03 Sep 2024

Kunjungan Paus Fransiskus: Pengalihan Lalu Lintas Hingga Rute Transjakarta

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara

03 Sep 2024

Dalam rangka mendukung kunjungan dan Misa Akbar Paus Fransiskus yang akan berlangsung pada 4 dan 5 September 2024 di Jakarta, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta merilis informasi terkait pengalihan lalu lintas, pengaturan parkir bus, halte Bus Rapid Transit (BRT), hingga pemberhentian bus di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) bagi jemaat. Kamu merupakan salah satu jemaat yang akan menghadiri misa akbar Paus Fransiskus? Simak informasi di bawah ini. 

Pengalihan Rute Lalu Lintas Misa Akbar

Paus Fransiskus akan mengunjungi Istana Negara pada 4 September 2024 untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo, pukul 10.00 WIB. Lalu, Paus akan berkunjung ke Gereja Katedral pada  pukul 16.00 WIB. Hari berikutnya, 5 September 2024, Paus bakal ke Masjid Istiqlal pada pukul 08.30 WIB, yang dilanjutkan dengan Misa Akbar di Stadion Utama GBK mulai pukul 15.30 WIB. 

Berkaitan dengan kegiatan tersebut, ada pengalihan rute lalu lintas di tiga lokasi tersebut, sebagai berikut. 

Rabu, 4 September 2024 - Pada hari pertama, pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan di sekitar Gereja Katedral, terutama yang berasal dari arah selatan (Bundaran HI, Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju timur (Stasiun Senen). Kendaraan akan diarahkan untuk melalui jalan-jalan alternatif, termasuk Jalan Thamrin sisi barat, Jalan Medan Merdeka Barat sisi barat, Jalan Majapahit, Jalan Juanda, Jalan Pos, Jalan Gunung Sahari, dan seterusnya.

Kamis, 5 September 2024

  • Pada hari kedua, pengalihan serupa akan dilakukan di sekitar Masjid Istiqlal. Lalu lintas dari arah selatan menuju timur akan dialihkan melalui rute yang sama dengan hari sebelumnya. Sementara itu, kendaraan dari arah timur (Menteng) yang menuju ke barat (Tanah Abang) disarankan menggunakan Jalan H.O.S. Cokroaminoto, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Mas Mansyur, dan seterusnya.

Pengaturan Parkir Bus Misa Akbar 

Untuk mendukung kegiatan Misa Akbar di GBK pada 5 September 2024, sebanyak 1.510 bus jemaat akan ditempatkan di tujuh lokasi parkir yang tersebar di sekitar Jakarta, yaitu:

  • RNI/Aldiron yang dapat menampung 300 bus;
  • Smesco Indonesia dengan kapasitas 50 bus;
  • PPK Kemayoran yang mampu menampung 550 bus;
  • Museum Purna Bakti dengan kapasitas 200 bus;
  • Catur Pratama Mandiri/PPD yang dapat menampung 100 bus;
  • Pool Tj Cawang yang dapat menampung 200 bus;
  • Tj Kampung Rambutan dengan kapasitas 110 bus.

Pengaturan ini diharapkan dapat membantu kelancaran acara dan mengurangi kepadatan lalu lintas di area sekitar lokasi kegiatan. Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk mematuhi pengalihan arus lalu lintas yang telah ditetapkan dan menggunakan jalur alternatif yang tersedia.

Halte Transjakarta di Sekitar Gelora Bung Karno 

Bagi pengguna transportasi umum, jangan khawatir! Di bawah ini adalah halte Transjakarta di sekitar GBK beserta rute busway yang melewatinya: 

 

Supaya lebih gampang cek rute dan jadwal bus Transjakarta, kamu bisa menggunakan fitur Transportasi Publik di aplikasiJAKI. JAKI dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Storeatau Apple App Store. Itu tadi informasi yang Smartcitizen butuhkan, baik untuk yang ingin datang ke misa akbar Paus Fransiskus maupun pengguna jalan. Semoga artikel ini berguna buatmu, ya. 

Artikel Smart Mobility Lainnya

Pin prioritas Transjakarta membantu penumpang prioritas diidentifikasi dan mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan. Cek cara mendapatkannya di sini.

Kunjungan dan Misa Akbar Paus Fransiskus akan diselenggarakan 4 dan 5 September. Cek pengalihan lalu lintas hingga rute Transjakarta di sini.

Jangan langsung pergi. Setelah tap out, silakan minta stempel stasiun MRT Jakarta. Cek caranya di sini, yuk!

Kamu sering naik Transjakarta? Per Agustus 2024, beberapa haltenya punya nama dan wajah baru, lo. Yuk, baca di sini supaya enggak ketinggalan!

Sistem ganjil-genap (gage) berlaku di Jakarta. Inilah 25 ruas jalan yang menerapkannya per Juli 2024, lengkap dengan aturan dan jadwal.

Jakarta punya 32 bus sekolah rute reguler dan 15 bus sekolah rute zonasi, loh. Ini daftar rute, waktu operasi, dan sekolah yang dilewati.