22 Feb 2024

Jamin Keamanan Informasi, Jakarta Smart City Raih Sertifikasi ISO/IEC 27001:2022

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

22 Feb 2024

Kabar baik! Jakarta Smart City, Badan Layanan Umum Daerah (BLUDI di bawah Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta meraih sertifikasi SNI ISO/IEC 27001: 2022 Information Security Management Systems untuk aplikasi JAKI (Jakarta Kini). Sertifikasi ini menjamin peningkatan mutu pelayanan di lingkup Jakarta Smart City dan Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta, khususnya JAKI. Untuk mengenal lebih lanjut sertifikasi ini beserta manfaatnya, simak penjelasan berikut. 

Jakarta Smart City Raih Sertifikasi ISO/IEC 27001:2022

Apa Itu Sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022? 

Sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 merupakan standar internasional untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) yang dikeluarkan International Organization for Standardization (ISO) pada 2022. Sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 meliputi Information Technology, Security Techniques, Information Security Management Systems, dan Requirements. Standar ini merupakan panduan untuk Jakarta Smart City dalam membentuk, menerapkan, memelihara, serta terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi. 

Mengapa Sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 Penting? 

Perkembangan teknologi pada era digital memberikan akses yang lebih mudah ke data sensitif dan sistem yang rentan, sehingga menyebabkan kejahatan siber. Tugas suatu pemerintahan, perusahaan, maupun organisasi untuk mengelola risiko siber pun jadi semakin sulit, termasuk dalam lingkup Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta. 

Karena itu, Jakarta Smart City berkomitmen meningkatkan pelayanan melalui penerapan sistem manajemen keamanan informasi yang sesuai standar SNI ISO/IEC 27001:2022. Dengan mengikuti standar ini, SMKI Jakarta Smart City, Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta, khususnya aplikasi JAKI, dapat terjamin manajemen risiko, ketahanan siber, dan keunggulan operasionalnya. 

Manfaat Sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 untuk Aplikasi JAKI

Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi dalam Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, khususnya aplikasi JAKI, memberikan sejumlah manfaat. Pertama, melalui pengelolaan risiko yang efektif, JAKI dapat mengidentifikasi, mengevaluasi, serta mengatasi potensi ancaman terhadap keamanan informasi dengan lebih baik. Selain itu, dengan peningkatan ketahanan terhadap ancaman siber dan jaminan terhadap integritas, kerahasiaan, serta ketersediaan data, JAKI dapat menjaga kepercayaan pengguna serta melindungi data, sistem, reputasi, dan aset perusahaan. Kesiapan dalam menghadapi ancaman baru menjadi landasan yang kokoh. Sementara, penghematan biaya dan keunggulan operasional meningkatkan efisiensi dan daya saing JAKI di pasar.

Itu tadi tentang sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 yang telah diraih JAKI. Implementasi SMKI ini akan membawa aplikasi JAKI ke tingkat baru dalam mengelola keamanan informasi, sekaligus menekankan komitmen Jakarta Smart City dalam menjaga keamanan, integritas, serta ketersediaan informasi bagi pengguna dan mitra. JAKI Dengan demikian, JAKI siap untuk melayani warga Jakarta secara lebih aman dan lebih baik lagi.

Artikel Smart Governance Lainnya

Akta kematian adalah hal penting untuk diurus. Namun, jangan khawatir. Simak caranya di sini.

Sehubungan dengan musim hujan, berikut laporan warga terkait banjir dan tidak lanjutnya periode Januari-Februari 2024.

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!