Jakarta Hajatan: Rangkaian Semarak HUT Jakarta

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

13 Jun 2022

Akhirnya, bulan ini kita bisa menyambut hari jadi Jakarta dengan penuh suka cita. Menjelang HUT Jakarta ke-495 pada 22 Juni 2022 nanti, perhelatan bertajuk Jakarta Hajatan sudah mulai menyapa. Ada kegiatan apa saja sepanjang akhir Mei hingga pertengahan September nanti? Baca artikel ini sebagai panduanmu untuk merayakan hari jadi Jakarta.

Java Jazz Festival (JIExpo Kemayoran, 27-29 Mei)


 

Kalau Smartcitizen adalah penggemar berat musik, Java Jazz tahun ini pasti jadi pelipur lara yang manjur. Setelah vakum sekitar dua tahun karena pandemi, Java Jazz Festival kembali menghidupkan JIEXPO Kemayoran. Diselenggarakan selama tiga hari, deretan penyanyi Indonesia dan mancanegara berhasil memantik semangat penonton konser. Siapa yang kemarin ikut nyanyi bareng Kahitna, Danilla, dan Jakob Ogawa?

Formula E (Jakarta International E-prix Circuit, 4 Juni)


 

Inilah agenda yang sudah ditunggu-tunggu fan Formula E. Yup, Formula E Jakarta diselenggarakan di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC) Ancol, pada 4 Juni 2022. Untuk pertama kalinya, Jakarta menjadi tuan rumah ajang balapan yang menggunakan kendaraan listrik. Acara yang diikuti oleh 22 pembalap ini diliput oleh ratusan jurnalis dari berbagai negara dan ditayangkan langsung ke lebih dari 150 negara.

Marvel Studios: A Universe of Heroes Exhibition (Pondok Indah Mall 3, 3 Juni-14 September)


 

Ramai diperbincangkan di media sosial, inilah pameran yang akan membawa fan Marvel lebih dekat dengan Marvel Cinematic Universe. Pertama di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara, akan ada 60 properti asli film memenuhi area seluas hampir 2.000 m2. Lebih seru lagi, kamu bisa menyaksikan secara lengkap koleksi-koleksi terbaik seperti kostum dan konsep seni yang diambil dari film-film Marvel pilihan. Tiket dijual secara online mulai dari seratus ribu hingga satu juta rupiah. Yuk, berangkat!

Bulan Seni Rupa (Taman Ismail Marzuki, 4-30 Juni)

Hadir dengan wajah yang baru, Taman Ismail Marzuki menjadi salah satu lokasi yang akan menambah kemeriahan Jakarta Hajatan. Untuk menyambut HUT Jakarta, Taman Ismail Marzuki sudah dibuka bertahap mulai 3 Juni 2022. Rencananya, akan digelar pameran arsitektur, karya seni seperti lukisan, patung, kain karya seni campuran yang menggunakan beberapa media, dan sebagainya.Lebih lanjut, akan ada pemutaran film, pelatihan, dan diskusi perihal seni rupa.Supaya tetap update dengan informasi terkini, Smartcitizen bisa mengikuti @wajahbaru_timdi Instagram.

Pekan Raya Jakarta (JIEXPO Kemayoran, 9 Juni-17 Juli)

Pekan Raya Jakarta (PRJ) akan hadir meramaikan area JIEXPO Kemayoran. Acara yang amat melekat dengan HUT Jakarta ini selalu dinanti-nanti oleh warga Jakarta karena lengkapnya destinasi belanja dan hiburan yang ditawarkan. Dari konser musik, pameran seni, kuliner, hingga pasar malam tentu jadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu luang. Tak heran, PRJ disebut sebagai pameran terbesar, terlama, dan terlengkap se-Asia TenggaraYuk, kita berangkat!

Jakarta Tours, Jakarta Good Guide (11, 18, dan 25 Juni 2022)

Good walkers! Sudah tahu belum, tahun ini ada Jakarta Tours yang akan diisi dengan agenda running, walking, dancycling tour? Yup, agenda ini akan diadakan berturut-turut pada 11, 18, dan 25 Juni 2022, sebagai bagian dari rangkaian Jakarta Hajatan untuk merayakan HUT Jakarta. Daftar segera di  bit.ly/JakartaHajatanJGGdan jangan lupa buat reminder di HP kamu, ya!

Musik Tepi Barat

Smartcitizen yang biasa beraktivitas di Jakarta pasti pernah menyaksikan alunan musik dari musisi yang berdendang di sekitar trotoar Jakarta. Yup, itulah Musik Tepi Barat, kegiatan yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta. Penampilan musik ini diharapkan dapat menghibur pejalan kaki yang melintas, sekaligus menjadi daya tarik untuk turis asing yang kebetulan melancong di sekitar ibu kota. Beruntung kondisi pandemi sudah membaik, tahun ini kita akan kembali menyaksikan pertunjukan musik tersebut.

Sederet Agenda Meriah Untuk Rayakan HUT Jakarta

Selain daftar agenda di atas, masih ada acara-acara lain yang layak Smartcitizen nantikan tahun ini, seperti konser Plus Jakarta, Jakarta Heritage Trails: Wisata Kota Tua, malam puncak Jakarta Hajatan, serta grand launching Jakarta International Stadium. Dapatkan update terkini seputar Jakarta Hajatan lewat JAKIdan ikuti juga @jakartahajatandi Instagram. Selamat merayakan Jakarta Hajatan, Smartcitizen!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Branding Lainnya

Festival Ini Jakarta 2022 diselenggarakan pada 16-18 September 2022 di Kota Tua. Kamu sempat datang gak? Baca artikel ini buat tahu keseruannya, ya.

Jakarta International Stadium telah diresmikan! Intip kemeriahan acara grand launching-nya di sini!

Jakarta Fair resmi ditutup 17 Juli 2022. Ada banyak kegiatan serta aneka booth. Gak sempat berkunjung? Jangan khawatir, baca rangkuman di sini.

Bingung ke mana di Jakarta Fair? Wajib banget nih kamu ke anjungan Pemprov DKI Jakarta. Ada apa aja, ya? Baca di sini!

Bertajuk Jakarta Hajatan, sederet rangkaian acara menarik untuk merayakan HUT Jakarta akan berlangsung. Intip daftarnya di sini!

Mal Sarinah telah dibuka kembali. Ia hadir dengan konsep community mall yang menjual 100% produk lokal. Yuk, telusuri Sarinah lewat artikel ini!