin banyak orang merasakan kenyamanannya.

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!