13 Sep 2022

Fitur Transportasi Publik: Cek Jadwal TJ, MRT, dan LRT Terlengkap

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

13 Sep 2022

JAKI hadir lagi dengan fitur baru! Fitur yang satu ini bersahabat buat kamu yang aktif naik transportasi umum di Jakarta. Yup, apa lagi kalau bukan Transportasi Publik. Fitur Transportasi Publik di JAKI menampilkan dari rute, tarif, hingga jadwal tiga moda transportasi di Jakarta, yakni Moda Raya Terpadu (MRT), Lintas Raya Terpadu (LRT), dan Transjakarta. Yuk, baca lebih lanjut buat tahu informasi lengkapnya!

Kenapa Perlu Ada dan Pakai Transportasi Publik? 

Fitur Transportasi Publik di JAKI pertama kali dirilis pada pertengahan Agustus 2022. Fitur ini diciptakan supaya mempermudah warga saat ingin menggunakan transportasi umum di Jakarta. Bayangkan ketika kamu harus mencapai suatu tujuan dengan menggunakan lebih dari satu moda transportasi. Jika belum hafal rute ataupun jadwal dari setiap moda transportasi, kini kamu bisa langsung cek informasi tersebut di satu aplikasi saja, yakni JAKI. Secara tak langsung, kehadiran fitur Transportasi Publik juga semakin mendukung pemanfaatan transportasi umum sebagai bagian dari implementasi kota cerdas.

Dalam proses pengembangannya, fitur Transportasi Publik melibatkan kerja sama dari berbagai pihak, seperti Jakarta Smart City sebagai pengembang sistem, PT MRT Jakarta dan PT Transportasi Jakarta. Oleh karenanya, fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem dari masing-masing moda transportasi, sehingga informasi yang kamu dapatkan bisa dijamin kebenarannya, termasuk jika ada perubahan rute, jadwal, ataupun tarif armada.

Cara Cek Informasi Transportasi Umum via Transportasi Publik

Sebelum mengakses, pastikan kamu sudah punya JAKI di smartphone terlebih dulu ya, Smartcitizen. Aplikasi JAKI bisa kamu unduh melalui Google Play Store ataupun Apple App Store. 

Nah, setelah aplikasi terpasang di smartphone, ikuti langkah-langkah ini: 

  1. Buka JAKI;
  2. Klik Transportasi Publik;
  3. Pilih transportasi umum yang ingin kamu akses informasinya;

  1. Selesai! Laman akan menampilkan informasi serta jam operasional, tarif maksimal, jadwal, rute atau koridor pada masing-masing moda transportasi.

Saat ini, informasi mengenai MRT, LRT, TransJakarta, dan Mikrotrans sudah dapat kamu akses melalui Transportasi Publik. Sebagai contoh, untuk opsi TransJakarta, kamu dapat memilih halte yang diinginkan. Misalnya, kamu pilih halte Monas, maka akan tampil informasi koridor yang melintas termasuk koridor 1 (Blok M - Kota) dan 6B (Monas-Ragunan via Semanggi) serta estimasi kedatangan bus.

Itu tadi ulasan singkat fitur Transportasi Publik di JAKI dan sekilas info mengenai jam operasional Transjakarta. Dengan adanya Transportasi Publik, semoga lebih banyak warga tertarik naik transportasi umum dan mendukung smart mobility, ya. Ingin tahu lebih banyak tentang JAKI? Follow @jakisuperappdi Instagram. Di sana, kamu bisa ngobrol dan tanya-tanya langsung sama admin JAKI sekaligus cari tahu hal-hal happening dari aplikasinya. Buat cari tahu informasi terkini dari masing-masing moda transportasi, cek akun media sosial MRT JakartaLRT Jakarta, dan Transjakarta.

Artikel Smart Mobility Lainnya

Transjakarta sekarang bisa dilacak secara live di Google Maps! Yuk, ketahui cara live tracking, supaya perjalananmu lebih menyenangkan.

Walaupun berhubungan, JakLingko dan Mikrotrans adalah dua hal yang berbeda. Jangan sampai keliru, ya!

Rute Transjakarta dan JakLingko mengalami penyesuaian. Buat kamu pengguna setia moda transportasi publik ini, yuk cek rute terkininya!

MRT Jakarta sudah lima tahun beroperasi. Baru mau mencoba? Ini cara beli tiket dan tarifnya.

Selamat Hari MRT! Diperingati setiap 24 Maret, ternyata ada kisah perjalanan yang panjang, lo. Cek di sini!

Kamu pengguna setia Transjakarta? Ini rute Transjakarta 2024 untuk bus listrik yang perlu kamu catat.