12 Des 2021

Kenalan dengan Para Kolaborator #IniJakarta, Yuk!

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

12 Des 2021

Pada 3-5 Desember 2021 lalu, Festival #IniJakarta berlangsung di Taman Lapangan Banteng. Acara ini merupakan bagian dari Festival Kolaborasi Jakarta (FKJ). Festival ini menjadi simbol merayakan kolaborasi di Jakarta melalui berbagai elemen, seperti masyarakat, pemerintah, dan lainnya. Selain itu, acara tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan identitas kota +Jakarta (Plus Jakarta). Festival ini melibatkan banyak pihak sebagai kolaborator, mencakup lebih dari 20 komunitas dan teman kolaborator lainnya. Lalu, siapa sajakah mereka? Mari kenali lebih jauh! 

Kolaborator di #IniJakarta

Sepanjang perhelatan, festival #IniJakarta menyediakan ruang kolaborasi dan penampilan spesial di panggung komunitas. Dari ruang kolaborasi terdapat beberapa komunitas, seperti:

Rame-Rame Jakarta

Yayasan Rame-Rame Jakarta merupakan sebuah wadah untuk memberdayakan  pelaku usaha informal dalam rangka pengembangan kota melalui penelitian dan pengembangan. Yayasan ini memiliki beberapa program seperti Kotanatomi, Urbanisme Mikro, dan Kosakota. 

Ayo ke Taman

Komunitas ini berkampanye tentang pentingnya keberadaan ruang terbuka publik dan perkotaan, dengan melestarikan pohon lokal serta memanfaatkan taman. Ayo ke Taman telah berdiri sejak 2018. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini seperti aktivasi ruang, edukasi alam, pendidikan lingkungan, perencanaan ruang partisipatif, serta kampanye kota berkelanjutan. 

Jejak Warna

Sebuah proyek sosial yang berfokus pada kepenulisan dan literasi anak. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Jejak Warna, seperti penyaluran buku dan penggalangan dana untuk meningkatkan literasi bagi anak-anak yang kurang mampu. 

Pokemon Go Indonesia.

Apakah kamu menyukai permainan Pokemon Go? Nah, jika iya, kamu bisa bergabung dalam komunitas Pokemon Go Indonesia. Komunitas ini berdiri sejak 2019 dan menaungi para trainer (pemain Pokemon Go) di Indonesia. 

KumpulBaca

Merupakan sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang literasi melalui kampanye #SejamMembaca. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan positif membaca buku. Selain itu, komunitas ini juga memiliki agenda diskusi yang diselenggarakan dalam platformonline

Gizipedia

Komunitas ini didirikan oleh Hafizhatunnisa, S.Gz. bersama kedua temannya pada 2019. Gizipedia merupakan komunitas untuk mengedukasi gizi bagi masyarakat. Komunitas ini telah mendapat penghargaan dari Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) dalam pengabdian edukasi gizi untuk masyarakat. 

Food Bank of Indonesia (FOI)

Organisasi ini berdiri sejak 2015. Misi organisasi Food Bank of Indonesia adalah memerangi kelaparan dalam masyarakat miskin dan meningkatkan gizi bagi anak-anak. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan FOI seperti dapur pangan, bank pangan, dan red of emergency disaster (RED). 

Puan-puan Bersepeda

Komunitas ini didirikan pada 2021 oleh Institute for Transportation and Development Policy (ITDP). Tujuannya untuk membuka ruang aman bagi perempuan kota yang ingin bersepeda. 

Jakarta Inline Skate Community

Buat kamu yang hobi berolahraga sepatu roda, kamu bisa bergabung dengan komunitas Jakarta Inline Skate Community (Jisco). Komunitas ini terbentuk pada 2015, ketika banyak warga yang bermain sepatu roda di Gelora Bung Karno (GBK). Jisco rutin mengadakan latihan di GBK, baik pesepatu roda amatir maupun profesional. 

Komunitas Peri Kertas

Komunitas yang berdiri sejak 2009 ini diinisiasi oleh para pecinta papercraft (model kertas) di Indonesia. Awalnya dari diskusi daring, karena saat itu sumber papercraft masih sangat sedikit. Kini, selain daring, kegiatannya juga dilakukan secara luring. Kegiatan daring menjadi wadah untuk berbagi informasi, hasil karya, dan belajar mengenai papercraft. Untuk kegiatan luringnya, ada kegiatan berupa pameran hasil karya.

Sehat Jiwa

Komunitas yang berdiri sejak 2018 ini memiliki layanan kesehatan jiwa dan mental.   Selain layanan konseling kesehatan jiwa, Sehat Jiwa pun merupakan tempat untuk berkolaborasi dan bergabung dalam suatu wadah. 

Rekosistem

Sebuah startup yang bergerak dalam keberlanjutan lingkungan melalui penerapan zero waste management. Rekosistem melayani konsultasi untuk manajemen sampah dan pengendalian dampak lingkungan. 

Sobat Diabet

Merupakan komunitas yang peduli pada pencegahan diabetes bagi kalangan muda. Sobat Diabet yang aktif berkampanye sejak 2014 ini didirikan oleh dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD. dan Marlene. Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini meliputi webinar, edukasi hidup sehat, dan cooking class

Potopotokota

Komunitas ini bergerak dalam bidang fotografi tentang kota. Aktivitas Potopotokota dapat dilihat pada laman Instagramnya, yakni @potopotokota. Di sini kamu akan melihat berbagai cerita kota melalui karya fotografi. Kamu bisa membagikan foto dengan menggunakan hastag #potopotokota. 

