05 Jan 2022

Kaleidoskop JAKI Melayani Jakarta Selama 2021

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

05 Jan 2022

Tak terasa, 2021 telah kita lewati bersama JAKI (Jakarta Kini). Setahun ini, JAKI memenuhi kebutuhan warga dari berbagai aspek melalui informasi dan layanannya yang terintegrasi. Sebagai aplikasi super yang menawarkan pelayanan publik ala kota cerdas, sistem terintegrasi JAKI terbilang berhasil. Terbukti, waktu dan tenaga yang dibutuhkan warga Jakarta untuk mengurus berbagai keperluan terpangkas dengan kehadiran JAKI. Keperluan yang sebelumnya hanya dapat dilakukan secara offline, sekarang dapat selesai hanya lewat satu aplikasi yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja dalam hitungan menit. Selain itu, konsep ekosistem kolaboratif JAKI juga membuat upaya memajukan kota Jakarta semakin maksimal, mengingat setiap pihak baik pemerintah, komunitas, warga, maupun berbagai stakeholders lain ikut berpartisipasi. 

Keberhasilan JAKI tentunya tak lepas dari dukungan warga Jakarta serta peran tim Jakarta Smart City yang berada di balik pengembangannya. Selama 2021, tim berupaya berinovasi mengembangkan sistem JAKI agar dapat beradaptasi dengan kondisi dan tantangan kota untuk membantu warga Jakarta. Inovasi ini pula yang mengantarkan JAKI menyabet capaian dan prestasi pada 2021. Apa saja sih inovasi, capaian, hingga prestasi JAKI tahun ini? Yuk, telisik kilas balik JAKI sepanjang 2021.

Hadirkan Layanan Cek Ketersediaan Tempat Tidur dan Bantuan Sosial Covid-19

Melanjutkan upaya menjawab tantangan pandemi Covid-19, tim pengembang JAKI menambahkan dua fitur dalam menu Jakarta Tanggap Covid-19 pada awal tahun. Menu tersebut adalah Lihat Data Ketersediaan Tempat Tidur RS Covid-19 Jakarta serta Cek Penerima dan Jadwal Bantuan Sosial. Menu pertama memungkinkan masyarakat untuk mengecek jumlah tempat tidur yang tersedia di rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19 di Jakarta. Sementara menu kedua dapat digunakan untuk melihat jadwal bantuan sosial dan mengecek apakah kamu termasuk dalam daftar penerima atau tidak. Kedua fitur ini dapat diakses baik di JAKI versi iOS maupun Android mulai 4 Februari 2021. 

Permudah Kamu Urus Perizinan Melalui JakEvo

Pada tanggal yang sama, salah satu fitur JAKI, yaitu pintasan JakEvo, dioptimalisasi. Fitur ini dapat membantu kamu untuk mengurus berbagai dokumen layanan perizinan dan nonperizinan secara online. Dengan optimalisasi JakEvo ini, Smartcitizen bisa mengurus dokumen tersebut di JAKI dengan minim gangguan. 

Bantu Kamu Dapatkan Vaksinasi Covid-19 

Seiring dengan anjuran vaksinasi dua dosis oleh pemerintah, JAKI menghadirkan fitur terkait vaksinasi di versi Android pada 11 Maret 2021 serta versi iOS pada 30 Maret 2021. Awalnya, fitur ini hanya berfungsi untuk mengecek status dan jadwal vaksinasi warga. Namun, seiring perjalanan waktu, kebutuhan untuk memenuhi target vaksinasi warga Jakarta pun meningkat, sehingga fungsi fitur ini kemudian berkembang menjadi platform pendaftaran vaksinasi. Mulanya fitur pendaftaran ini ditujukan untuk lansia, hingga akhirnya sekarang dibuka bagi usia enam tahun ke atas, menyesuaikan dengan anjuran Kementerian Kesehatan. 

