16 Agt 2023

Lima Event Jakarta Buat Isi Libur 17-an

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

16 Agt 2023

Yang ngaku anak acara di Jakarta, sini merapat! Hari-hari sibuk perlahan menghilang. Sekarang, siap-siap untuk jalan-jalan pada waktu santai kamu! Dari galeri seni hingga perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, berikut daftar acara menarik yang telah dipilihkan untuk kamu. Ayo, ikutan, Smartcitizen!

 

Pajang Karya “Menggores Warna Merdeka”

 

Galeri Nasional Indonesia adalah museum seni rupa modern yang berdiri di bawah Menteri Pendidikan Kebudayaan. Kali ini, Galeri Nasional Indonesia hadir dengan Pajang Karya bertajuk “Menggores Warna Merdeka”. Pajang Karya ini menyajikan visualisasi perjuangan dan kekayaan Indonesia. Pas banget buat yang mau merasakan nuansa 17-an!

 

Event Jakarta Pajang Karya “Menggores Warna Merdeka”
 

Alamat: Bilik Komunitas GalNas, Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur no. 14, Jakarta Pusat 

Hari, tanggal: Jumat, 4 Agustus 2023–Jumat, 18 Agustus 2023

Jam operasional: 10:00–16:00 WIB

Harga, registrasi: Gratis, registrasi di tempat

Tautan: Instagram @galerinasional

Perhentian terdekat: Halte Gambir 2 dan Stasiun Gondangdia

 

Gamelan di Akhir Pekan

Museum Nasional Indonesia hadir sebagai ruang publik di Jakarta. Ada banyak kegiatan edukasi dan kebudayaan di sana, salah satunya adalah Gamelan di Akhir Pekan. Kalau kamu pencinta alat musik khas Indonesia ini atau sekadar ingin menyaksikan, yuk, datang!
 

Event Jakarta Gamelan di Akhir Pekan

 

Alamat: Badan Layanan Umum Museum Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Barat no.12, Jakarta Pusat

Hari, tanggal: Sabtu, 19 Agustus 2023

Jam operasional: 14:30–16:00 WIB

Harga, registrasi: Tiket reguler anak-anak Warga Negara Indonesia (WNI) seharga Rp7.000 dan dewasa WNI seharga Rp15.000. Tiket reguler Warga Negara Asing (WNA) seharga Rp25.000

Tautan: Pembelian tiket

Perhentian terdekat: Halte Monas, Stasiun Juanda, dan Stasiun MRT Bundaran HI

 

R-I Fest 2023 

Kamu nyari acara hiburan yang Indonesia banget? R-I Fest bisa jadi tempat yang cocok buat kamu. Festival ini dibuat untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Isinya bermacam-macam: festival musik, lomba 17-an, dan festival kuliner. Yang pasti, acaranya enggak bakal ngebosenin, deh. Deretan artis di festival musiknya aja keren-keren!

Event Jakarta R-I Fest 2023

 

Alamat: Gambir Expo, JIExpo Kemayoran

Hari, tanggal: Kamis, 17 Agustus 2023–Minggu, 20 Agustus 2023

Jam operasional: 14:00–23:00 WIB

Harga, registrasi: Rp150.000–Rp200.000

Tautan: Instagram @ruangindonesia.fest

Perhentian terdekat: Halte Landas Pacu Timur Kemayoran dan Stasiun Rajawali
 

Pameran Ilustrasi “Bangga Berbudaya Asli Indonesia”

Pameran berjudul “Bangga Berbudaya Asli Indonesia” menampilkan 1000 karya ilustrator muda Indonesia. Selain itu, akan diadakan lokakarya yang dihadiri oleh Yessiow, Wede Willy, dan Popomangun. Yang suka foto-foto, silakan kunjungi bilik fotonya, ya!

Event Jakarta Pameran Ilustrasi “Bangga Berbudaya Asli Indonesia”

 

Alamat: Creative Hall M Bloc Space, Jalan Panglima Polim no. 37, RT 1/RW 1, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12160

Hari, tanggal: Jumat, 11 Agustus 2023–Minggu, 20 Agustus 2023

Jam operasional: 10:00–21:00 WIB

Harga, registrasi: Gratis 

Tautan: Instagram @mblocspace 

Perhentian terdekat: Stasiun MRT Blok M BCA, Halte CSW, Terminal Blok M, dan Stasiun Kebayoran
 

Noraebang with Hybe Playlist

Annyeonghaseyo, yeorobun! Kapan nih, terakhir kali ikutan noraebang alias karaoke ala Korea? Yang mau seru-seruan lagi, mending ikut Noraebang with Hybe Playlist! Mungkin aja, lagu favoritmu bakal diputar. Jangan lupa, tema busananya warna hijau mint, ya!

