16 Sep 2021

Ke Mana Aja di Jakarta Bakal Lebih Terintegrasi dengan JakLingko

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

16 Sep 2021

Apakah kamu pengguna moda transportasi umum di Jakarta? Kalau iya, ada kabar baik untukmu nih! Jika kamu menggunakan kereta Commuter Line, MRT, LRT, dan Transjakarta, Smartcitizen akan menikmati sistem pembayaran yang terintegrasi. Kini tengah diuji coba integrasi pembayaran transportasi umum dengan aplikasi JakLingko. Nah, JakLingko ini merupakan sistem transportasi yang terintegrasi dan siap melayani perjalananmu ke mana saja! Akhir Agustus 2021 lalu, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria telah menguji coba integrasi tarif JakLingko. Menurut Wagub Ariza, penggunaan aplikasi ini memudahkan dan mempercepat proses pembayaran saat bertransportasi. 

Pembayaran Transportasi Umum Lebih Mudah

Kelak pembayaran moda transportasi umum di Ibu Kota dan sekitarnya akan terintegrasi pada aplikasi (super apps) dan kartu JakLingko. Sistem pembayaran tersebut telah diuji coba secara terbatas di empat moda transportasi, yakni Transjakarta, MRT Jakarta, kereta Commuter Line, dan LRT. 


 

Pada saat uji coba, Wagub Ariza memulai perjalanannya dari Stasiun MRT Bundaran HI ke Stasiun Sudirman. Lalu dilanjutkan naik kereta Commuter Line ke Stasiun Manggarai dengan naik Transjakarta menuju Halte Rawamangun. Kemudian mengakhiri perjalanannya dengan moda LRT dari Stasiun Velodrome ke Stasiun Pegangsaan Dua di Kelapa Gading. Perjalanan  tersebut ditempuh selama tiga jam dengan membayar tarif total Rp 10.000. 


 

Sistem pembayaran terintegrasiini diharapkan dapat memudahkan dan menghemat waktu perjalanan masyarakat melalui aplikasi JakLingko. Fasilitasnya dibangun secara bertahap di beberapa gate in-out empat moda transportasi umum di Jabodetabek. Sedangkan aplikasi JakLingko akan diluncurkan pada pertengahan September 2021. 


 

Rencananya, sistem pembayaran terintegrasi ini ditargetkan mulai digunakan masyarakat pada Maret 2022. Nah, pastinya kamu sudah enggak sabar kan menikmati layanan transportasi umum yang semakin nyaman serta efisien di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Artikel Smart Mobility Lainnya

Jakarta punya 32 bus sekolah rute reguler dan 15 bus sekolah rute zonasi, loh. Ini daftar rute, waktu operasi, dan sekolah yang dilewati.

Mau ke Jakarta Fair Kemayoran? Perhatikan dulu panduan transportasi ini supaya memudahkanmu berkunjung.

Transjakarta sekarang bisa dilacak secara live di Google Maps! Yuk, ketahui cara live tracking, supaya perjalananmu lebih menyenangkan.

Walaupun berhubungan, JakLingko dan Mikrotrans adalah dua hal yang berbeda. Jangan sampai keliru, ya!

Rute Transjakarta dan JakLingko mengalami penyesuaian. Buat kamu pengguna setia moda transportasi publik ini, yuk cek rute terkininya!

MRT Jakarta sudah lima tahun beroperasi. Baru mau mencoba? Ini cara beli tiket dan tarifnya.