26 Sep 2024

Cara Gampang Mengakses Konsultasi Psikologi di Jakarta

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

26 Sep 2024

Juvenal, sang penyair Romawi, pernah bilang, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Ini berarti, keseimbangan antara kesehatan mental dan fisik penting untuk dijaga. Kalau kamu butuh tempat-tempat keren untuk berolahraga, kita pernah membahasnya di sini. Sekarang, kita bakal mengulas tentang layanan konsultasi psikologi yang bisa diakses oleh warga Jakarta. Ini bisa menjadi salah satu caramu untuk menjaga kesehatan mental. Yuk, cek di bawah!

 

Mengakses konsultasi psikologi di Jakarta

Mengakses konsultasi psikologi di Jakarta

 

 

Penting Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental atau jiwa seseorang berdampak kepada kehidupannya. Jadi, jika ia memiliki kesehatan mental yang baik, kehidupannya bisa berjalan dengan baik pula. 

World Health Organization (WHO)  pun menetapkan bahwa 10 Oktober  adalah World Mental Health (Hari Kesehatan Jiwa Sedunia). WHO juga menganggap serius isu bunuh diri. Bulan ini, tepatnya pada 10 September, merupakan World Suicide Prevention Day (Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia). Gejala-gejala  dari tindakan bunuh diri bisa dilihat dari kesehatan mental seseorang: 

  • kesedihan;
  • kecemasan;
  • perubahan suasana perasaan;
  • keresahan;
  • kebingungan;
  • cepat marah;
  • penurunan minat terhadap aktivitas sehari-hari seperti kebersihan, penampilan, makan, sulit tidur;
  • susah untuk mengambil keputusan;
  • perilaku melukai diri dan menyakiti diri sendiri seperti tidak mau makan; dan 
  • mengisolasi diri.
     

Jika kamu menemukan gejala-gejala tersebut dalam dirimu sendiri atau orang lain, jangan abaikan, ya. Selalu ada bantuan untukmu dan orang-orang di sekitarmu. Dengan mulai menceritakan apa yang kamu rasakan, langkah ini bisa membantumu. Mendapat dukungan profesional dengan mengikuti konsultasi psikologi pun menjadi salah satu jawaban.

Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr. Eka Viora, Sp.KJ mengatakan, pencegahan bunuh diri bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk pemerintah. “Bunuh diri dapat dicegah. Semua anggota masyarakat dapat melakukan tindakan yang akan menyelamatkan kehidupan dan mencegah bunuh diri kepada individu dan keluarga. Sangat dibutuhkan kerja sama yang erat antara individu, keluarga, masyarakat, profesi, dan pemerintah untuk bersama mengatasi masalahnya,” jelasnya.

 

Layanan Konsultasi Psikologi di Jakarta

Pemerintah Provinsi Jakarta menghadirkan sarana layanan konsultasi psikologi dalam jaringan (online) untuk warga Jakarta bernama Sahabat Jiwa. Layanan ini disedikan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Dengan layanan ini, kamu bisa menceritakan masalahmu kepada psikolog profesional secara anonim dan di mana saja.

Tertarik untuk menggunakan layanan Sahabat Jiwa? Bisa pakai JAKI! Cukup unduh aplikasinya secara gratis. Setelah itu, ikuti caranya:

  1. buka JAKI;

  1. ketik “Konsultasi kesehatan mental” di bilah pencarian;

  1. klik tombol pojok kanan atas dan pilih Login;

  1. kamu bisa menggunakan berbagai layanan di dalamnya: Curhat OnlineHealth Evaluation Report, dan Panic Button.

 

Layanan-layanan Sahabat Jiwa

  • Curhat Online: ceritakan masalah yang kamu miliki di kolom yang tersedia. Setelah itu, Konselor Psikolog Profesional akan menjawabmu. Layanan ini bisa kamu gunakan setelah masuk ke akun Sahabat Jiwa.
  • Health Evaluation Report: lakukan tes evaluasi diri supaya Konselor Psikolog Profesional lebih memahami pertolongan yang kamu butuhkan.
  • Panic Button: tombol darurat yang bisa digunakan ketika membutuhkan bantuan secepatnya. Gunakan layanan ini setelah resmi diluncurkan.
     

Layanan Sahabat Jiwa yang bisa diakses di JAKI

Layanan Sahabat Jiwa yang bisa diakses di JAKI

 

 

Berminat buat datang langsung ke Puskesmas? Fitur ini juga bisa memberikan informasi yang kamu butuhkan. Di sini, kamu bisa melihat daftar Puskesmas terdekat.

Menemukan lokasi konsultasi psikologi di Puskesmas terdekat lewat JAKI

Menemukan lokasi konsultasi psikologi di Puskesmas terdekat lewat JAKI

 

Memberi dukungan kecil kepada dirimu sendiri dan orang lain bisa menjadi langkah besar untuk mereka. Dengan saling bantu dan peduli, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih positif untuk semua orang. Jadi, yuk, terus jaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental kita! Keduanya bisa menjadi fondasi utama untuk hidup yang sehat serta bahagia. 


Silakan sebarkan informasi di artikel ini untuk mereka yang membutuhkan, ya.  Sebagai warga kota cerdas, kamu pun bisa menggunakan aplikasi super (super-app) JAKI untuk berbagai kebutuhanmu di Jakarta, tersedia di Google Play Storeatau App Store. Gratis! Kalau mau lihat informasi tentang layanan-layanan di Jakarta lainnya, ikuti @jsclab, yuk!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Living Lainnya

Semua orang bisa mengikuti konsultasi psikologi, termasuk kamu. Dengan menggunakan layanannya, kamu bisa sehat secara mental. Yuk, bahas di sini!

CCTV Jakarta bisa dimanfaatkan untuk memantau hujan dan lalu lintas. Cari tahu cara aksesnya di sini.

Hati-hati dalam menggunakan listrik di rumah! Langkah-langkah ini perlu kamu ketahui untuk mencegah kebakaran.

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.