01 Apr 2022

Kenalan dengan Sistem Pengendalian Banjir yang Canggih Milik Jakarta

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

01 Apr 2022

Smartcitizen, ada yang baru dari penanganan banjir di Jakarta, lho. Kamu mungkin sudah tahu kalau Jakarta terus berusaha untuk melakukan berbagai upaya mitigasi agar banjir di Jakarta dapat teratasi. Mulai dari program Gerebek Lumpur yang berupa pengerukan lumpur di berbagai titik sungai dan setu di Jakarta, hingga pembuatan sumur resapan supaya air hujan terserap secara optimal  dan tidak menimbulkan genangan. Selain itu, selama ini warga Jakarta pun dapat mengetahui titik banjir dari fitur JakPantau di aplikasi JAKI serta mengetahui berbagai informasi banjir di Jakarta lewat laman web resmi pantaubanjir.jakarta.go.id.

Nah, menambah daftar panjang upaya untuk mengatasi banjir di Jakarta, kini hadir Sistem Pengendalian Banjir berbasis Teknologi Informasi, dan Komunikasi (TIK). Penasaran dengan bagaimana sistem ini berjalan dan apa manfaatnya untuk penanganan banjir di Jakarta, simak lebih lanjut, yuk!

Berbasis IoT dan AI

Penanganan banjir di Jakarta menghadapi begitu banyak tantangan dalam penanganannya. Salah satu yang menantang selama ini adalah input data yang masih manual, sehingga informasi terkait banjir relatif  lambat dan kurang akurat dalam memprediksi banjir. Selain itu, alat deteksi banjir yang ada pun masih kurang efektif. Nah, untuk menjawab tantangan tersebut, Sistem Pengendalian Banjir hadir dengan teknologi yang canggih untuk mengetahui dan mendistribusikan informasi terkait banjir di Jakarta secara otomatis, agar dapat memprediksi potensi banjir serta menjadi dasar untuk penanganan banjir yang optimal.  Dengan begitu, sistem ini akan menjadi Platform Pengambilan Keputusan (Knowledge Management System) dalam penanganan banjir di DKI Jakarta. 

Sistem Pengendalian Banjir ini memanfaatkan teknologi berbasis Internet of Things (IoT), dengan memasang 178 alat sensor di rumah pompa wilayah Jakarta yang dapat mengukur curah hujan, getaran, suhu, tinggi muka air, serta arus air. Alat sensor IoT ini kemudian diintegrasikan dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam memproses dan menganalisis data.

Data yang masuk dari sensor yang telah dipasang tersebut akan menjadi sistem pemantauan, pengawasan, serta pengendalian banjir secara real-time. Hal ini akan memberikan gambaran yang komprehensif terhadap kondisi potensi banjir di Jakarta, sehingga menghasilkan model prediksi banjir. Gambaran dan model tersebut tidak hanya dapat menjadi peringatan dini untuk publik, namun juga bisa mendorong pembuatan data-driven policy atau kebijakan berbasis data terkait penanganan banjir di Jakarta. Di samping pemanfaatan teknologi untuk mitigasi sebelum banjir tersebut, teknologi ini dapat digunakan ketika banjir dengan pengaturan operasi pintu air dan pompa secara otomatis, tergantung kondisi real-time.

Memudahkan Pemantauan dan Pembuatan Kebijakan Berbasis Data

Data streaming dari perangkat sensor IoT yang terhubung dengan data-data kritikal di lokasi yang diproses dan dianalisis secara real-time, berperan sangat penting dalam pencegahan, persiapan, serta merespons banjir. 

Dengan Sistem Pengendalian Banjir ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat melakukan pemantauan, pengawasan, dan pengendalian banjir secara otomatis. Hal ini memudahkan aparatur Pemprov DKI Jakarta dalam mengambil keputusan untuk memitigasi banjir, sesuai potensi banjir yang ada. Begitu pula dalam pengambilan keputusan terkait manajemen aset di aliran sungai dan menentukan langkah strategis penanganan banjir di tahap pra-kejadian, kejadian, serta pasca-kejadian.

Selain berperan penting untuk aparatur pemerintahan, sistem ini nantinya  juga dapat memudahkan akses informasi kepada masyarakat terkait potensi banjir di Jakarta. 

Dukung Transformasi Jakarta

Sebagai kota cerdas, Jakarta terus berupaya untuk mengoptimalkan teknologi dan informasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota, termasuk banjir. Sistem Pengendalian Banjir ini menjadi gerbang untuk penanganan banjir yang lebih baik dan efektif di kemudian hari. 

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!