14 Jul 2022

Cara Akses Perpustakaan Jakarta Pakai JAKI

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

14 Jul 2022

Sudah tahu kan kalau Perpustakaan Jakarta kembali dibuka? Nah, sebelum kamu datang ke sana, pastikan terlebih dahulu kamu sudah melakukan reservasi ataupun menjadi anggota perpustakaan apabila ingin meminjam buku. Namun, kamu perlu mengakses layanannya melalui situs perpustakaan.jakarta.go.id. Biar lebih mudah, kamu bisa mengakses layanan Perpustakaan Jakarta lewat aplikasi JAKI. Nah, seperti apa sih layanannya? Yuk, baca artikel ini ya!

Temukan Pintasan Akses di Beranda JAKI


 

Layanan Perpustakaan Jakarta telah terintegrasi dalam aplikasi JAKI. Untuk memanfaatkan layanan tersebut, kamu bisa memilih banner yang bertuliskan Perpustakaan Jakarta di beranda JAKI. Setelah mengklik banner tersebut, kamu bisa berselancar ria untuk melihat berbagai pilihan buku, mendaftar keanggotaan perpustakaan, atau mengisi buku tamu sebagai reservasi kunjungan ke perpustakaan. Intip yuk, seperti apa sih bentuk tampilan layanannya!

Bisa Lihat Buku atau Buat Keanggotaan Perpustakaan

Setelah mengklik banner, kamu akan dibawa langsung ke beranda situs perpustakaan.jakarta.go.id. Di situ kamu dapat melihat berbagai jenis buku, dari novel remaja, fiksi anak, komik, buku belajar bahasa, hingga biografi. Jadi, kamu bisa cek koleksi buku yang tersedia, sekaligus membaca sinopsisnya. 

 

Misalnya, kamu memilih judul bukuThe Alpha Girl’s Guide. Kamu bisa melihat deskripsi dan detail buku, sehingga punya gambaran sebelum membaca bukunya. Selain itu, kamu bisa melihat pilihan rekomendasi buku lain yang serupa genrenya. Di beranda tadi, kamu juga dapat mencari buku yang kamu ingin baca. Namun, untuk peminjaman buku belum bisa dilakukan secara daring, jadi kamu perlu datang langsung ke Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat.

Sebelum datang ke perpustakaan, kamu perlu melakukan reservasi dengan memilih fitur isi buku tamu. Caranya, di beranda kamu pilih “Jelajahi”. Setelah itu, di bagian isi buku tamu, kamu akan diarahkan untuk mengisi formulir. Pada bagian garis tiga yang terletak di pojok kiri atas, kamu bisa memilih ingin reservasi sebagai anggota, non-anggota (umum/anak), atau rombongan. Lalu, kamu bisa mengisi lokasi Perpustakaan Jakarta - Cikini, tanggal kunjungan, serta nomor induk kependudukan (NIK). Sesudah mengisi formulir, jangan lupa klik “submit”. Kemudianm kamu akan diberikan barcode yang digunakan untuk di-scan sesuai dengan tanggal kunjungan yang sudah kamu pilih. 


 

Jika ingin meminjam buku atau mengakses ruang multimedia, kamu perlu membuat keanggotaan perpustakaan. Caranya, di beranda kamu memilih “akun”. Nanti kamu perlu mengisi data diri, seperti NIK, nama lengkap, nomor telepon, e-mail, dan kata sandi. Lalu, centang “pernyataan” dan kamu akan dikirimi kode OTP. Kendati proses pendaftaran sudah berhasil, kamu perlu melengkapi semua data diri dan mengunggah foto diri. 

Setelah lengkap, kamu akan diminta mengunggah e-KTP Jakarta apabila kamu warga Jakarta, atau untuk warga non-Jakarta akan diminta unggah KTP dan surat domisili/keterangan sekolah/bekerja di Jakarta. Lantas isi alamat lengkap dan klik “selesai”. Jika sudah, kamu diminta menunggu 1x24 jam proses verifikasi data yang dapat dicek pada e-mail milikmu. Apabila sudah terverifikasi, kamu bisa login saja jika ingin masuk ke beranda, 

Nah, akses layanan Perpustakaan Jakarta jadi lebih mudah kan? Jadi, jika kamu ingin buat keanggotaan di Perpustakaan Jakarta atau ingin mengintip koleksi buku yang tersedia di sana, bisa buka JAKI dan pilih banner Perpustakaan Jakarta. Yuk, unduh aplikasi JAKI lewat Google Play Storeatau App Store

Artikel JAKI Lainnya

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.