27 Mei 2023

Intip Yang Baru Dari Website JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

27 Mei 2023

Smartcitizen mungkin sudah familier dengan aplikasi JAKI. Tapi, kamu sudah pernah, belum main-main ke website-nya? Website JAKImemuat berbagai informasi mengenai aplikasi JAKI serta fitur-fitur unggulannya. Dengan membaca informasi yang ada di website, kamu akan jadi lebih mengenal JAKI dan mudah menggunakan layanannya. 

Website JAKI pertama dikembangkan pada 2019. Pada 2023 ini, website mengalami beberapa pembaruan, baik dari segi konten maupun desain. Lalu, seperti apa website JAKI yang sekarang? Apa bedanya dengan yang lama? Intip selengkapnya di sini, ya. 

Pembaruan pada Laman Beranda, Tentang Kami, dan Bagian FAQ

Beranda

Dari segi konten, Beranda website JAKI yang lama membahas aplikasi beserta fitur-fiturnya secara keseluruhan, sementara Beranda website JAKI yang baru lebih fokus mengenalkan fitur JakLapor dan hal-hal terkait aduan warga. Misalnya sistem privacy by default and design buat menjaga privasi pelapor di JAKI, tampilan laporan publik dan privat pada CRM petugas, hingga JakRespons yang bisa digunakan untuk memberikan komentar serta mendukung laporan warga. Selain itu, terdapat juga perubahan layout dan desain. Berikut detail perubahan Beranda website JAKI. 

HeaderLama menjadi Header Baru

 

Header Lama

Tampilan Website JAKITampilan Website JAKI

Header Baru

Narasi yang terdapat pada header lama mendeskripsikan aplikasi JAKI secara keseluruhan. Sementara narasi pada header baru spesifik membahas JakLapor sebagai fitur unggulan JAKI. Sebab, JakLapor merupakan kanal aduan warga yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja dan berbasis geo-tagging. Dengan mendepankan JakLapor pada website JAKI, fitur ini dapat melekat dalam benak pengunjung website
 

Fitur-fitur Terbaru JAKI menjadi Keunggulan Fitur JakLapor

Fitur-fitur Terbaru JAKI di Website Lama

Tampilan Website JAKI

 

Keunggulan Fitur JakLapor di Website Baru

Tampilan Website JAKI

Bagian kedua pada Beranda lama menunjukkan slider berisi fitur-fitur terbaru JAKI. Sementara itu, pada Beranda baru, bagian kedua memuat keunggulan-keunggulan melapor dengan JAKI. Seperti privacy by design yang mengutamakan privasi, privacy by default yang mengatur agar tiap laporan bersifat privat, anonimitas pelapor, hingga sistem foto tersembunyi dari petugas. Tujuannya, agar pengunjung website mengetahui keamanan melapor lewat aplikasi JAKI. 
 

JAKI Sebagai Solusi Masalah Warga menjadi Tampilan CRM Petugas

JAKI Sebagai Solusi Masalah Warga

Tampilan Website JAKI

Tampilan CRM Petugas

Tampilan Website JAKI

 

Bergeser sedikit ke bawah, Beranda lama menampilkan slider fitur-fitur JAKI sebagai solusi dari permasalahan warga. Sementara itu, Beranda baru mengganti slider ini dengan tampilan laporan warga pada aplikasi CRM petugas, supaya pengunjung tahu bahwa privasi pelapor terjaga, baik untuk laporan privat maupun publik.

Pada CRM petugas, laporan privat akan ditampilkan dengan label Laporan Bersifat Privacy, foto laporan tidak terlihat oleh petugas,  dan username tidak muncul (anonim). Sementara itu, laporan publik juga akan ditampilkan tanpa username (anonim), tetapi lokasi, deskripsi, serta foto laporan masih dapat dilihat petugas. Warga pun bisa berkomentar dan memberi dukungan terhadap laporan publik. 
 

Fitur Hasil Kolaborasi menjadi Fitur JakRespons


Fitur Hasil Kolaborasi

Tampilan Website JAKI

 

Fitur JakRespons

Tampilan Website JAKI


 

Selanjutnya, laman Beranda lama memuat slider berisi fitur-fitur JAKI yang merupakan hasil kolaborasi dengan sejumlah perusahaan teknologi. Sebut saja, layanan kota berbasis kecerdasan buatan milik JAKI dan Nodeflux, asisten virtual dari JAKI x Vutura, layanan distribusi bantuan milik JAKI x DuitHape, dan sebagainya. Bagian ini ditiadakan pada Beranda versi terbaru, lalu diganti dengan pengenalan fitur JakRespons.
 

