JSC Meraih Penghargaan dari OpenGov Asia

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

08 Agt 2023

Ada kabar baik nih, Smartcitizen. Jakarta Smart City (JSC) sukses meraih penghargaan Recognition of Excellent Awards dari OpenGov Asia! Penghargaan ini diterima berkat tiga program unggulan Jakarta Smart City, yaitu Jakarta Kini (JAKI), fitur Laporan Warga, dan Data Science Trainee. Tentunya, prestasi ini tidak lepas dari peran warga Jakarta. Terima kasih telah turut serta dalam menyukseskan program-program tersebut!

Penghargaan ini diberikan pada 3 Agustus 2023 lewat Indonesia OpenGov Leadership Forum 2023 di The Westin Jakarta. Jakarta Smart City pun hadir dengan menghadirkan diskusi bertema Digital Indonesia: Accelerating Economic Growth through Technological Transformation. Diskusi ini membahas mengenai transformasi digital dan apa saja tantangan yang dihadapi.

Yudhistira Nugraha, Kepala Jakarta Smart City, menerima penghargaan dari OpenGov
Yudhistira Nugraha, Kepala Jakarta Smart City, menerima penghargaan dari OpenGov

Yudhistira Nugraha, Kepala Jakarta Smart City, menerima penghargaan dari OpenGov 

Foto: Riansa Putra Fajri

 

Penerapan digitalisasi dianggap penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Inilah mengapa Indonesia menciptakan ekosistem ekonomi digital. Dengan begitu, akan ada banyak lapangan pekerjaan, investasi dapat terdorong, dan daya saing Indonesia menjadi lebih kuat.

Peran Jakarta dalam Digitalisasi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginisiasi unit Jakarta Smart City untuk menerapkan digitalisasi. Unit ini memiliki objektif untuk menciptakan kota yang berkelanjutan, dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Jadi, kualitas hidup warga pun meningkat, layanan publik semakin kuat, serta pembangunan kota berlangsung berkat pendekatan yang berorientasi teknologi.

“Salah satu tujuan utama Jakarta Smart City adalah penggunaan data cerdas dan analitika. Pemerintah mengumpulkan serta menganalisis data dari berbagai sumber, seperti sensor Internet of Things (IoT), kamera pengawas, media sosial, dan sistem pemerintah lainnya, untuk mencapai tujuan ini,” jelas Yudhistira Nugraha sebagai Kepala Jakarta Smart City. Kamera pengawas serta analisis video dikerahkan untuk memantau keamanan di berbagai wilayah Jakarta. Ini pun dapat memastikan lingkungan yang lebih aman bagi penduduk kota.

Program-Program Jakarta Smart City

Jakarta Smart City hadir dengan aplikasi super (super-app) yang bernama JAKI (Jakarta Kini). JAKI dapat digunakan oleh warga Jakarta untuk melihat informasi tentang transportasi publik, cuaca, layanan kesehatan, acara publik, dan berbagai kebutuhan lainnya. Selain itu, warga Jakarta dapat melapor masalah-masalah yang dihadapi lewat fitur Laporan Warga di JAKI. Layanan-layanan pemerintah pun terintegrasi dalam satu aplikasi dan diakses dengan mudah lewat gawai masing-masing. JAKI hadir dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, sehingga warga negara asing yang sedang berada di Jakarta bisa pula menggunakannya.

JAKI Super-App dari Jakarta Smart City

Baca juga:

“Jakarta Smart City adalah contoh bagaimana penerapan teknologi cerdas dapat mengubah kota menjadi lingkungan yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan cerdas, berkat kerja sama antara pemerintah, sektor komersial, akademisi, serta masyarakat,” ucap Yudhistira.

Jakarta Smart City juga mengumpulkan data untuk menganalisis pola, memprediksi tren, dan membuat keputusan berdasarkan informasi. Proses ini dapat memahami kebutuhan warga negara, menanggapi perubahan kondisi, serta meningkatkan efektivitas perencanaan dan pengambilan keputusan.

Data Science Trainee Jakarta Smart City

Lewat program Data Science Trainee, Jakarta Smart City pun turut hadir untuk melahirkan talenta-talenta digital. Program ini telah berlangsung sejak 2021. Talenta-talenta ini didampingi untuk mencoba menyelesaikan berbagai masalah urban melalui pendekatan ilmu data (data science).

Baca juga: Serunya Jadi Data Science Trainee JSC

Digitalisasi telah menciptakan transformasi di sektor pelayanan. Harapannya, Jakarta bisa terus hadir dengan inovasi-inovasi yang dapat membantu setiap warga. Mari sama-sama kita dukung, yuk! Jangan lupa ikuti media sosial Jakarta Smart City untuk melihat informasi tentang inovasi Jakarta lainnya.

Penulis dan Editor

Artikel Smart Governance Lainnya

Sehubungan dengan musim hujan, berikut laporan warga terkait banjir dan tidak lanjutnya periode Januari-Februari 2024.

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.