06 Nov 2023

Inovasi-inovasi Transit-Oriented Development Dukuh Atas

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Amira Sofa

06 Nov 2023

Menghemat waktu dan uang merupakan hasil yang bisa dirasakan dari menggunakan transportasi publik. Benar, kan, Smartcitizen? Di Jakarta, telah diimplementasikan konsep TOD (Transit-Oriented Development). TOD adalah pola pembangunan tata kota yang memudahkan warga untuk berpindah dari satu moda transportasi ke moda yang lain. Warga pun bisa menempuh tujuannya secara efisien dengan berjalan kaki, hanya dalam hitungan menit.

Kehadiran TOD membuat warga lebih mudah untuk beralih dari menggunakan transportasi pribadi ke transportasi publik. Inilah salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi kemacetan di Jakarta.  Kamu penasaran tentang senyaman apa tata kota seperti ini? Coba kita bahas bersama-sama, yuk!

Baca juga: Mengenal Transit Oriented Development di Jakarta 

TOD Dukuh Atas: dari Transportasi hingga Rekreasi

Dukuh Atas adalah wilayah pertama di Jakarta yang dikembangkan menjadi TOD. Sejak September 2023, area TOD Dukuh Atas pun resmi memiliki JPM (Jembatan Penyeberangan Multiguna). Pembangunan JPM Dukuh Atas dilakukan mulai 2021 sepanjang 260 meter. Berkat JPM ini, warga Jakarta mampu menikmati lima moda transportasi yang terintegrasi, yaitu:

  • KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line di Stasiun Sudirman;
  • MRT (Mass Rapid Transit) di Stasiun Dukuh Atas BNI;
  • LRT (Light Rail Transit) Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas;
  • KA (Kereta Api) Bandara di Stasiun BNI City; dan
  • Transjakarta di Halte Dukuh Atas 2.

Tempat perhentian favorit kamu yang mana, nih? Oh ya, walaupun dinamai sebagai jembatan, JPM Dukuh Atas juga bisa menjadi tempat rekreasi, lo! Di sana, kamu bisa menikmati berbagai gerai komersial untuk makan dan minum. Area ini pun hadir sebagai ruang publik inklusif, sehingga bisa dikunjungi oleh siapa saja dan dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti:

  • akses sepeda;
  • eskalator;
  • tangga;
  • lift; dan
  • jalur pemandu atau guiding block.

JPM Dukuh Atas juga hadir di Jakarta sebagai identitas dan tujuan baru perkotaan. Bukan hanya konektivitas antarmoda yang dikembangkan, pengalaman hidup perkotaan meningkat pula.

JPM (Jembatan Penyeberangan Multiguna) Dukuh AtasJPM (Jembatan Penyeberangan Multiguna) Dukuh Atas

JPM (Jembatan Penyeberangan Multiguna) Dukuh Atas

Foto: Safina Zora Hassanah/Jakarta Smart City

 

Transport Hub Simpang Temu Dukuh Atas

Efisiensi menjadi kunci untuk menjalani kesibukan sehari-hari. Itulah sebabnya Transport Hub Simpang Temu Dukuh Atas pun dibangun. Transport Hub Simpang Temu Dukuh Atas adalah area perhentian Transjakarta dan ojek daring (dalam jaringan/online) yang menunjang transit dari perhentian-perhentian seperti:

  • Stasiun MRT Dukuh Atas BNI;
  • Stasiun Sudirman;
  • Stasiun LRT Dukuh Atas; dan
  • Stasiun BNI City.


Transport Hub Simpang Temu Dukuh AtasTransport Hub Simpang Temu Dukuh Atas

Transport Hub Simpang Temu Dukuh Atas

Foto: Safina Zora Hassanah/Jakarta Smart City

 

Pembangunan Transport Hub Simpang Temu Dukuh Atas dilakukan oleh MRT Jakarta dan memiliki luas lantai sekitar 15.000 meter persegi. Untuk mendukung aksesibilitas transit, area ini pun disediakan dengan:

  • sarana pedestrian/pejalan kaki di sepanjang Jalan Blora;
  • sarana pesepeda;
  • ruang hijau;
  • ruang publik; dan
  • titik-titik berbagi sepeda/bike sharing.

Sebagai bagian dari TOD, kehadiran transport hub ini pun akan mendukung mobilitas di Jakarta. Area ini menjadi perwujudan tempat transit yang aman, nyaman, dan terjangkau, dilengkapi dengan perkantoran, ritel, serta hotel. Jadi, ibaratnya seperti sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui!

Kurangi kemacetan, kurangi stres, inilah saatnya kita semua menikmati kenyamanan menaiki transportasi publik. Dengan begini, kamu ikut berkontribusi untuk mewujudkan lingkungan Jakarta yang lebih nyaman, lo!


Kamu sudah siap untuk bertualang dengan moda transportasi publik favoritmu? Supaya lebih nyaman menjelajahi Jakarta, pakai fitur Transportasi Publik di JAKI! Di situ, kamu bisa tahu jadwal, tarif, dan rute untuk tujuan kamu. Silakan unduh, gratis!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Mobility Lainnya

Jangan kesasar, inilah 14 koridor Transjakarta dan nama-nama halte terbarunya, per 2024.

Jakarta makin ramah disabilitas! Ada lima unit bus sekolah khusus penyandang disabilitas yang baru diluncurkan. Baca informasinya di sini.

Beberapa halte Transjakarta punya nama baru, lho! Apakah halte langgananmu salah satunya? Cek di sini.

PT Transjakarta menyesuaikan beberapa rute untuk optimalisasi pelayanan. Inilah rincian rute Transjakarta terbaru sejak Desember 2023.

Gimana sih, biar cepat datang ke konser idola? Intip caranya di sini!

Mau naik Transjakarta gratis? Pastikan kamu salah satu dari 15 golongan ini.