07 Jan 2022

Kilas Balik Jakarta Smart City 2021

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

07 Jan 2022

Transisi dari akhir tahun menuju tahun baru biasanya lekat dengan refleksi dan resolusi. Umumnya, kita melihat kembali seluruh kerja keras dan mungkin kegagalan yang terjadi sepanjang satu tahun, lalu menyusun strategi baru sembari mempertahankan yang sudah baik serta membenahi yang memang harus diperbaiki. Jakarta Smart City (JSC) pun demikian. Selama setahun, Tim JSC bekerja keras melayani warga Jakarta. Mulai dari menghadirkan fitur-fitur terbaru di JAKI, melayani keluhan masyarakat, sampai sosialisasi seputar program-program Pemprov DKI Jakarta kepada Smartcitizen. Yuk, kita lihat lagi, apa saja yang sudah diraih oleh JSC selama 2021.

2.683.325 Pengunduh pada 2021

Sampai akhir 2021, dua juta lebih warga Jakarta sudah mengunduh JAKI, baik melalui Play Store maupun App Store. Salah satu fitur JAKI yang menjadi bintang tahun ini adalah Pendaftaran Vaksinasi Covid-19. JAKI menjadi platform yang memudahkan warga Jakarta untuk mengakses vaksin Covid-19 tanpa harus mengantre di fasilitas kesehatan. Berbagai respons Smartcitizen bahkan meramaikan media sosial Jakarta Smart City, sebagai bukti betapa besar antusiasme warga Jakarta agar segera mendapat vaksin. Terima kasih ya, Smartcitizen, untuk semangatmu yang ingin memulihkan Jakarta kembali.

Baca juga: Kaleidoskop JAKI Melayani Jakarta Selama 2021

Deretan Penghargaan untuk Jakarta Smart City dan JAKI

Meski dalam kondisi serba terbatas akibat pandemi, Jakarta Smart City selaku pengembang aplikasi JAKI terus bertumbuh dan berkembang. Selain mencapai dua juta pengunduh, berikut sederet penghargaan yang diterima JSC dan JAKI.

Champion Project di WSIS Prizes 2021

Prestasi Jakarta Smart City pada 2021 disambut dengan capaian JAKI dalam kategori e-Government dalam World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2021. Jakarta Smart City meraih juara kedua dan menyandang status Champion Project. Penghargaan ini tentu saja tidak lepas dari dukungan warga Jakarta yang tinggi terhadap aplikasi JAKI serta semangat kolaborasi yang selalu dikobarkan selama ini.

World Summit on the Information Society (WSIS) adalah ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU). Agenda yang sudah berjalan sejak 2013 ini memberikan penghargaan kepada instansi pemerintah, swasta, anggota masyarakat sipil, dan kemitraan di semua pemangku kebijakan yang dianggap berhasil mengimplementasikan infrastruktur teknologi dan informasi yang baik.

Penghargaan Best Future of Digital Innovation di Ajang IDC Awards 2021

Pada Oktober 2021, penghargaan datang dari International Data Corporation (IDC) Indonesia. Kali ini, Jakarta Smart City meraih kemenangan dalam kategori Best in Future Digital Innovation di ajang Future Enterprise Awards. Acara Future Enterprise Awards ini memberikan apresiasi kepada organisasi-organisasi yang telah membuat terobosan penting dalam transformasi digital di kawasan Asia Pasifik. Jakarta Smart City terpilih untuk maju sebagai wakil Indonesia melalui aplikasi JAKI. Melalui pengembangan berkelanjutan, JAKI selalu tumbuh dan berkembang dengan fitur-fitur terbaru, memudahkan masyarakat Jakarta dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk selama masa pandemi Covid-19.

JAKI Meraih Gold Medal dalam ASEAN ICT Awards

Akhir 2021 ditutup dengan manis, JAKI meraih medali emas dalam kategori Public Sector di ajang ASEAN ICT Awards yang diselenggarakan oleh ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Selain JAKI, Nodeflux dan Omnibotika dari Private Sector juga menggondol medali emas, sehingga Indonesia menjadi Juara Umum AICTA 2021.

AICTA hadir untuk memberikan penghargaan kepada instansi-instansi di wilayah ASEAN yang dianggap inovatif dan kreatif dalam pengembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). AICTA juga menjadi sarana untuk mempromosikan karya TIK negara-negara ASEAN ke tingkat global. Pemenang-pemenang penghargaan ini dibagi menjadi enam kategori: Public Sector, Private Sector, Corporate Social Responsibility (CSR), Digital Content, Start-Up Company, dan Research and Development.

Inovasi yang Lahir pada 2021

Pada masa pandemi yang serba tidak pasti, kita harus selalu adaptif terhadap perubahan. Sejumlah inovasi diciptakan oleh Jakarta Smart City untuk mengakomodasi warga Ibu Kota menghadapi perubahan ini, salah satunya adalah pendaftaran vaksinasi Covid-19. Pada 2021, fitur Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 hadir melayani Smartcitizen. Warga tidak perlu antre dan berkerumun untuk mendapatkan layanan ini.

Sistem privat otomatis dalam fitur JakLapor di aplikasi JAKI juga lahir pada 2021. Hal ini salah satunya didorong oleh fakta bahwa ketika pandemi, masih banyak orang-orang yang melanggar protokol kesehatan. Ada juga kantor yang tidak menerapkan peraturan kerja dari rumah. Oleh karena itu, agar Smartcitizen yang melapor merasa identitasnya aman, sistem privat otomatis diperketat lagi.

Kunjungan, Acara, dan Publikasi Jakarta Smart City

Pintu Jakarta Smart City selalu terbuka untuk siapapun yang ingin berkolaborasi serta belajar bersama. Oleh karena itu, JSC sering menerima kunjungan dari berbagai instansi. Pada 2021, ada sekitar 40 kunjungan yang diterima, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bank Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, sekolah, universitas, serta instansi-instansi pemerintahan dari daerah lain.

Selain kunjungan, Jakarta Smart City secara berkala mengadakan sesi mentoring, reading group, dan seminar. Tujuannya adalah memberikan ruang berdiskusi dan tentu saja bertukar pengetahuan. Acara yang pernah diadakan antara lain Reading Group Jakarta Smart City Vol. 08: Kajian Perekonomian Indonesia selama COVID-19 di Provinsi Jawa dan Bali, A Cup of Tea: Data Driven Culture with Ibu Suharti, dan Smart Change Development Lab. Tak hanya diskusi, Jakarta Smart City juga rutin menerbitkan publikasi, baik nasional maupun internasional, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Data. Sepanjang 2021, sebanyak 162 kajian telah sukses ditulis.

Terima kasih atas dukunganmu selama 2021, Smartcitizen! Yuk, teruskan lagi hal-hal baik yang sudah dilakukan di 2022!

Penulis dan Editor

Artikel Profile JSC Lainnya

Banyak hal yang dikerjakan Jakarta Smart City untuk warga Jakarta selama tahun 2021. Lihat sebagian rangkumannya di artikel berikut.

Jakarta Smart City melalui JAKI terpilih sebagai nominasi terbaik di kategori Best in Future Digital Innovation yang diselenggarakan oleh IDC Awards.