06 Mar 2024

Ini Rute Bus Listrik Transjakarta 2024

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

06 Mar 2024

Kamu pengguna setia Transjakarta? Jika iya, ada beberapa rute Transjakarta 2024, khususnya bus listrik Transjakarta, yang perlu kamu catat. Bus listrik Transjakarta bisa jadi salah satu opsi kamu dalam bermobilisasi di Jakarta, karena lebih rendah polutannya dibandingkan bus berbahan bakar diesel maupun kendaraan pribadi. Dibuktikan dengan 9,9 persen emisi yang berhasil direduksi semenjak Transjakarta mengoperasikan bus listrik.

 

 

Rute Transjakarta 2024: Bus Listrik 

Per 4 Maret 2024, ada tujuh rute dengan bus listrik Transjakarta yang beroperasi di Jakarta. Rinciannya sebagai berikut: 

 

  • 1E: Pondok Labu-Blok M
  • 4B: Stasiun Manggarai-Universitas Indonesia
  • 4C: Pemuda Merdeka-Bundaran Senayan
  • 4F: Pinang Ranti-Pulo Gadung
  • 6D: Stasiun Tebet-Bundaran Senayan
  • 7A: Kampung Rambutan-Lebak Bulus 
  • D21: Universitas Indonesia-Lebak Bulus 
     


 

Selain rute-rute di atas, Smartcitizen juga bisa menikmati layanan bus listrik Transjakarta lainnya. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana pula menambah 200 bus listrik secara bertahap pada 2024, agar transportasi umum jadi lebih ramah lingkungan. Selain memiliki aspek ramah lingkungan, bus ini juga dilengkapi dengan baterai yang tahan lama dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih terjangkau. Tak hanya itu, kenyamanannya pun tidak diragukan lagi karena dilengkapi dengan penyejuk udara dan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas.

 

Baca juga:

 

Itu tadi rute Transjakarta 2024, khusus bus listrik. Dengan mulai membiasakan diri naik bus listrik daripada kendaraan pribadi, kita bisa mengurangi jejak karbon yang menyebabkan polusi udara. Yuk, mulai naik bus listrik Transjakarta! 

Artikel Smart Mobility Lainnya

Selamat Hari MRT! Diperingati setiap 24 Maret, ternyata ada kisah perjalanan yang panjang, lo. Cek di sini!

Kamu pengguna setia Transjakarta? Ini rute Transjakarta 2024 untuk bus listrik yang perlu kamu catat.

Jangan kesasar, inilah 14 koridor Transjakarta dan nama-nama halte terbarunya, per 2024.

Jakarta makin ramah disabilitas! Ada lima unit bus sekolah khusus penyandang disabilitas yang baru diluncurkan. Baca informasinya di sini.

Beberapa halte Transjakarta punya nama baru, lho! Apakah halte langgananmu salah satunya? Cek di sini.

PT Transjakarta menyesuaikan beberapa rute untuk optimalisasi pelayanan. Inilah rincian rute Transjakarta terbaru sejak Desember 2023.