14 Okt 2022

Jakarta Sehat: Cara Gampang Akses Layanan Kesehatan

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

14 Okt 2022

Buat Smartcitizen yang selama ini masih nyari cara praktis buat mantau kondisi kesehatan, ada kabar baik nih! Dinas Kesehatan DKI Jakarta baru aja berkolaborasi dengan Jakarta Smart City untuk mengintegrasikan fitur Jakarta Sehat di super-app JAKI. Sebelumnya, layanan Jakarta Sehat hanya bisa diakses melalui aplikasi tersendiri.

“Kami melihat super-app JAKI memiliki layanan yang sudah terbukti kebermanfaatannya dan dapat menjangkau masyarakat luas. Karena itu, dengan mengintegrasikan Jakarta Sehat di JAKI, harapan kami semakin banyak warga Jakarta dapat menjangkau akses layanan kesehatan yang merata dan inklusif,” kata dr. Widyastuti, MKM selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, menjelaskan alasan kolaborasi Dinkes DKI Jakarta dengan JSC sebagai pengembang sistem JAKI.

Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha juga punya gagasan serupa. “Kolaborasi ini memperlengkap lagi layanan terintegrasi JAKI di sektor kesehatan. Semoga Jakarta Sehat dapat memudahkan warga untuk akses layanan kesehatan secara online, lebih hemat waktu, tanpa harus menggunakan banyak aplikasi,” ujar Yudhistira.

Inovasi fitur Jakarta Sehat akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari lahir sampai meninggal, dari proses interaksi dan kolaborasi dengan pemerintah, bisnis dan masyarakat.”

Saat ini, JAKI sudah diunduh hampir empat juta pengguna. Sebagai aplikasi supernya Jakarta, JAKI menyediakan informasi dan layanan yang dibutuhkan warga Jakarta dalam berbagai sektor, seperti kanal pengaduan resmi melalui JakLapor, perizinan di Jakarta melalui JakEvo, transportasi melalui fitur JakLingko, pajak melalui JakPenda, hingga kesehatan lewat Jakarta Sehat.

Jakarta Sehat: Akses Layanan Kesehatan Bisa dari Rumah

Dengan fitur Jakarta Sehat, kamu bisa dapat beragam layanan kesehatan sesuai kebutuhan, kapan pun dan di mana pun. Pastinya dengan cara ini, kamu akan menghemat waktu dan tenaga karena nggak perlu langsung ke fasilitas kesehatan untuk mengakses layanan. Untuk menikmati layanannya, klik tombol “Semua” pada beranda, pilih “Kategori, lalu cari “Kesehatan”. Nah, berikut ini layanan kesehatan yang bisa kamu temukan di JakSehat.

Antrean Faskes

Lewat Jakarta Sehat  kamu juga dapat mendaftar kunjungan konsultasi atau berobat secara online dari rumah. Nggak perlu lagi deh kamu harus datang langsung ke fasilitas kesehatan dan mengantre sedari pagi. Sejauh ini, ada 317 Puskesmas/klinik serta 32 RSUD yang terintegrasi dengan fitur Jakarta Sehat. Pendaftaran online ini berlaku untuk semua poli di Puskesmas, klinik, serta RSUD, seperti Poli Umum, Poli Gigi, dan poli lainnya.

PMI

Layanan PMI pada fitur Jakarta Sehat hadir untuk membantu kamu bila ingin melihat informasi donor darah di Jakarta. Lewat layanan ini, kamu bisa dengan mudah mengecek stok darah terbaru serta cari tahu jadwal dan lokasi donor di mobil unit PMI Jakarta.

Konsultasi Kesehatan Mental

Smartcitizen, kesehatan mental sama pentingnya dengan fisik, lho. Nah, menyadari hal itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta berupaya memastikan warga Jakarta dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan mental dengan menghadirkan Sahabat Jiwa di Jakarta Sehat. Kamu bisa berkonsultasi secara online dengan konselor profesional yang sudah terkualifikasi dalam bidangnya, mengikuti tes untuk mengenali kondisi psikologis, dan mendapatkan bantuan yang tepat.

Skrining Risiko Penyakit Tidak Menular

Nggak hanya menyediakan layanan penanganan penyakit, Jakarta Sehat juga memberikan layanan skrining kesehatan Aku Bugar. Skrining ini dapat membantu kamu buat mengetahui risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti stroke, dan lainnya, tanpa perlu ke fasilitas kesehatan. Layanan ini juga dapat digunakan penyandang PTM untuk memantau kesehatan secara berkala.

Cek Layanan Pemeriksaan HIV dan IMS

Guna mempercepat penanggulangan HIV/AIDS di Jakarta, Dinas Kesehatan menghadirkan JakTrack sebagai layanan pemeriksaan berkaitan dengan HIV dan IMS. Dengan mengakses JakTrack di JAKI, kamu bisa melihat peta persebaran dokter keliling di Jakarta yang bertugas memeriksa HIV/AIDS hingga mendaftar online sebelum berkonsultasi.

Melihat layanan-layanan tadi, udah nggak sabar kan buat pakai fitur Jakarta Sehat di JAKI? Nah, buat kamu yang belum punya JAKI, langsung aja unduh aplikasinya melalui Google Play Storemaupun Apple App Store. Yuk, jaga kesehatan kita dengan makan minum bergizi, banyak berolahraga, serta rutin pantau kondisi tubuh dan mental kita lewat fitur Jakarta Sehat di JAKI!


 

Artikel Kesehatan Lainnya

Fitur Jakarta Sehat dari Dinkes DKI kini terintegrasi di JAKI. Yuk, cari tahu layanan-layanan kesehatan yang ada buat kamu.

Menerjang ombak dan mengabdi hingga penjuru pulau-pulau, inilah profil kru kapal AGD pertama di Jakarta