[Kisah di Balik Pengembangan Fitur Pendaftaran Vaksinasi Jakarta]

Lebih Banyak Lokasi dan Titik Akses JakWiFi untuk Kamu 

Dalam rangka menghadirkan akses internet yang merata untuk pelajar yang menjalani sistem belajar dari rumah, pada 2020 JAKI telah dilengkapi dengan JakWifi. JakWifi merupakan fitur untuk mengakses WiFi publik di Jakarta. Kemudian, pada Maret 2021, JakWifi menambah jumlah akses poin dan titik lokasi jaringan di aplikasi JAKI. Ini ditujukan agar kamu dapat lebih mudah menemukan persebaran lokasi dan jumlah akses poin JakWifi. Versi JakWifi yang diperbarui ini dapat dinikmati pengguna Android sejak 19 Maret 2021 dan pengguna iOS sejak 30 Maret 2021. Inovasi ini juga disertai dengan rilis Peta Akses Persebaran JakWifi pada 22 April 2021.

Rangkul dan Kembangkan UMKM Lewat Fitur JakPreneur 

Sebagai program yang mewadahi masyarakat Jakarta berjiwa kreatif dan inovatif dalam memajukan usaha berskala mikro, kecil, hingga menengah (UMKM), Jakpreneur kian hari semakin diminati. Didukung dengan keinginan untuk menggerakkan dan menumbuhkan UMKM, Pemprov DKI Jakarta pun menghadirkan akses yang lebih mudah terhadap informasi Jakpreneur melalui JAKI. Adapun pilihan layanan yang disediakan fitur pintasan Jakpreneur, yaitu Pendampingan Pemasaran, Permodalan, Perizinan, serta Produk. Fitur ini sudah dapat dinikmati Smartcitizen melalui versi Android JAKI mulai 21 April 2021 dan iOS sejak 22 April 2021.

[Begini Syarat dan Cara Daftar JakPreneur]

Berikan Kemudahan Bayar Pajak Lewat JakPenda

Awalnya, fitur JakPenda di JAKI hanya memfasilitasi warga untuk mengecek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Namun, pada 1 Juli 2021, JakPenda mengembangkan fiturnya dengan menyediakan kode bayar pajak warga. Fitur ini selanjutnya dilengkapi dengan layanan pembayaran pajak sehingga warga dapat langsung membayar pajak melalui JAKI. Sejauh ini, pembayaran lewat JAKI baru berlaku untuk PBB.

[Cek dan Bayar Pajak Tanpa Antre Lewat JakPenda]

Jaga Identitas Pelapor Tetap Aman di JakLapor

Jika ingin melapor permasalahan kota lewat JAKI, sudah pasti JakLapor fitur yang kamu tuju. Sebagai kanal pengaduan resmi milik Pemprov DKI Jakarta, JakLapor menawarkan sistem yang aman untuk melaporkan permasalahan yang ditemui di Jakarta. Salah satu bentuk upaya perlindungan identitas pelapor adalah melalui sistem private by default yang diluncurkan pada 16 Juli 2021. Sistem ini akan otomatis menyertakan identitas kamu sebagai anonim dalam laporan. Dengan inovasi ini, kamu diharapkan tak ragu lagi melapor di JAKI dan mendapatkan pengalaman melapor yang aman serta memuaskan.

Panggil Ambulans dengan Satu Sentuhan Lewat JakAmbulans

Semasa pandemi Covid-19, kita perlu lebih awas dan tanggap, termasuk dalam kondisi darurat yang membutuhkan bantuan tenaga medis. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, menghadirkan fitur JakAmbulans di JAKI. Fitur ini berfungsi untuk membantu kamu menghubungi tim Ambulans Gawat Darurat (AGD) lebih cepat, hanya dengan sekali sentuhan tombol darurat (panic button). Fitur ini dapat digunakan di JAKI mulai 16 Juli 2021.

Lebih Aman Berkegiatan dengan Fitur Safe Entrance

Berkegiatan di ruang publik selama pandemi mengharuskan kamu untuk melakukan check in dan check out. Sejak 24 Agustus 2021, kamu sudah bisa check in dan check out via Safe Entrance by PeduliLindungi di JAKI, loh! Ketika check in lewat JAKI, kamu dapat melihat status vaksinasi dan kuota kapasitas di lokasi. Dengan fitur ini, proses pemantauan (monitoring) serta penelusuran (tracing) kontak yang diterapkan di sejumlah area Jakarta dapat berjalan lebih ketat. 

