Kepulauan Seribu yang Ramah Digital Nomad

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

31 Mei 2022

Apa kesan pertama ketika kamu mendengar kota Jakarta? Mungkin kamu langsung terbayang gedung-gedung tinggi nan menjulang, ramai jalanan, serta hiruk pikuk kota yang padat dan serba cepat. Tak banyak yang tahu bahwa kamu bisa menepi ke Kepulauan Seribu untuk menikmati pesona matahari terbit dan terbenam, sembari bersantai di tepi pantai nan indah.

Bekerja dari Kepulauan Seribu nan Cantik

Bayangkan kamu tiba di salah satu pulau di Kepulauan Seribu, Jakarta, misalnya Pulau Bidadari. Setelah 30 menit di atas kapal, kamu tiba di dermaga. Aroma air laut yang khas menyelinap ke dalam hidungmu. Selat Sunda yang jernih dan langit biru seakan menyambutmu.

Ini hari Senin, matamu memandang lepas ke samudera luas pada permulaan hari kerja. Setelah itu, kamu berjalan menuju tempat penginapan dan menyimpan barang-barangmu. Tidak lupa kamu mengeluarkan perlengkapan untukmu bekerja, seperti laptop dan charger. Dari penginapanmu yang dekat dengan pantai, kamu mencari tempat yang nyaman lalu mulai bekerja. Semilir angin menemanimu bertemu secara daring dengan rekan-rekan kerjamu yang berjarak ratusan kilometer. Di sela-sela waktu istirahat, kamu menikmati sajian seafood setempat yang menggugah selera. Dengan energi terisi, kamu mulai bekerja lagi di tempat berbeda dari pulau bidadari nan asri. Ketika sore menyapa, kamu menutup laptopmu. Kemudian bersepeda keliling pulau, mencari pantai yang pas untukmu menikmati matahari yang akan terbenam. Ini adalah hari pertamamu bekerja di Pulau Bidadari. Kamu tidak sabar menanti akhir pekan, untuk melakukan island hopping atau berkunjung ke pulau-pulau lain dengan menyewa kapal warga sekitar.

Begitulah kira-kira keseharianmu jika kamu adalah digital nomad atau pengembara digital yang bekerja jarak jauh di Kepulauan Seribu, Jakarta. Selain Pulau Bidadari, masih ada pulau-pulau lain di gugus Kepulauan Seribu yang tidak kalah cantik. Dari Pulau Ayer dengan berbagai fasilitas menginap yang nyaman dan dilengkapi water sport yang banyak diincar wisatawan. Pulau Onrust dengan riwayat sejarah dan spot-spot unik peninggalan zaman Belanda. Hingga Pulau Tidung dan Pulau Pari yang cocok untuk wisata menyelam dengan daya tarik bawah laut nan memikat. Bekerja dalam suasana tropis dan bentang alam yang memesona tentunya dapat meningkatkan produktivitasmu, sekaligus memberi kesempatan dirimu berlibur yang kamu butuhkan ketika pekerjaan selesai.

Dukung Pengembangan Digital Nomad Island di Jakarta

Bekerja jarak jauh atau remote working sebenarnya bukan merupakan hal yang baru. Namun, ketika pandemi Covid-19 melanda, sistem bekerja ini menjadi pilihan yang tepat bagi banyak perusahaan di dunia. Selama pandemi, kita mungkin mengenal istilah work from home atau bekerja dari rumahyang membuatmu tidak perlu lagi ke kantor. Nah, saat kondisi kini berangsur membaik, para pekerja yang sudah terbiasa bekerja jarak jauh mulai terbiasa bekerja dari mana saja (work from anywhere), baik di kafe, co-working space, taman, maupun tepi pantai yang memiliki akses internet.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan Kepulauan Seribu menjadi tempat yang tepat, sekaligus rumah bagi para digital nomad dengan meluncurkan Digital Nomad Island. Dengan kehadiran program ini, Pemprov DKI Jakarta akan terus mengembangkan fasilitas untuk para pelaku ekonomi digital, seperti akses internet gratis dan cepat, akomodasi dan lokasi ruang publik yang banyak dan nyaman untuk menjadi tempat bekerja, hingga fasilitas penunjang lainnya.

Kepulauan Seribu sebagai surga pantai di Jakarta dinilai tepat untuk menjadi spot wisata dan bekerja. Tidak hanya karena pemandangan alamnya yang indah, namun juga karena warga yang ramah, berbagai flora dan fauna nan unik, peninggalan bersejarah, dan berbagai kuliner yang akan memanjakan lidah para pengunjung.

Cari tahu informasi selengkapnya melalui website www.ancol.com atau hubungi customer care di nomor berikut: 0877–8222–2422! Nantikan selalu perkembangan terbaru terkait Digital Nomad Island di media sosial @DKIJakarta dan @JSCLab. Yuk, jadi bagian dari program ini dengan berkunjung ke Kepulauan Seribu dan membagikan keindahan Jakarta kepada dunia.

 

Artikel Digital Xperience Lainnya

Intip cerita para digital nomad yang membumikan work from anywhere hingga jadi budaya baru.

Mau suasana kerja dekat pantai tapi masih di sekitaran Jakarta? Nah, kenalan dulu yuk sama program Digital Nomad Island.

Tren bekerja dari pulau ternyata sudah difasilitasi di beberapa negara. Ada di mana saja, ya?

Mau kerja dari pinggir pantai tapi Bali terlalu jauh? Melipir ke Kepulauan Seribu yang ramah digital nomad, yuk!