Bale Buku Jakarta

Bale Buku Jakarta diresmikan pada 2021 di Kelurahan Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur. Komunitas ini didirikan dan diketuai oleh Fajar Alvarisi. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses bacaan yang berkualitas. 


 

Bike2work

Telah berdiri sejak 2005, Bike2work merupakan komunitas yang terdiri dari sekelompok orang penyuka kegiatan bersepeda. Salah satu kampanye utama mereka adalah untuk mengurangi ketergantungan terhadap kendaraan bermotor ke tempat kerja. Kegiatan Bike2work beragam, seperti bersepeda, diskusi, dan edukasi. 

Divers Clean Action

Yayasan Divers Clean Action berfokus pada isu permasalahan sampah di laut. Yayasan yang berdiri sejak 2015 ini telah memiliki lebih dari 1.000 volunteer di seluruh Indonesia. Divers Clean Action berkolaborasi dengan pihak-pihak lain seperti universitas, komunitas lokal, dan institusi yang bergerak dalam bidang lingkungan. 

Jakarta Local Guides

Komunitas yang menjadi wadah bagi orang yang ingin mengeksplorasi, berbagi tips, foto, dan tempat baru melalui Google Maps. Kegiatan yang dilakukan oleh Jakarta Local Guides cukup beragam dan dapat dilihat melalui laman Instagramnya, yaitu @jakartalocalguides

Kargo Baca

Komunitas ini terbilang unik, karena bergerak untuk menularkan kecintaan membaca melalui sepeda. Kargo Baca didirikan oleh Edy Dymiati yang juga pendiri Taman Baca Kampung Buku. Kegiatan Kargo Baca diselenggarakan dalam ruang publik yang dipusatkan di Cibubur, Waduk Kampung Rambutan, dan Setu Pedongkelan. Buku-buku yang dibawa oleh Kargo Baca cukup beragam, sehingga dapat menarik minat dari anak-anak sampai orang tua, seperti cerita rakyat, kisah nabi, pengetahuan umum, dan keterampilan. 

Teman Piknikmu

Teman Piknikmu merupakan sebuah organisasi yang menggerakkan inisiasi untuk piknik. Nah, buat mengetahui kegiatan Teman Piknikmu, kamu bisa menemukannya melalui akun Instagramnya di @temanpiknikmu

Marine Buddies Jakarta

Ada lagi komunitas yang bergerak untuk menyelamatkan laut, yaitu Marine Buddies. Komunitas ini dibentuk oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada 2016. Komunitas ini terdapat di beberapa kota, seperti Denpasar, Makassar, Medan, Surabaya, dan Jakarta. Kegiatannya cukup beragam dari gerakan bersih-bersih pantai, edukasi seputar ekosistem laut dan pengolahan limbah, hingga melakukan perjalanan ke berbagai daerah. 

yangbelumsempat

Jika kamu memiliki cerita yang belum sempat kamu sampaikan, kamu dapat membagikannya melalui yangbelumsempat. Komunitas ini hadir sebagai teman untuk menjaga kesehatan mental berdasarkan ‘psikologi positif’. Komunitas ini muncul sebagai gerakan berbagi cerita, sekaligus membiasakan proses refleksi dan mindful melalui Instagram. 

Ibu Ibukota

Komunitas ini bergerak untuk berbagi sudut pandang perempuan di Jakarta melalui literasi. Pada acara festival yang berkolaborasi dengan +Jakarta, Ibu Ibukota menampilkan 21 sosok perempuan penggerak literasi. Selain itu, kamu bisa membaca kisah mereka di berbagai bidang melalui situs ibuibukota.id

Jakarta Sadar Sampah

Suatu gerakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan masyarakat untuk mewujudkan Jakarta yang bebas dari sampah. Kegiatannya berupa gerakan aksi nyata untuk memilah, mengurangi, dan mengelola sampah. 

Bookhive

Jika kamu suka membaca buku di Taman Situ Lembang, pasti kamu mengenal komunitas Bookhive. Gerakan ini diinisiasi oleh Farid Hamka pada 2021. Dasar pendiriannya didorong kecintaan Farid pada membaca dan Jakarta. Ide Bookhive ini terinspirasi dari beberapa negara di Eropa, seperti Inggris dan Jerman. Kamu bisa menemukan titik perpustakaan Bookhive ini di beberapa tempat, seperti Taman Lapangan Banteng dan taman lainnya di Jakarta. 

Selain itu, festival #IniJakarta juga menghadirkan panggung komunitas yang diisi oleh JDCNEO, Ukuiki, Kaleb J, dan Nona Ria. Dari daftar kolaborator di atas, tentu kamu bisa melihat banyak pihak yang berperan penting di berbagai bidang, dari literasi, lingkungan, seni, sampai kesehatan. Di festival ini para kolaborator mendapat kesempatan untuk menampilkan karyanya untuk memajukan kota Jakarta. Hal ini terwujud berkat kolaborasi komunitas bersama +Jakarta. Jika ingin mengetahui program-program kolaborasi kota Jakarta lainnya, kamu bisa melihat informasi selengkapnya pada instagram @plusjakarta, ya!

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!