[Ini Arti Warna Status Safe Entrance by PeduliLindungi di JAKI]

Bantu Pasien Covid-19 dengan Donor Plasma 

Tantangan utama yang dihadapi Jakarta selama pandemi tidak jarang berkaitan dengan upaya melandaikan kasus Covid-19. Hingga saat ini, belum ditemukan obat yang secara spesifik dapat menyembuhkan pasien Covid-19. Tetapi, tenaga medis berupaya memberikan penanganan alternatif bagi pasien dengan tingkat keparahan tinggi, yaitu donor plasma. Plasma darah ini didapatkan dari antibodi pasien Covid-19 yang sudah sembuh. Melihat urgensi donor plasma, Dinas Kesehatan DKI Jakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) membuat website pendaftaran donor plasma. Sejak 2 September 2021, website Donor Plasma juga sudah dapat diakses melalui fitur pintasan di JAKI. Fitur ini melengkapi menu Jakarta Tanggap Covid-19 yang dirancang untuk membantu masyarakat menjalani hari dan bertumbuh semasa pandemi.
 

[Terbaru di JAKI: Donor Plasma Konvalesens]

Mudahkan Akses Peta Jakarta Lewat JakPeta

Berkegiatan sehari-hari di Jakarta akan lebih mudah jika kamu mengetahui seluk-beluk kota. Untuk itu, pada 30 September 2021, diluncurkan fitur JakPeta yang menampilkan peta Jakarta. Di sini, kamu pun bisa melihat titik fasilitas umum, transportasi, dan kesehatan yang tersedia di Jakarta. 

Berikan Layanan Terpersonalisasi dengan Verifikasi NIK 

Sejak 11 November 2021, JAKI juga memberikan layanan terpersonalisasi sesuai hak dan kebutuhan warga melalui fitur verifikasi NIK. Kamu tinggal login di JAKI menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nama, lalu kamu akan langsung diarahkan ke berbagai layanan yang kamu butuhkan serta berhak kamu dapatkan. Membayar pajak, mengambil KJP (Kartu Jakarta Pintar), dan kebutuhan lainnya dapat langsung kamu lakukan di JAKI tanpa harus mendaftarkan diri. Dengan sistem terintegrasi dan terpersonalisasi ini, kamu tak perlu menggunakan beragam akun atau aplikasi. Cukup satu, JAKI.

Rangkaian Inovasi dalam Satu Waktu pada Akhir Tahun 

Upaya JAKI dalam menghadirkan inovasi baru selama 2021 tak berhenti sampai di situ. Pada Desember 2021, serangkaian fitur baru telah diluncurkan JAKI untuk warga Jakarta. Fitur tersebut adalah JakOne Pay, Cek Status Vaksinasi,  Informasi Bantuan Sosial, SSO (Single Sign-On) JakEvo, Antrean Online Fasilitas Kesehatan, serta JakEmisi. Semua fitur ini diluncurkan dalam satu waktu pada 21 Desember 2021. JakOne Pay merupakan dompet digital Bank DKI untuk kamu melakukan transaksi hanya dari aplikasi JAKI. Fitur Cek Status Vaksinasi memungkinkan kamu melihat status vaksinasi dan informasi bantuan sosial (Kartu Jakarta Pintar/KJP serta Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul/KJMU) di laman Profil. SSO JakEvo akan memudahkan kamu untuk terhubung hanya dengan single-login. Antrean Online Fasilitas Kesehatan dapat kamu gunakan untuk mengambil nomor antrean di rumah sakit Jakarta. Sementara fitur JakEmisi menghadirkan layanan penghitungan emisi yang dihasilkan oleh kegiatan sehari-harimu, termasuk saat makan dan memakai alat-alat elektronik. Beragam sekali, bukan? Rangkaian fitur ini diharapkan dapat membantu kamu untuk memenuhi lebih banyak hak dan kebutuhanmu.

Capaian JAKI dalam Angka

Sepanjang 2021, JAKI telah meraih berbagai pencapaian untuk berbagai layanan. Pada fitur JakLapor, misalnya, per 22 Desember 2021, terdapat 98.177 laporan warga masuk dan 96,49% atau 94.728 laporan selesai


 


 

Dari 98.177 laporan yang masuk, laporan berkategori Jalan paling banyak dilaporkan, yaitu sebanyak 10.724. Disusul dengan kategori Gangguan Ketenteraman dan Ketertiban sebanyak 10.182, kategori Parkir Liar sebanyak 8.174, dan seterusnya. Peringkat top 10 kategori laporan lewat JAKI beserta jumlahnya dapat dilihat pada grafik berikut. 