Masih berkaitan dengan aduan warga, fitur JakRespons memungkinkan pengguna untuk memberi komentar dan mendukung laporan warga lainnya. Dengan memperkenalkan fitur ini diwebsite JAKI, pengunjung jadi tahu bahwa mereka tak hanya bisa memantau laporan permasalahan serta tindak lanjut dari laporan sendiri, tapi juga milik pelapor lain. 


 

Fitur Terintegrasi dengan Aplikasi Pemprov DKI menjadi Fitur JAKI Terbaru dan Artikel Terkait 


Fitur Terintegrasi dengan Aplikasi Pemprov DKI

Tampilan Website JAKI

 

Fitur JAKI Terbaru dan Artikel Terkait

Tampilan Website JAKI


 

Terakhir, pada Beranda lama, terdapat slider fitur-fitur JAKI yang terintegrasi dengan beragam aplikasi milik Pemprov DKI Jakarta. Sebut saja JakEvo, JakSiape, iJakarta, Tijeku, dan lain-lain. Slider ini diganti pada Beranda baru menjadi slider fitur-fitur unggulan JAKI beserta artikel terkait fitur. Dengan slider baru ini, pengunjung website dapat mengenal fitur unggulan JAKI yang terbaru serta membaca langsung informasinya lewat artikel. 

Tentang Kami

Laman Tentang Kami merupakan laman yang memuat profil JAKI. Ada beberapa perubahan pada laman ini. Dari segi konten, informasi diubah dan dilengkapi agar lebih representatif, sehingga pengunjung website dapat lebih mengenal JAKI. Misalnya, dengan mencantumkan nilai utama JAKI, penghargaan, serta kontak yang bisa dihubungi. Ada pula perubahan dari segi desain dan layout, seperti penggantian foto dengan kualitas lebih baik. Rinciannya seperti berikut ini.


 

HeaderLama menjadi HeaderBaru

Header Lama

Tampilan Website JAKI

 

Header Baru

Tampilan Website JAKI

 

Bisa dilihat foto pada header lama laman Tentang Kami kurang representatif dan kabur. Foto tersebut diganti pada laman terbaru dengan foto yang lebih sesuai dengan JAKI serta memiliki resolusi yang baik.  
 

Narasi Perkenalan Lama menjadi Narasi Perkenalan Baru

Header Lama

Tampilan Website JAKI

Header Baru

Tampilan Website JAKI

Laman Tentang Kami yang baru dan lama sama-sama memuat narasi perkenalan JAKI. Meskipun begitu, terdapat perbedaan antara keduanya. Narasi yang lama menekankan pada tim yang mengembangkan JAKI. Sementara narasi yang baru lebih menekankan pada pengembangan produk dan sistem JAKI. 

Copydan IconTidak Representatif menjadi Copydan Icon Representatif


Copy dan icon tidak representatif

Tampilan Website JAKI

 

Copy dan icon representatif

Tampilan Website JAKI

 

Laman Tentang Kami yang baru dan yang lama memuat bagian Nilai Utama JAKI. Namun, pada laman yang lama,icon dan narasi nilai utama JAKI tidak representatif satu sama lain. Karena itu, pada versi terbaru, setiap nilai utama JAKI digambarkan dengan icon yang lebih mewakilinya. 

 

Penambahan Bagian Awards
 

Tampilan Website JAKI

Pada laman Tentang Kami yang lama, belum ada bagian penghargaan yang dicapai oleh JAKI. Bagian ini baru dimunculkan pada laman Tentang Kami yang baru, agar pengunjung website dapat melihat langsung pencapaian aplikasi JAKI.


 

FooterLama FooterBaru

Footer Lama

Tampilan Website JAKI

Footer Baru

Tampilan Website JAKI

Footer pada laman lama dan baru sama-sama memuat kontak JAKI. Bedanya, laman yang lama tidak memuat nama gedung Balai Kota DKI Jakarta. Nama tersebut baru ditambahkan pada laman Tentang Kami yang baru. 

