26 Okt 2023

Kontak Darurat JAKI: Akses Pertolongan Genting di Jakarta

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Amira Sofa

26 Okt 2023

Situasi alam di Jakarta akhir-akhir ini membuat kita harus selalu waspada. Cuaca panas yang disebabkan oleh El Niño  membuat tidak nyaman, bahkan jika kita lalai, berpotensi menyebabkan bencana seperti kebakaran. Ketika situasi genting seperti itu terjadi, akses kepada kontak darurat adalah kunci untuk menyelamatkan segalanya, termasuk nyawa. 


Pemerintah Provinsi Jakarta pun menyediakan aplikasi super (super-appJAKI  yang dilengkapi dengan fitur Kontak Darurat. Fitur ini memungkinkan kita untuk menyimpan daftar kontak penting yang dapat diakses dengan cepat saat situasi membutuhkan respons atau pertolongan segera. Supaya kita semua tetap aman, simak serba-serbinya di bawah, yuk!

Akses Fitur Kontak Darurat di JAKI

Fitur Kontak Darurat di JAKI adalah fitur yang berisi nomor-nomor penting kala genting. Dari beberapa nomor penting tersebut, tinggal hubungi kontak yang sesuai dengan kebutuhan dari kondisi darurat yang kamu alami.

Cara aksesnya pun mudah dan cepat. Mula-mula, unduh JAKI di perangkat kamu, tersedia di  Google Play Storeatau Apple App Store. Lalu, catat cara menggunakannya, yuk! Simak di bawah, ya:

  1. Ketik Kontak Darurat di bilah pencarian JAKI;
  2. pilih fitur Kontak Darurat;
  3. klik nomor kontak yang ingin kamu panggil;
  4. nomor darurat muncul di perangkat kamu; dan
  5. tekan panggil.
Akses Kontak Darurat di JAKI

Daftar nomor-nomor kontak darurat di JAKI
 

Kamu juga bisa mengikuti cara-cara lain, seperti:

  1. Lewat Beranda:
  • klik tombol Semua di halaman Beranda JAKI; dan
  • pilih kontak Darurat di bagian Laporan dan Kedaruratan.

  1. Jelajahi berdasarkan kategori:

  • gulir ke bawah halaman Beranda;
  • lihat di bagian Jelajahi Berdasarkan Kategori; 
  • geser layar ke kiri dan pilih Laporan dan Kedaruratan; lalu
  • klik Kontak Darurat.
     
Akses Kontak Darurat di JAKI

Kategori Laporan dan Kedaruratan di JAKI untuk mengakses fitur Kontak Darurat

 

Sampai sekarang, fitur ini mencakup nomor-nomor seperti:

  • Jakarta Siaga: Pertolongan keadaan darurat yang mengancam nyawa di Jakarta, seperti darurat medis, gangguan keamanan, bencana alam, kecelakaan, kekerasan dalam rumah tangga, dan kecenderungan bunuh diri.
  • Layanan Informasi dan Nomor: Informasi seperti kode area domestik dan kode area internasional berdasarkan layanan pelanggan Telkom.
  • PMI (Palang Merah Indonesia): Bantuan untuk menyelamatkan nyawa atau dari  korban bencana yang membutuhkan donor darah.
  • Polisi: Penanganan pelaporan seperti kriminalitas kecelakaan, bencana, atau kerusuhan, serta penanganan pengaduan semacam penghinaan, ancaman, dan tindak kekerasan.
  • Posko Bencana Alam: Penyelamatan korban saat terjadi bencana alam, seperti banjir, dan gempa bumi, untuk meminta pertolongan sandang, pangan, atau tempat berlindung.
  • Posko Kewaspadaan Nasional: Bantuan keamanan berskala nasional.
  • SAR (Search and Rescue): Bantuan pencarian, pertolongan, atau penyelamatan manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang dalam bencana.
  • Sentra Informasi Keracunan: Pertolongan untuk korban keracunan, pencegahan keracunan, dan informasi tentang bahan dengan potensi keracunan.

Fitur-Fitur Laporan dan Kedaruratan Lainnya di JAKI

Integrasi nomor-nomor di atas dalam fitur Kontak Darurat bakal mempercepat proses pelayanan urgen. Dengan begini, kamu pun bisa mengurangi risiko dari kedaruratan yang dihadapi. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta memberikan pertolongan darurat lainnya lewat fitur-fitur JAKI, seperti:

  • Laporan Warga: layanan untuk melaporkan masalah-masalah di Jakarta berupa Lapor Foto atau Lapor Video yang mengutamakan keamanan data pelapor.
  • Ambulans: panggilan ambulans 24 jam dengan gratis. Sebelum menggunakan fitur ini, jangan lupa untuk menyalakan lokasi perangkat, supaya ambulans bisa menjemput ke lokasi. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel (handphone/HP) supaya petugas bisa menghubungi kamu. Lalu, silakan tekan tombol darurat selama tiga detik di layar. 

Bijak Menggunakan Layanan

Layanan-layanan kala genting ini tentunya akan sangat berguna untuk keselamatan kita semua. Namun, selalu ingat untuk bijak saat menggunakannya, ya. Kamu sangat dianjurkan untuk menggunakannya pada saat gawat darurat. Jika ada penggunaan layanan darurat tanpa alasan yang benar, bantuan untuk warga yang membutuhkan pun akan tertunda.

Mari manfaatkan kemudahan ini untuk kenyamanan kita semua! Kamu perlu informasi lebih lanjut tentang layanan darurat di Jakarta? Yuk, ikuti media sosial Jakarta Smart City  dan @jakisuperapp!

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!