20 Apr 2020

Lihat Lebih Dekat Fitur-Fitur corona.jakarta.go.id

Oleh:Aditya Gagat Hanggara

Editor:

20 Apr 2020

Sebagai bentuk keterbukaan informasi publik di tengah bencana pandemi virus korona, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuat situs Jakarta Tanggap COVID-19 di corona.jakarta.go.id. Melalui situs ini, masyarakat bisa melihat data, informasi, dan situasi terkini mengenai kasus COVID-19 di Ibu Kota. Berikut penjelasan ringkas mengenai fitur-fitur yang tersedia.

Nomor Darurat

Pemprov DKI Jakarta telah membentuk Posko Tim Tanggap COVID-19 untuk menjawab pertanyaan dari masyarakat seputar pandemi virus korona. Layanan ini bisa dihubungi melalui tiga nomor darurat yakni 112, 081-112-112, dan 081-388-376-955.

Ketahui Apa Itu COVID-19

Sifat ataupun karakteristik penyebaran pandemi COVID-19 masih belum dipahami sepenuhnya oleh sebagian masyarakat Jakarta. Maka dibutuhkan sebuah kolom informasi pada situs untuk menjawab beberapa pertanyaan mendasar seperti:

Apa Itu COVID-19?

Bagaimana COVID-19 Menular? 

Seperti Apa Gejala COVID-19?

Periksa Mandiri

Masyarakat yang merasakan gejala mirip COVID-19 bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri (self-assessment). Sesuai dengan jawaban yang diberikan, kamu akan mendapat arahan terkait langkah penanganannya.

Cara Melindungi Diri dari COVID-19

Ketahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk membantu menghambat penyebaran pandemi COVID-19, mulai dari imbauan untuk tetap di rumah, sampai larangan menimbun masker atau alat medis lainnya. 

 

Memantau Data Kasus COVID-19

Dengan mengunjungi menu Data, kamu bisa mendapatkan data terkini tentang jumlah kasus COVID-19 di Jakarta, baik yang sudah terkonfirmasi positif maupun yang termasuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

Mapping Kasus

Pada bagian Mapping, kamu juga bisa melihat jumlah kasus ODP, PDP, dan Positif pada setiap kecamatan yang tersebar di lima kota administratif DKI Jakarta.

Jenis Kelamin dan Kelompok Umur

Fitur data juga menyediakan grafik gender dan kelompok umur. Selain melihat persentase jenis kelamin, kamu juga bisa mengetahui jumlah kasus ODP, PDP, dan positif COVID-19 pada setiap kelompok umur.

Tabel Akumulasi

Dengan adanya tabel akumulasi, kamu bisa melihat data historis kasus ODP, PDP, dan Positif COVID-19 di Jakarta yang sudah terekam di dalam situs sejak tanggal 1 Maret 2020.

Grafik Tren Jumlah dan Penambahan Kasus

Kurva penyebaran kasus COVID-19 ikut ditampilkan melalui grafik tren, tidak hanya di wilayah Jakarta tapi juga Nasional sebagai perbandingan. Sementara di sebelah kanan, kamu bisa mengetahui jumlah penambahan kasus positif, sembuh, dan meninggal per harinya.

Grafik Rapid Test

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mendistribusikan sekitar 164 ribu perangkat medis ke lebih dari 100 fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan rapid testing. Melalui grafik ini, kamu bisa mengikuti progresnya dengan melihat hasil pemeriksaan serta jumlah tes yang sudah dilakukan.

Grafik Pemakaman dengan Protap COVID-19

Data mengenai jumlah pemakaman yang dilakukan dengan prosedur tetap (Protap) COVID-19 terekam dalam grafik ini. Berdasarkan protap tersebut, jenazah terlebih dulu dibungkus dengan kantung plastik untuk mencegah penyebaran virus, sebelum kemudian dimasukkan ke peti. Tidak lebih lama dari empat jam setelah pasien meninggal, jenazah sudah harus dimakamkan dan dikerjakan oleh para petugas yang dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD). 

