01 Jul 2024

Laman Layanan Disabilitas: Memperkuat Inklusi di Jakarta

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

01 Jul 2024

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk melayani warga secara inklusif. Salah satu pelaksanaannya adalah kehadiran situs web jakarta.go.id/layanandisabilitas. Layanan ini disediakan supaya informasi lebih mudah diakses untuk penyandang disabilitas. Dengan mengakses situs web tersebut, warga juga bisa melihat apa saja layanan disabilitas yang tersedia di Jakarta, mulai dari Kependudukan sampai Komunitas. Informasi publik yang tersedia adalah:

  1. Layanan Disabilitas Pemprov DKI Jakarta;
  2. Kamus SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia); dan
  3. Berita dan Kegiatan Inklusif.

 

Laman Layanan Disabilitas. Sumber: jakarta.go.id/layanandisabilitas

Laman Layanan Disabilitas. Sumber: jakarta.go.id/layanandisabilitas

 

Fitur Aksesibilitas

Situs web jakarta.go.id/layanandisabilitas  dikembangkan sesuai WCAG (Website Content Accessibility Guidelines) atau Pedoman Aksesibilitas Konten Web. Suatu situs web akan mudah untuk diakses jika ikut menerapkan empat pedomannya: mudah dilihat (perceivable), bisa dioperasikan (operable), mudah dimengerti (understandable), dan kuat (robust). Warga bisa mengakses situs web jakarta.go.id/layanandisabilitas  yang dilengkapi 13 fitur bermanfaat, yaitu:

  1. Mode Suara;

  1. Perbesar Teks;

  1. Perkecil Teks;

  1. Skala Abu-Abu;

  1. Kontras+;

  1. Sembunyikan Gambar;

  1. Rata Tulisan;

  1. Tulisan Dapat Dibaca;

  1. Tinggi Garis;

  1. Animasi Dijeda;

  1. Kursor;

  1. Spasi Teks; dan

  1. Garis Bawahi Tautan.

 

Fitur Aksesibilitas. Sumber: jakarta.go.id/layanandisabilitas

Fitur Aksesibilitas. Sumber: jakarta.go.id/layanandisabilitas 


Fitur-fitur di atas bisa diakses dengan menekan tombol Widget Aksesibilitas yang ada di pojok kiri bawah laman. Selain itu, fitur-fitur juga bisa muncul dengan menekan CTRL + U di kibor (keyboard) perangkatmu.

 

Layanan Disabilitas Pemprov DKI Jakarta

Laman jakarta.go.id/layanandisabilitas  menyediakan informasi tentang delapan Layanan Disabilitas Pemprov DKI Jakarta. Layanan-layanan inilah yang disediakan untuk penyandang disabilitas di Jakarta. Kamu hanya perlu klik layanan yang ingin kamu baca dan situs web akan mengantarmu ke laman yang dituju. Kamu akan disambut dengan video yang menjelaskan layanan tersebut lengkap dengan transkripnya. Inilah delapan Layanan Disabilitas Pemprov DKI Jakarta.

 

Kependudukan:

Layanan ini berguna untuk memastikan kepemilikan status kependudukan bagi setiap penyandang disabilitas di Jakarta. Penyandang disabilitas bisa melakukan Pengurusan Data Kependudukan dengan metode datang ke rumah langsung, membuka stan pelayanan, hingga bekerja sama dengan yayasan atau organisasi sosial.

Pendidikan

Pendidikan adalah sektor penting untuk setiap warga Jakarta. Pemprov DKI Jakarta pun terus memenuhi hak atas pendidikan yang setara dan inklusif bagi semua warga Jakarta. Program-program yang tersedia adalah:

  • Sekolah Inklusif;
  • Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul; dan
  • Kartu Jakarta Pintar.

Kesehatan

Setiap warga Jakarta berhak mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas. Inilah layanan-layanan kesehatan yang mudah dijangkau oleh semua kalangan:

  • Jamkesjak (Jaminan Kesehatan Jakarta); dan
  • Sarana Layanan Kesehatan: ubin pemandu, kursi roda, elevator, dan petugas kesehatan yang melayani kebutuhan penyandang disabilitas.

Transportasi

Integrasi antarmoda transportasi membuat warga Jakarta mudah bepergian. Fasilitas-fasilitas di dalamnya pun perlu didesain secara inklusif supaya bisa digunakan oleh siapa saja. Di bawah ini adalah fasilitas-fasilitas transportasi untuk penyandang disabilitas: 

  • Bus Sekolah Khusus Disabilitas;
  • Sarana Prioritas; dan
  • Stiker Khusus Disabilitas.

