23 Jan 2024

Jakarta-Berlin Memperingati 30 Tahun sebagai Sister City

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

23 Jan 2024

Tahun ini, tepat 30 tahun sudah Jakarta dan Berlin menjalin kekerabatan sebagai sister city. Untuk memperingatinya, AsiaBerlin, platform kolaboratif yang menyatukan komunitas dalam ekosistem startup di Asia dan Berlin, mengadakan acara Jakarta x Berlin:  Uniting Digital Visions for Global Entrepreneurial Success. Acara ini diadakan di Future City Hub pada 17 Januari 2024 dan dihadiri oleh pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, perwakilan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, Berlin Senate Chancellery, dan organisasi-organisasi Jakarta-Berlin.

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin di Future City Hub

 

Merayakan Kerja Sama Sister CityJakarta-Berlin 

Pada acara ini, AsiaBerlin memperkenalkan Expansion Lab, sebuah inisiatif baru yang bertujuan menghubungkan organisasi Berlin dengan organisasi-organisasi di Jakarta. Selain itu, AsiaBerlin juga memperkenalkan kolaborasi Digital Hub Network yang diinisiasi oleh Digital Transformation Center (DTC) Indonesia dan dilaksanakan oleh GIZ (Gesselschaft fur Internationale Zusammenarbeit) atas nama Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). Sementara itu, DTC Indonesia merupakan bagian dari Global Programme Digital Transformation yang mendukung Indonesia dalam menghadapi tantangan transformasi digital nasional. Tujuan dari inisiatif ini adalah mengurangi kesenjangan digital dan memberikan kesempatan yang setara bagi setiap kelompok masyarakat untuk mendapat manfaat dari beragam prospek digitalisasi.

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin di Future City Hub

 

Acara Jakarta x Berlin: Uniting Digital Visions for Global Entrepreneurial Success dibuka dengan sambutan Andrie Yuswanto selaku Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Unit Pelaksana (UP) Jakarta Smart City. Dalam kesempatan ini, Andrie turut bersuka cita atas pembangunan Expansion Lab. Lebih lanjut, ia juga menyoroti kerja sama sister city Jakarta dengan Berlin, “Tahun ini, kita memperingati ulang tahun ke-30 dari kemitraan Jakarta-Berlin sebagai sister city. Kami berharap, pertemuan hari ini akan memperkuat sinergi antara Jakarta dan Berlin.” 

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin di Future City Hub

Selanjutnya, sambutan disampaikan Jan Groschoff dari Kedutaan Besar Jerman di Jakarta dan Thomas Keil yang mewakili Berlin Senate Chancellery. Melalui pidatonya, Thomas Keil menyampaikan harapannya mengenai Future City Hub dan Expansion Lab dalam memperkuat kemitraan kedua kota. “Future City Hub merupakan hasil penting dari sinergi erat Jakarta-Berlin dalam pengembangan kota cerdas, tata kelola yang baik, dan ekosistem startup yang dinamis. Dengan kehadiran Expansion Lab saat ini sebagai bagian dari AsiaBerlin, Berlin dapat memperkuat hubungan antar-startup di Berlin, serta hubungan startup-nya dengan ekosistem di Jakarta dan wilayah lain di Asia,” tutur Keil. Pada akhir pidato, ia mengajak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini Jakarta Smart City, untuk menjadi bagian dari AsiaBerlin Summit yang akan dilaksanakan di Berlin’s City Hall pada 25 November 2024 mendatang. 

Memperkuat Organisasi Jakarta-Berlin Lewat Panel Diskusi “Digital Innovation Visions”

Sesi kedua dari acara Jakarta x Berlin yaitu Berlin Goes Jakarta. Dalam sesi ini, organisasi-organisasi yang berbasis di Jakarta-Berlin memaparkan motivasi dan pengalaman mereka dalam menjalin kerja sama dengan organisasi dari sister city masing-masing.

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin di Future City Hub

 

Selanjutnya digelar Panel “Digital Innovation Visions”. Panel diskusi ini mengundang lima narasumber, yaitu Ilham Akbar Habibie dari Habibie Innovation Incubator, Nicko Widjadja dari BRI Ventures, Katka Nagyova dari betahaus, Shinta Dhanuwardoyo dari Bubu.com, dan Arya Setiadharma dari Prasetia Ventures. Diskusi ini dimoderatori oleh Daniel Tumewu dari AsiaBerlin. Melalui Panel “Digital Innovation Visions”, organisasi-organisasi dari Jakarta-Berlin tak hanya dapat mendengarkan insight dari para pembicara, tapi mereka juga dapat mendiskusikan perkembangan terbaru di ranah digital. 
 

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin di Future City Hub

Acara Jakarta x Berlin: Uniting Digital Visions for Global Entrepreneurial Success ditutup dengan Networking Session & Dinner. Dalam sesi ini, organisasi-organisasi Jakarta dan Berlin dapat saling mengobrol, membahas gagasan satu sama lain, dan mencari peluang untuk bekerja sama. Mereka juga meminta masukan dan berkoneksi dengan para pembicara pada panel diskusi sebelumnya. 

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin

Peringatan 30 Tahun Kerja Sama Jakarta-Berlin di Future City Hub

Yuk, Dukung Kemitraan Menuju Jakarta Kota Global!

Seperti diketahui, Jakarta tengah bersiap menjadi kota global. Untuk dapat meningkatkan performa sebagai kota global, Jakarta perlu membangun sinergi dengan kota-kota lainnya di seluruh dunia. Hal ini diperlukan agar kota-kota tersebut dapat mengenal Jakarta lebih dekat, tertarik dalam konteks inovasi, riset, ataupun data, dan membuka peluang kemitraan bersama. Sinergi yang telah terbangun selama 30 tahun antara Jakarta dan Berlin ini diharapkan dapat menjadi pemantik kerja sama dengan kota-kota lainnya untuk menunjang Jakarta sebagai kota global. 

Begitulah kegiatan Jakarta x Berlin: Uniting Digital Visions for Global Entrepreneurial Success. Besar harapan, acara ini bisa mempererat hubungan kerja sama Jakarta-Berlin dan melahirkan inovasi maupun kerja sama-kerja sama baru. 

Artikel Smart Governance Lainnya

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.

Apa itu kota global? Apakah Jakarta salah satu contohnya? Yuk, cari tahu di sini!