Event Jakarta Noraebang with Hybe Playlist

Alamat: Mural Area M Bloc Space, Jalan Panglima Polim No. 37, RT 1/RW 1, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12160

Hari, tanggal: Sabtu, 19 Agustus 2023

Jam operasional: 17:00 WIB

Perhentian terdekat: Stasiun MRT Blok M BCA, Halte CSW, Terminal Blok M, dan Stasiun Kebayoran
 

Jangan Tersesat di Jakarta

Apakah kamu sudah memutuskan mau pergi ke mana? Apapun rencananya, pasti bakal seru! Sudah tahu bagaimana cara mencapai tempat-tempat tersebut? Mau naik kereta atau bus, JAKIsi aplikasi super Jakarta akan membantu kamu!
 

Kamu dapat menggunakan fitur Peta di JAKI. Secara umum, fitur ini menunjukkan titik-titik fasilitas umum di Jakarta. Selain itu, pastinya kamu bisa menemukan perhentian terdekat dengan mudah. Jangan lupa untuk mengaktifkan lokasi perangkatmu terlebih dahulu, karena ini adalah fitur berbasis geotagging. Ikuti instruksi berikut:

  1. buka JAKI;

  1. pilih fitur Peta;

  1. lihat bagian Transportasi;

  1. pilih opsi seperti Bus Stop  (halte Mikrotrans), Halte TJ (Halte Transjakarta), Stasiun MRT, atau Stasiun LRT. Misalnya, kamu memilih Bus Stop. Lalu, akan terlihat halte Mikrotrans terdekat berjarak 140 meter dari lokasimu, sementara halte Transjakarta berjarak 177 meter.

Fitur Peta di JAKI untuk melihat halte bus JakartaFitur Peta di JAKI untuk melihat halte bus Jakarta

 

Kalau kamu mau naik transportasi publik, pastinya enggak mau terlambat, kan? Inilah mengapa kamu perlu memeriksa jadwal terlebih dahulu. Fitur Transportasi Publik di JAKI akan membantumu tiba tepat waktu. Fitur ini memberikan detail tentang rute, tarif, dan tentu saja jadwal moda transportasi umum di Jakarta. Sebagai contoh, katakanlah tujuanmu Stasiun MRT Bendungan Hilir. Untuk melihat jadwal, ikuti langkah-langkah sederhana ini:
 

  1. buka JAKI;

  1. pilih Transportasi Publik;

  1. klik opsi MRTJ.

  1. pilih Bendungan Hilir.

 

Akan tampak bahwa waktu keberangkatan tercepat adalah pukul 14:32. Gampang, kan! 

Fitur Transportasi Publik di JAKI

Kamu juga dapat melihat moda transportasi lain yang tersedia. Ketik "Bendungan Hilir" di bilah pencarian, nanti akan ditampilkan ada Halte Transjakarta dan Mikrotrans.

 

Fitur Transportasi Publik di JAKIFitur Transportasi Publik di JAKI
 

Baca jugaIntegrasi Transportasi Jakarta dalam Satu Aplikasi JakLingko
 

Bayar-bayar Makin Gampang

Berkeliling di Jakarta mungkin enggak afdol tanpa mengonsumsi sesuatu. Barangkali kamu butuh makanan atau minuman. Seperti yang kita semua tahu, pembayaran menggunakan QRIS sekarang sangat membantu semua orang. Kalau kamu nasabah Bank DKI, Smartcitizen bisa bertransaksi menggunakan QRIS di JAKI! Aktifkan JakOne Pay di Aplikasi Mobile JakOne, lalu hubungkan akun kamu di JAKI.
 

JakOne Pay di JAKI

 

Ketika akunmu sudah terhubung, tampilannya akan terlihat seperti ini.
 

 

Baca juga: Transaksi Lebih Mudah di JAKI lewat Fitur JakOne Pay


Yakin, deh, nanti kamu bakal siap untuk pergi ke tujuan yang dipilih. Kalau kamu enggak mau ketinggalan acara-acara menarik lainnya, tetap pantau media sosial Jakarta Smart City, ya. Ikuti juga media sosial JAKIyang bisa bantu kamu beraktivitas di Jakarta. Selamat bersenang-senang!

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.