Layanan Sosial

Hak dan kebutuhan penyandang disabilitas perlu dijamin ketersediaannya. Pemprov DKI Jakarta pun mewujudkan kesetaraan hidup warga dengan menghadirkan layanan sosial khusus bagi penyandang disabilitas, seperti:

  • KPDJ (Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta);
  • Alat Bantu Disabilitas: ABF (Alat Bantu Fisik); dan
  • UILS (Unit Informasi Layanan Sosial).

Karier

Penyandang disabilitas berhak untuk maju dan berkembang tanpa diskriminasi. Berikut ini adalah program-program keahlian di Jakarta yang berguna untuk penyandang disabilitas:

  • ULD (Unit Layanan Disabilitas) Ketenagakerjaan; dan
  • Pelatihan Jakpreneur.

Fasilitas Umum

Ruang publik di Jakarta perlu menarik untuk dikunjungi sekaligus bersifat ramah disabilitas. Fasilitas-fasilitas umum yang memudahkan penyandang disabilitas beraktivitas di ruang publik adalah: 

  • Perpustakaan;
  • Ruang Terbuka; dan
  • Destinasi Wisata.

Komunitas

Penyandang disabilitas bebas untuk terus berekspresi dan berkumpul. Kamu bisa berbagi kisah inspiratif bersama jejaring komunitas khusus disabilitas di Jakarta. Telusuri informasinya di layanan Jejaring Komunitas Disabilitas.

 

Kamus SIBI

Mampu berbahasa isyarat adalah hal yang penting. Dengan keahlian tersebut, warga bisa berkomunikasi dengan teman-teman penyandang disabilitas. Kalau kamu menggulir laman situs web jakarta.go.id/layanandisabilitaske bawah, kamu akan menemukan konten Kamus SIBI  (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia). Di konten ini, kamu bisa mempelajari petunjuk hingga kosakata bahasa isyarat.
 

Kamus SIBI. Sumber: pmpk.kemdikbud.go.id/sibi/kosakata

Kamus SIBI. Sumber: pmpk.kemdikbud.go.id/sibi/kosakata

 

Berita dan Kegiatan Inklusif

Situsweb jakarta.go.id/layanandisabilitas memiliki informasi berupa Berita dan Kegiatan Inklusif. Di bagian Berita, kamu bisa melihat apa saja yang dilakukan Jakarta saat ini untuk melayani penyandang disabilitas. Bagian Kegiatan Inklusif menampilkan informasi tentang berbagai acara yang bisa diikuti.

Pemprov DKI Jakarta akan selalu merangkul setiap harapan dan mimpi warganya, termasuk penyandang disabilitas. Mudah-mudahan, Layanan Disabilitas bisa menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan berkeadilan. Semua warga Jakarta berhak untuk memiliki kesempatan yang sama dan mencapai potensinya. Yuk, wujudkan Jakarta yang ramah dan inklusif untuk semua!

Baca juga: Jakarta Luncurkan Bus Sekolah Disabilitas


Semoga, dengan kehadiran layanan disabilitas dalam jakarta.go.id/layanandisabilitas, informasi dan layanan publik menjadi lebih mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat. Ini merupakan langkah maju menuju Jakarta yang semakin inklusif. Kamu pun bisa ikut berkontribusi dengan menyebarkan informasi ini. Enggak mau ketinggalan berita tentang layanan disabilitas? Jangan lupa ikuti media sosial @jsclab, ya!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Governance Lainnya

Pemerintah Jakarta menerapkan pembebasan pajak supaya warga terbantu. Jenis pembebasan dan kriterianya berbeda-beda. Yuk, baca di sini!

Jakarta memiliki visi untuk menjadi kota global. Lalu, bagaimana cara untuk mewujudkannya? Simak capaian-capaiannya di sini!

Laman jakarta.go.id/layanandisabilitas dibuat supaya informasi lebih mudah diakses. Dari informasi Kependudukan sampai Komunitas, yuk, cek di sini!

Akta kematian adalah hal penting untuk diurus. Namun, jangan khawatir. Simak caranya di sini.

Sehubungan dengan musim hujan, berikut laporan warga terkait banjir dan tidak lanjutnya periode Januari-Februari 2024.

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!