16 Sep 2021

Ke Mana Aja di Jakarta Bakal Lebih Terintegrasi dengan JakLingko

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

16 Sep 2021

Apakah kamu pengguna moda transportasi umum di Jakarta? Kalau iya, ada kabar baik untukmu nih! Jika kamu menggunakan kereta Commuter Line, MRT, LRT, dan Transjakarta, Smartcitizen akan menikmati sistem pembayaran yang terintegrasi. Kini tengah diuji coba integrasi pembayaran transportasi umum dengan aplikasi JakLingko. Nah, JakLingko ini merupakan sistem transportasi yang terintegrasi dan siap melayani perjalananmu ke mana saja! Akhir Agustus 2021 lalu, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria telah menguji coba integrasi tarif JakLingko. Menurut Wagub Ariza, penggunaan aplikasi ini memudahkan dan mempercepat proses pembayaran saat bertransportasi. 

Pembayaran Transportasi Umum Lebih Mudah

Kelak pembayaran moda transportasi umum di Ibu Kota dan sekitarnya akan terintegrasi pada aplikasi (super apps) dan kartu JakLingko. Sistem pembayaran tersebut telah diuji coba secara terbatas di empat moda transportasi, yakni Transjakarta, MRT Jakarta, kereta Commuter Line, dan LRT. 


 

Pada saat uji coba, Wagub Ariza memulai perjalanannya dari Stasiun MRT Bundaran HI ke Stasiun Sudirman. Lalu dilanjutkan naik kereta Commuter Line ke Stasiun Manggarai dengan naik Transjakarta menuju Halte Rawamangun. Kemudian mengakhiri perjalanannya dengan moda LRT dari Stasiun Velodrome ke Stasiun Pegangsaan Dua di Kelapa Gading. Perjalanan  tersebut ditempuh selama tiga jam dengan membayar tarif total Rp 10.000. 


 

Sistem pembayaran terintegrasiini diharapkan dapat memudahkan dan menghemat waktu perjalanan masyarakat melalui aplikasi JakLingko. Fasilitasnya dibangun secara bertahap di beberapa gate in-out empat moda transportasi umum di Jabodetabek. Sedangkan aplikasi JakLingko akan diluncurkan pada pertengahan September 2021. 


 

Rencananya, sistem pembayaran terintegrasi ini ditargetkan mulai digunakan masyarakat pada Maret 2022. Nah, pastinya kamu sudah enggak sabar kan menikmati layanan transportasi umum yang semakin nyaman serta efisien di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Artikel Smart Mobility Lainnya

Jangan kesasar, inilah 14 koridor Transjakarta dan nama-nama halte terbarunya, per 2024.

Jakarta makin ramah disabilitas! Ada lima unit bus sekolah khusus penyandang disabilitas yang baru diluncurkan. Baca informasinya di sini.

Beberapa halte Transjakarta punya nama baru, lho! Apakah halte langgananmu salah satunya? Cek di sini.

PT Transjakarta menyesuaikan beberapa rute untuk optimalisasi pelayanan. Inilah rincian rute Transjakarta terbaru sejak Desember 2023.

Gimana sih, biar cepat datang ke konser idola? Intip caranya di sini!

Mau naik Transjakarta gratis? Pastikan kamu salah satu dari 15 golongan ini.