Dalam upaya menyediakan pelayanan digital di tengah pandemi, sepanjang 2021, JAKI telah menyediakan 20 set data terkait Covid-19. Rincian data tersebut sebagai berikut: 

  1. Vaksinasi Covid-19.
  2. Tes Covid-19 Jakarta.
  3. Kasus Covid-19 Jakarta.
  4. Grafik Kasus Positif Nasional.
  5. Grafik Kasus Positif Jakarta.
  6. Grafik Pemakaman Jenazah Umum dan dengan Protap Penanganan Covid-19.
  7. Grafik Perbandingan Kasus Jakarta dan Nasional (kecuali Jakarta).
  8. Kasus Terkonfirmasi Covid-19 Nasional.
  9. Penambahan Kasus Harian.
  10. Probable Covid-19.
  11. Suspek Covid-19.
  12. Pelaku Perjalanan Covid-19.
  13. Kontak Erat Covid-19.
  14. Discarded Covid-19.
  15. Rapid Diagnostic Test Antibody.
  16. Rapid Diagnostic Test Antigen.
  17. Tes PCR (Orang Kasus Baru). 
  18. Tes PCR (Spesimen Diperiksa). 
  19. Cakupan Vaksinasi Covid-19.
  20. Kuota Vaksinasi JAKI.

Terkait pendaftaran vaksinasi Covid-19, per 21 Desember 2021, tercatat 840.562 warga mendaftar vaksinasi (KTP DKI dan non-DKI) di JAKI melalui fitur Pendaftaran Vaksinasi Covid-19. Peserta vaksinasi paling banyak berasal dari luar Jakarta, sebanyak 315.451. Sementara peserta vaksinasi terbanyak kedua berasal dari wilayah Jakarta Timur sebanyak 164.207. Kemudian peserta dari Jakarta Selatan sebanyak 129.094, Jakarta Barat sebanyak 114.991, peserta dari Jakarta Utara sejumlah 58.875, Jakarta Pusat sebanyak 57.777, serta peserta dari Kepulauan Seribu sejumlah 167 orang.
 

Jika ingin mengetahui data terbaru lainnya terkait Covid-19, kamu bisa mengakses aplikasi JAKIatau website Jakarta Tanggap Covid-19. Belum punya JAKI? Unduh terlebih dulu ya melalui  Google Play Storeataupun Apple App Store

Raih Gold Medal AICTA 2021

Upaya menghadirkan inovasi untuk melayani warga Jakarta mengantarkan JAKI sebagai peraih medali emas(gold medal) ASEAN ICT Awards (AICTA) 2021 untuk kategori Public Sector (Sektor Publik). JAKI berhasil mengalahkan QR Code System Used by Cambodian Government to Fight Against Covid-19 dari Kamboja dan HealthCerts dari Singapura. 

AICTA merupakan inisiatif dan proyek di bawah naungan ASEAN ICT Masterplan 2015, 2020, serta 2025 untuk mengakui pencapaian TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) terbaik di antara pengusaha serta organisasi di ASEAN. Sementara itu, kategori Public Sector menaungi inovasi teknologi informasi yang dilakukan oleh organisasi pemerintah untuk menyediakan layanan publik yang efisien. Keberhasilan JAKI pada AICTA 2021 ini tak hanya merupakan bukti efektivitas JAKI sebagai layanan digital, namun juga bukti bahwa inovasi teknologi anak bangsa mampu bersaing di kancah ASEAN.

Hingga saat ini, dua tahun setelah kelahirannya, aplikasi JAKI telah diunduh lebih dari dua juta Smartcitizen. Meskipun begitu, perjalanan ini belum selesai. Justru, fase selanjutnya untuk JAKI mengembangkan kota lewat teknologi baru saja dimulai. Harapannya, sistem JAKI nanti dapat diterapkan di daerah lain, sembari berkembang untuk terus memberikan layanan yang lebih efektif bagi tiap warga Jakarta. Untuk itu, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk kamu sebagai warga. Caranya dengan melibatkan JAKI dalam aktivitasmu sehari-hari, seperti mengecek harga bahan pangan dengan JakPangan, mencari tahu prakiraan cuaca melalui pesan JakWarta, atau mengakses layanan terpersonalisasi lainnya. Yuk, terus dukung JAKI dan bersama-sama kita majukan Jakarta!

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!