FAQ

Pertanyaan Paling Sering Ditanya (Frequently Asked Questions/FAQ) atau seperti yang tertulis di website sebagai Paling Sering Ditanya terdapat pada laman Bantuan. Bagian FAQ ini turut mengalami pembaruan, seperti pengkategorian fitur, penyesuaian tampilan agar lebih user-friendly, dan penambahan beberapa fitur FAQ terbaru. Terdapat juga perubahan layout

Fitur tidak dikelompokkan menjadi Fitur disusun berdasarkan kategori

Footer Tidak Dikelompokkan

Tampilan Website JAKI

 

Footer Disusun Berdasarkan Kategori

Tampilan Website JAKI

Pada FAQ yang lama, fitur-fitur JAKI tidak dikelompokkan. Sementara pada FAQ yang baru, fitur dikategorisasi berdasarkan kategori utama dan informasi lainnya, agar lebih rapi dan memudahkan pencarian. 


 

Tampilan FAQ kurang user-friendly  Tampilan FAQ user-friendly

Tampilan FAQ kurang user-friendly

Tampilan Website JAKI

Tampilan FAQ user-friendly

Tampilan Website JAKI

 

Tampilan FAQ yang lama kurang nyaman untuk pengunjungwebsite, mulai dari penempatan hingga gambar icon. Karena itu, terdapat pembaruan font dan penempatan icon pada tampilan FAQ yang baru, agar bagian FAQ lebih user-friendly.
 

Daftar fitur tak lagi relevan menjadi Pembaruan daftar fitur

Daftar Fitur Tidak Relevan

Tampilan Website JAKI    

Pembaruan Daftar Fitur

Tampilan Website JAKI

Mengingat perkembangan JAKI yang pesat, beberapa fitur pada bagian FAQ sudah tak relevan lagi. Oleh sebab itu, pada bagian FAQ yang baru, beberapa fitur baru ditambahkan, agar relevan dengan kondisi JAKI terkini. 

Bagaimana Cara Mengakses Bantuan di WebsiteJAKI? 

Pada dasarnya, tampilan baru website JAKI dibuat agar pengguna dapat lebih mengenal JAKI, serta mudah dan nyaman ketika menggunakan aplikasinya. Namun, jika masih menemukan kendala saat mengakses aplikasi maupun fitur-fitur di JAKI, kamu bisa kunjungi laman Bantuan pada website JAKI. 

Agar lebih mudah membayangkan alur mengakses informasi, anggaplah kamu sedang mengalami kendala membuat laporan dan ingin tahu caranya membuat laporan di JAKI. Begini langkah yang perlu kamu tempuh:

  1. Buka Beranda website JAKI.
  2. Klik Bantuan pada kanan atas beranda.
  3. Ketik kata kunci “cara membuat laporan” pada bilah pencarian.
  4. Akan ada beberapa pertanyaan terkait yang muncul. Klik “Cara membuat laporan?”
  5. Jawaban dari pertanyaan tersebut langsung muncul. Di bawahnya, kamu juga akan menemukan pertanyaan dan jawaban lainnya terkait fitur JakLapor. 

Namun, ketika kata kunci yang kamu masukkan pada bilah pencarian tidak ditemukan, kembalilah pada laman Bantuan dan tengok bagian Paling Sering Ditanya. Bagian tersebut memuat beberapa pertanyaan paling sering ditanyakan pengguna, termasuk cara membuat laporan. Namun, jika kamu mencari pertanyaan lain yang tidak dimuat pada Paling Sering Ditanya, kamu bisa scroll ke bawah untuk mengakses bagian Cari Bantuan. 

Bagian Cari Bantuan berisi pertanyaan dan jawaban seputar JAKI yang dikategorisasi berdasarkan fitur utama maupun kategori lainnya. Dengan pengkategorian seperti ini, kamu dapat lebih mudah mencari jawaban dari kendala yang kamu alami saat mengakses aplikasi JAKI. Untuk mencari tahu cara membuat laporan, klik Fitur Utama, pilih JakLapor, klik pertanyaan “Cara membuat laporan?” dan jawaban langsung muncul! 

Gimana, tertarik ingin coba eksplor tampilan baru website JAKI? Website ini ke depannya akan terus dikembangkan, menyesuaikan dengan perkembangan aplikasi serta kebutuhan pengguna. Kalau kamu mau tahu lebih lanjut tentang JAKI, baik aplikasi maupun website-nya, ikuti Instagram @JAKIsuperapp, ya. Selamat mengeksplor website JAKI!

Artikel JAKI Lainnya

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.