16 Nov 2021

JakLapor dan Paspor Vaksinasi Digital: Karya Terpilih IdenTIK 2021

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

16 Nov 2021

Memasuki penghujung 2021, aplikasi kebanggaan warga Jakarta, JAKI, kembali terpilih menjadi juara dalam kompetisi nasional Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK). Kompetisi IdenTIK 2021 ini merupakan ajang kompetisi yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menggali potensi produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karya anak-anak bangsa. Karya yang terpilih kemudian menjadi wakil Indonesia pada kompetisi serupa di tingkat regional maupun internasional. 


 

Pada 2020 lalu, aplikasi super JAKI juga terpilih sebagai juara dalam kompetisi IdenTIK dalam kategori Public Sector. Sementara, pada ajang IdenTIK 2021, masih dalam kategori yang sama, dua fitur JAKI, yaitu JakLapor - Privacy by Default dan Paspor Vaksinasi Digital, masing-masing berhasil terpilih sebagai juara kedua dan keempat. 


 

Fitur-Fitur yang Selalu Membantu Warga Jakarta

Dalam aplikasi JAKI, tersedia berbagai fitur yang selalu membantu warga Jakarta untuk mendapatkan pelayanan Pemprov DKI Jakarta, seperti Jakarta Tanggap Covid-19, JakLapor, JakPantau, JakPangan, JakWifi, ataupun JakPenda. Khusus dalam kompetisi ini, fitur JakLapor dan Paspor Digital Vaksinasi berhasil menjadi karya terpilih. Lalu, kamu mungkin sedikit penasaran, apa sih manfaat kedua fitur tersebut?


 

Pertama, fitur JakLapor. Fitur ini berperan sebagai kanal pelaporan warga Jakarta di JAKI. Melalui JakLapor, warga Jakarta dapat melaporkan berbagai permasalahan, seperti banjir, kerusakan fasilitas, gangguan penyaluran bantuan, pelanggaran Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan sebagainya. Semua kendala itu dapat kamu laporkan dalam waktu beberapa menit saja, lho. Laporan dari warga kemudian akan ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Soal keamanan identitas pelapor, kamu juga tak perlu merasa khawatir, karena JakLapor memiliki fitur Privacy by Default. Sistem ini memungkinkan warga untuk membuat laporan privat yang akan dirahasiakan secara otomatis, sehingga detail laporan seperti foto tidak akan terlihat siapapun, termasuk petugas. Kamu cukup menuliskan deskripsi laporan beserta patokan lokasi yang lengkap, dan laporanmu akan tetap ditindaklanjuti. Adanya fitur ini membuat kerahasiaan identitas warga Jakarta sebagai pelapor semakin terjamin.


 

Cara Aman Melapor dengan fitur Laporan Privat Otomatis


 


 

Selain JakLapor, fitur kedua yang terpilih di IdenTIK 2021 yaitu Paspor Vaksinasi Digital. Fitur ini dapat ditemukan saat kita mendaftar vaksinasi dan akan muncul status vaksinasi. Adanya status vaksinasi ini memudahkan warga Jakarta untuk mengetahui  progres vaksinasi mereka melalui warna-warna. Warna status vaksinasi yang bisa kamu temukan yakni hijau, oranye, dan merah. Setiap warna itu memiliki arti masing-masing yang menandakan apakah kamu sudah divaksin dosis lengkap, atau baru divaksin dosis 1, atau belum sama sekali. 


 

Arti Warna Status Vaksinasi di JAKI


 


 

Nah, kehadiran fitur-fitur tadi tentunya sangat memudahkan kebutuhan sehari-hari warga Jakarta. Melalui JakLapor, kamu bisa melaporkan permasalahan di Jakarta secara efektif dan aman. Dengan Paspor Vaksinasi Digital, kamu jadi bisa mengetahui status vaksinasimu langsung dari smartphone


 

Terima kasih kepada Smartcitizen atas dukungan dan masukan untuk JAKI yang lebih baik. Yuk, terus dukung inovasi yang ada di fitur-fitur JAKI dengan memanfaatkannya. Kamu bisa gunakan JakLapor apabila ingin melaporkan permasalahan yang akhir-akhir ini biasa terjadi, misalnya seputar pelanggaran PPKM atau genangan saat hujan deras. Lalu, buat kamu yang belum divaksin, yuk segera gunakan fitur pendaftaran vaksinasi lewat Jakarta Tanggap Covid-19. Kedua layanan ini akan kamu dapatkan di aplikasi JAKI, yang bisa kamu unduh lewat Google Play Storeatau App Store, ya!

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!