JakPeta: Cara Pintar Cari Tempat Bukber

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

06 Apr 2023

 

Halo, Smartcitizen. Bulan Ramadan sudah setengah perjalanan. Berbagai momen hadir sebagai bagian dari merayakan bulan suci yang penuh berkah ini. Mulai dari peningkatan ibadah, kapasitas diri, hingga tradisi dijalankan. Salah satu tradisi yang sering dijalankan di Indonesia adalah buka puasa bersama. Momen ini bahkan kerap dijadikan sebagai kesempatan reuni untuk menjalin kembali tali silaturahmi. Selain itu, berbagai manfaat seperti saling berkumpul, berbagi pengalaman, sampai diskusi menambah nikmat buka puasa bersama tersebut.

Menurut ajaran Islam, tradisi buka bersama didasarkan pada hadis Nabi yang berbunyi: “Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (H. R. Tirmidzi №807). Walaupun manfaat dan nikmatnya banyak, berbuka puasa bersama jangan sampai meninggalkan ibadah wajib seperti salat lima waktu. Pemilihan tempat yang strategis dekat dengan masjid atau mempunyai fasilitas ibadah seperti musala menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Bagaimana cara memilih tempat berbuka puasa yang tepat? Yuk, simak artikel ini!

Pilih Tempat dengan Cara Tepat

Masjid Hasyim Ashari

Agenda buka puasa bersama (bukber) biasanya identik dengan silaturahmi atau temu kangen berbagai kalangan, mulai dari teman SD hingga kuliah atau bahkan rekan kerja. Hal tersebut membutuhkan tempat yang sesuai dan makanan unik supaya lebih berkesan. Karena di meja makan ada cerita, kisah cinta, penuh tawa, bahkan air mata.

Kini, kamu bisa mencari tempat maupun makanan yang sesuai cukup dengan satu sentuhan. Melalui fitur JakPeta di JAKI, pencarianmu jadi lebih mudah. Begini cara mencarinya:

  1. Buka aplikasi JAKI, download untuk Android di sini dan iOS di sini jika belum.
  2. Pada beranda, pilih ‘Lainnya”.
Beranda JAKI

  1. Pilih fitur “JakPeta”.

Fitur JAKI

  1. Akan muncul banyak kategori, kamu bisa memilih kategori “Destinasi Wisata” dengan filter “Kuliner”.

Fitur JakPeta

  1. Akan muncul peta yang menandakan lokasi kamu serta letak Kuliner atau tempat makan terdekatmu.

Kuliner JakPeta

  1. Klik tempat makan yang kamu inginkan untuk tahu info detail seperti alamat, deskripsi, dan nomor telepon.

Uniknya, bukan hanya mencari tempat bukber yang tepat, kamu juga bisa mencari masjid terdekat. Pencariannya hampir sama, berikut caranya:

  1. Ikut langkah yang sama sebelumnya, mulai dari nomor satu hingga kedua.
  2. Akan muncul banyak kategori, kamu bisa memilih kategori “Destinasi Wisata” dengan filter “Religi”.
Fitur JakPeta

  1. Akan muncul peta yang menandakan lokasi kamu serta letak tempat Religi atau masjid terdekatmu.

Fitur Religi

  1. Klik masjid yang kamu inginkan untuk tahu info detail seperti alamat dan deskripsinya.

Lewat fitur JakPeta, kamu bisa menemukan tempat makan untuk bukber yang strategis sekaligus dekat dengan masjid. Kenikmatan bukber semakin bertambah dengan terjalin silaturahmi dan berkumpul bersama, sementara kewajibanmu dalam menjalankan ibadah tetap terpenuhi dengan baik berkat masjid terdekat.

Berbuka yang Manis dengan Es Krim Legendaris

Suasana Kota

Cara setiap orang merayakan momen Ramadan berbeda-beda. Smartcitizen Raka, misalnya. Sebagai pemuda 25 tahun yang lahir, besar, dan bekerja di Jakarta, ia mempunyai banyak teman sekolah hingga kuliah di kota ini. Kini mereka telah menyebar ke berbagai arah. Ada yang tetap bekerja di Jakarta, namun tidak sedikit pula yang mencari nafkah di luar kota atau bahkan luar negeri.

Pada Ramadan ini, banyak teman Raka yang mengajaknya buka bersama, mulai dari grup sekolah hingga kuliah. Agar tidak menjadi janji manis bak semanis takjil, Raka memutuskan menghadiri ajakan kawan-kawannya, dengan beberapa syarat atau pertimbangan.

Salah satu pertimbangan terbesar Raka ikut buka bersama adalah tempat yang strategis. Hal ini supaya ia bisa makan minum dengan penuh kenangan, tapi tidak mengabaikan kewajiban salat lima waktu. Oleh sebab itu, Raka ikut mengusulkan tempat yang strategis.

Tempat tersebut merupakan kedai es krim terkenal nan legendaris, berlokasi di sekitar Jalan Juanda, Jakarta Pusat. Kedai tersebut dekat dengan kantor teman-temannya dan tidak jauh dari Masjid Istiqlal sehingga gampang untuk beribadah. Selain itu, akses transportasi umum juga mudah dijangkau, karena dekat stasiun KRL maupun halte Transjakarta Juanda.

Bus Transjakarta

Dalam mencari tempat strategis untuk buka bersama, Raka punya jurus andalan, yakni JAKI. Lewat fitur JakPetanya, Raka bisa menemukan tempat kuliner terdekat dari lokasinya, mencari tempat buka bersama lebih gampang, dan tak perlu repot. Informasi yang ditampilkan juga cukup detail, seperti alamat, deskripsi tempat, serta nomor telepon.

Uniknya, melalui fitur ini juga bisa mencari masjid terdekat. Menunaikan salat lima waktu jadi lebih mudah, setelah mengadakan buka puasa bersama. Berbagai kelebihan itulah yang akhirnya membuat Raka menjadikan JAKI sebagai sahabatnya sehari-hari, termasuk saat mengusulkan tempat berbuka puasa bersama teman-temannya.

Nah, begitulah cara pintar mencari tempat bukber bersama JAKI. Yuk, jadikan Ramadan sebagai momen menjalin silaturahmi dan berbuat baik. Jangan lupa juga ikuti sosial media JSC untuk mendapatkan info menarik maupun tips seputar Ramadan dan lainnya.

 

Artikel Smart People Lainnya

Selain mendapat pengalaman, para peserta Data Science Trainee bisa membantu Jakarta menjadi lebih baik. Bahas keseruannya di sini!

Kamu yang suka eksplor Jakarta, mari merapat! Ada bus wisata Transjakarta Monas Explorer baru yang cocok untukmu. Simak selengkapnya di sini.

Abdi Bahasa Kepulauan Seribu menjadi kolaborasi Jakarta Smart City dan Kemendikbudristek untuk berbagi literasi digital di Pulau Tidung. Cek di sini!

Di JSCLab Sharing #7, kita belajar tentang kekuatan yang dimiliki oleh SEO. Ayo, bahas sekarang!

Pengguna transportasi umum, mari merapat! Ada protokol kesehatan baru di transportasi umum, termasuk penggunaan masker. Baca selengkapnya di sini.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2023 sudah dimulai! Ini syarat, mekanisme, hingga jadwal untuk tiap jenjang pendidikan.