Melihat Data Bantuan Sosial

Selain memantau perkembangan kasus COVID-19, kamu juga bisa melihat data mengenai pendistribusian bantuan sosial (bansos) selama bencana pandemi di Jakarta. Pada peta, kamu bisa mengetahui informasi wilayah distribusi bansos serta jenis bansos yang diterima. Kamu juga bisa melihat jumlah KK per RW yang sudah mendapat bantuan melalui grafik RW Penerima Bantuan. Progres penyaluran bansos di wilayah administrasi Jakarta juga ikut ditampilkan dalam bentuk persentase di grafik paling bawah.

Peta Kasus

Kamu bisa memantau titik lokasi penyebaran COVID-19 di setiap kelurahan melalui fitur Peta Kasus. Data yang ditampilkan tidak hanya kasus yang sudah positif (titik merah), tapi juga yang masih menunggu hasil (titik kuning). Terdapat juga titik lokasi rumah sakit rujukan serta data jumlah kasus positif di DKI Jakarta yang meliputi pasien dalam perawatan, pasien yang dinyatakan sembuh, pasien yang meninggal, dan pasien yang melakukan isolasi mandiri.

Peta Kronologis

Pergerakan beberapa kasus COVID-19 yang ada di Jakarta bisa kamu lacak melalui fitur Peta Kronologis. Kamu juga bisa melihat histori perjalanan dan mengetahui titik-titik lokasi yang sempat dikunjungi pasien.

Peta Persebaran

Berkolaborasi dengan Peta Arcgis milik Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta, kamu bisa melihat jumlah data kasus positif hingga jumlah pasien dirawat, sembuh, meninggal, dan isolasi mandiri di masing-masing kelurahan.

Publikasi

Pastikan agar sumber Anda andal dan berdasarkan fakta yang sebenarnya. Periksa fitur Publikasi melalui corona.jakarta.go.id untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pengembangan kasus COVID-19 di Jakarta. Infografis dan dokumen berisi kiat harian untuk tetap sehat selama pandemi hingga peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah provinsi.

Infografik

Selama pandemi, pastikan kamu mendapatkan informasi tentang COVID-19 dari sumber yang sudah terverifikasi. Pada bagian Publikasi, kamu bisa melihat dan mengunduh infografis resmi yang telah dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta.

Dokumen

Berita dan kabar terbaru terkait mitigasi COVID-19 bisa kamu temukan pada bagian dokumen. Sama halnya seperti infografik, semua rilis pers yang ditampilkan merupakan rilis resmi dari Pemprov DKI Jakarta. 

FAQ

Ketahui lebih banyak tentang pandemi COVID-19 dengan melihat lebih dari 60 pertanyaan beserta jawabannya, mulai dari “Siapa yang termasuk dalam ODP?” hingga pertanyaan seputar Program Bantuan Sosial di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) COVID-19. 

Kontak

Temukan informasi lengkap mengenai rumah sakit rujukan pada halaman kontak. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui nomor kontak Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) untuk ikut berkolaborasi dalam melawan pandemi COVID-19.

Artikel Covid-19 Lainnya

Vaksinasi booster kedua ada di Puskesmas Kecamatan dan RSUD. Gak perlu daftar, kamu tinggal bawa KTP atau tiket vaksinasi. Baca selengkapnya di sini.

Sudah dapat vaksin booster kedua? Berikut panduan vaksinasi di Jakarta untuk jadi acuan kamu jika ingin mendaftar. Baca di sini.

Vaksin Covid-19 sudah ada di depan mata. Mari kita gali lebih dalam alasan mengapa kamu harus vaksinasi Covid-19!

Apakah kamu masih ragu untuk divaksinasi? Tidak perlu khawatir. Vaksinasi Covid-19 ini aman dan punya banyak manfaat, loh.

Booster kedua Covid-19 sudah ada di fasilitas kesehatan Jakarta. Punya pertanyaan terkait pendaftarannya atau vaksin? Dapatkan jawabannya di sini.

Vaksin booster kedua udah ada di Jakarta! Apa aja sih manfaatnya? Cari tahu di sini, ya.