30 Jan 2023

Keseruan JSC Goes to School Bersama Zenius

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

30 Jan 2023

Berupaya membangun ekosistem digital yang inklusif, Jakarta Smart City mengadakan JSC Goes to School. Buat yang belum kenal program ini, JSC Goes to School bertujuan untuk menjembatani para pelaku digital atau industri teknologi dengan siswa-siswi yang dapat menjadi talenta digital masa depan. Adapun agenda JSC Goes To School yakni seminar daring yang mengundang narasumber dari perusahaan teknologi untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada siswa-siswi SMA, SMK, MA, serta Perguruan Tinggi. 

Pada seri pertama JSC Goes To School, Jakarta Smart City menggaet Zenius, sebuah perusahaan pendidikan berbasis teknologi. Penasaran dengan keseruan acaranya? Ingin tahu kisah di balik program JSC Goes to School? Simak artikel ini sampai habis, ya. 

JSC Goes to School: Persiapkan Talenta Digital Masa Depan 

Program JSC Goes To School merupakan program yang rutin dilakukan Jakarta Smart City dalam bentuk kunjungan ke sekolah-sekolah di Jakarta. Namun, pada tahun ini, program tersebut dikembangkan lagi dengan menggaet perusahaan teknologi untuk berkolaborasi. Kerja sama JSC Goes to School dengan para perusahaan lahir dari visi dan misi Jakarta Smart City untuk mencerdaskan warga dalam bidang teknologi informasi, termasuk di antaranya menciptakan ekosistem digital yang inklusif bagi semua kalangan serta usia.

Selain itu, ketidaksesuaian antara latar belakang pendidikan dengan pekerjaan, yang berarti, siapapun bisa terjun ke bidang teknologi, serta diperlukannya 600.000 talenta digital setiap tahunnya, membuat Jakarta Smart City semakin mantap mempertemukan para talenta muda dengan perusahaan teknologi. Dengan kehadiran program JSC Goes to School, diharapkan tercipta transfer ilmu pengetahuan, pemahaman, dan keahlian digital, serta terbuka jalur informasi magang untuk pelajar dan mahasiswa. 

JSC Goes to School adalah program JSC untuk menjembatani interaksi perusahaan teknologi dan talenta digital.

JSC Gaet Zenius untuk JSC Goes to School

Sebagai perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang pendidikan, Zenius memiliki visi yang sama dengan Jakarta Smart City dalam memberikan manfaat pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat. Oleh karena itu, Jakarta Smart City bekerja sama dengan Zenius dalam program JSC Goes to School.

Webinar yang menjadi rangkaian acara JSC Goes to School x Zenius berlangsung pada Rabu, 25 Januari 2022, pukul 13.30-15.00 WIB. Bertema “Siapkan Diri Kamu untuk Menjadi Talenta Digital Masa Depan”, webinar ini mengundang Muhammad Arditama Febrianza (Senior People Partner Zenius) dan Alika Hanoum Laksmiari (Customer Product Knowledge Jakarta Smart City) sebagai pembicara. Ada 468 peserta webinar yang berasal dari empat sekolah di Jakarta, yakni SMA 8 Jakarta Selatan, SMA 33 Jakarta Barat, SMA 20 Jakarta Pusat, dan SMA 49 Jakarta Selatan. Tim Jakarta Smart City pun berkunjung langsung ke sekolah-sekolah tersebut, untuk membimbing dan memantau webinar berjalan. 

Tak hanya mendapatkan ilmu baru dan berdiskusi langsung dengan pembicara, peserta memperoleh banyak manfaat  pula. Misalnya kesempatan mendapat 50 voucer belajar gratis dari Zenius dan 10 merchandise bagi peserta yang aktif. Selain itu, siswa-siswi juga mendapat wawasan terkait aplikasi JAKI(Jakarta Kini) dari tim Jakarta Smart City. 

Aplikasi super JAKI mengintegrasikan lebih dari 50 layanan publik dan memiliki beragam fitur yang dapat dimanfaatkan siswa dan siswi. Sebut saja JakWifi untuk menunjang kegiatan belajar, JakNaker untuk mencari lowongan pekerjaan, JakSehat untuk mempermudah siswa-siswi mengakses layanan kesehatan fisik dan mental, hingga JakLapor  untuk melaporkan masalah yang mereka temukan, baik dalam sektor pendidikan maupun lainnya. Siswa-siswi diiharapkan tak hanya mendapat bekal keahlian digital, tapi juga mampu “melek digital” lewat penggunaan aplikasi JAKI dalam kehidupan sehari-hari. 

Yuk, Jadi Peserta JSC Goes to School Berikutnya!

Melihat antusiasme peserta dan peluang besar merangkul talenta digital masa depan, Jakarta Smart City akan terus menggencarkan program kolaborasi JSC Goes to School. Kamu ingin jadi peserta? Bisa! Untuk mengikuti JSC Goes to School, daftarkan sekolah kamu dengan mengirim email ke smartcity@jakarta.go.id. Kami tunggu kehadiranmu di JSC Goes to School berikutnya, ya! 
 

Kirim email ke smartcity@jakarta.go.id untuk daftar JSC Goes to School.

Artikel Smart People Lainnya

Selain mendapat pengalaman, para peserta Data Science Trainee bisa membantu Jakarta menjadi lebih baik. Bahas keseruannya di sini!

Kamu yang suka eksplor Jakarta, mari merapat! Ada bus wisata Transjakarta Monas Explorer baru yang cocok untukmu. Simak selengkapnya di sini.

Abdi Bahasa Kepulauan Seribu menjadi kolaborasi Jakarta Smart City dan Kemendikbudristek untuk berbagi literasi digital di Pulau Tidung. Cek di sini!

Di JSCLab Sharing #7, kita belajar tentang kekuatan yang dimiliki oleh SEO. Ayo, bahas sekarang!

Pengguna transportasi umum, mari merapat! Ada protokol kesehatan baru di transportasi umum, termasuk penggunaan masker. Baca selengkapnya di sini.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2023 sudah dimulai! Ini syarat, mekanisme, hingga jadwal untuk tiap jenjang pendidikan.