26 Jun 2023

Mau ke Jakarta Fair Kemayoran? Baca Tips Ini!

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

26 Jun 2023

Rasanya selalu semangat untuk merayakan hari ulang tahun Jakarta. Kita semua antusias, mengingat ibu kota genap berusia 496 tahun. Tahun ini, kita kembali merayakannya, antara lain dengan Jakarta Fair Kemayoran! Tempat yang penuh dengan berbagai hiburan dan menjadi surga untuk orang yang hobi belanja.

Apakah kamu tertarik untuk ikut bersenang-senang? Bingung gimana caranya ke sana? Jangan khawatir, kami telah menyiapkan beberapa tips agar pengalamanmu di Jakarta Fair Kemayoran semakin menyenangkan!

Baca juga: Kenali Sejarah Jakarta Fair Kemayoran

Tentukan Apa yang Akan Dilakukan

Banyak hal yang bisa dilakukan di Jakarta Fair Kemayoran. Tentukan apa yang ingin kamu kunjungi sebelum berangkat supaya kamu tidak bingung. Apakah kamu pencinta musik? Nah, cocok, nih! Ada banyak konser di sana setiap malam. Kamu suka makan? Kunjungi Pucuk Coolinary, tempat kuliner terbesar di acara tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa dinikmati di Jakarta Fair Kemayoran:

  1. Stan
  2. Konser
  3. Pucuk Coolinary
  4. Barongsai Night
  5. Semarak Carnaval JFK
  6. Pesta Kembang Api
  7. City of Light
  8. Kampung Hantu
  9. Jurnalrisa Experience

Tuh, kan, pilihannya banyak banget!

Jakarta Fair Kemayoran

Sumber: Jakarta Fair

Siapkan Hal-hal yang Perlu Dibawa

Menyiapkan apa saja yang ingin dibawa penting supaya kamu selalu siap dan nyaman. Berikut ini beberapa barang yang bisa kamu bawa. Yuk, dicatat!

  • Bawa minuman. Kamu suka berkeliling? Siapkan air mineral supaya tetap terdehidrasi, ya! Kalau kurang, kamu bisa beli di stan-stan yang tersedia.
  • Bawa uang. Jika butuh uang tunai untuk pembayaran tiket atau makanan dan minuman, di sana tersedia bank dan mesin ATM. Kamu bisa pergi ke Gedung Pusat Niaga lantai 1 pada Senin–Jumat pukul 08:00–15:00 untuk perbankan. Mesin ATM pun tersedia di Gedung Pusat Niaga lantai 1 dan di Food Area Hall E (Outdoor Area) pada Senin–Minggu, beroperasi 24 jam.
  • Bawa tas belanja. Jangan lupa bawa tas belanja juga kalau mau borong. Tas belanja ini bisa bantu kamu membawa belanjaan supaya praktis!
  • Bawa atau simpan denah lokasi. Lokasi Jakarta Fair Kemayoran bisa dibilang besar banget. Supaya tidak bingung mau mampir ke stan apa, coba lihat denah lokasi ini.

Denah lokasi Jakarta Fair Kemayoran

Sumber: Jakarta Fair

  • Bawa topi atau payung. Lokasi Jakarta Fair Kemayoran terbagi atas area indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan). Nah, kalau kamu mau mampir ke stan outdoor, siapkan topi atau payung supaya terlindung dari sinar matahari!

Tentukan Bagaimana Cara Perginya

Apa kamu bakal bawa kendaraan sendiri? Pastikan kamu dapat tempat parkir yang aman. Di sana ada empat area parkir: Gedung Pusat Niaga (GPN), Sayap Utara, Sayap Timur, dan Sayap Barat.

Naik kendaraan umum ke Jakarta Fair Kemayoran juga bisa, lo! Bingung mau naik naik bus atau kereta? Coba unduh JAKI Super App, deh. Di sini kamu dapat melihat stasiun atau halte terdekat. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. buka JAKI;

  1. klik Lainnya;

  1. pilih fitur JakPeta;

  1. lihat bagian Transportasi; dan

  1. pilih Bus Stop, Halte TJ, Stasiun MRT, atau Stasiun LRT. Misalnya, pilih Bus Stop. Kemudian, akan terlihat bahwa halte bus non-BRT terdekat berjarak 140 meter, sementara halte bus BRT berjarak 177 meter.

Transportasi ke Jakarta Fair Kemayoran        Transportasi ke Jakarta Fair Kemayoran

 

Baca juga: Rute Transportasi Umum ke Rangkaian Acara HUT Jakarta

Tentukan Kapan Perginya

Yuk, saatnya pergi! Mau sampai tepat saat Jakarta Fair Kemayoran dibuka? Cek jadwalnya!

Jam Operasional Pameran

  • Senin–Kamis: 15:30–22:00
  • Jumat: 15:30–23:00
  • Sabtu–Minggu: 10:00–23:00

 

Jakarta Fair Music Concert

  • Senin–Kamis: 19:00–22:00
  • Jumat–Minggu: 19:00–23:00

Kamu bakal naik transportasi umum? Kalau iya, kamu perlu periksa jadwalnya juga supaya tidak telat sampai di lokasi! Fitur JakLingko di JAKI memberikan informasi tentang rute, tarif, dan yang paling penting jadwal moda transportasi umum di Jakarta. Misalnya, kamu perlu turun di Stasiun MRT Bendungan Hilir. Untuk melihat jadwalnya, yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Buka JAKI;

  1. Pilih JakLingko;

  1. Klik MRTJ; dan

  1. Pilih Bendungan Hilir.

Di sini kamu dapat melihat bahwa kereta akan berangkat paling awal pukul 14:32. Mudah banget, kan?

Transportasi ke Jakarta Fair Kemayoran

Sabar, Jangan Barbar!

Ketika menghadiri Jakarta Fair Kemayoran, kemungkinan akan ada antrean sebelum memasuki area tertentu atau mengakses wahana permainan. Jadi, tetaplah sabar untuk berbaris! Manfaatkan waktu kamu saat menunggu untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar.

Jadi, sudah siap untuk merayakan ulang tahun kota tercinta kita? Atur rencana kunjunganmu, temukan jalan ke sana, dan nikmati pengalamanmu! Kalau kamu tidak ingin ketinggalan informasi tentang perayaan ini, pantau terus media sosial Jakarta Fair dan Jakarta Smart City. Selamat bersenang-senang!

Penulis dan Editor

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!