13 Mei 2022

Ini Cara Daftar DTKS Jakarta

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

13 Mei 2022

Tahukah kamu kalau DKI Jakarta kini sedang membuka pendaftaran DTKS? Itu loh, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang merupakan salah satu acuan pemberian bantuan sosial untuk pemenuhan kebutuhan dasar warga. Bantuan sosial yang dimaksud dapat bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Jadi, data ini sangat penting, agar bantuan sosial di Jakarta dapat disalurkan dengan tepat sasaran.

Nah, jika kamu merupakan warga tidak mampu di DKI Jakarta atau kamu kenal orang di sekitarmu yang benar-benar membutuhkan, yuk segera daftarkan diri atau orang-orang di sekitarmu tersebut. Nantinya, warga yang telah terdaftar akan mendapat bantuan sosial dari pemerintah. Pendaftaran DTKS tahun 2022 tahap II kini sedang dibuka pada 9–28 Mei 2022. Yuk, simak informasi pendaftaran DTKS berikut ini.

Rumah Tangga yang Tidak Dapat Diusulkan

Warga yang dapat diusulkan untuk DTKS merupakan warga DKI Jakarta yang tidak mampu. Agar bantuan sosial yang akan dibagikan tepat sasaran, terdapat beberapa syarat rumah tangga yang tidak dapat diusulkan di DTKS, yaitu:

  1. Warga ber-KTP non-DKI;
  2. Tidak berdomisili di DKI Jakarta;
  3. Ada anggota rumah tangga yang menjadi pegawai tetap BUMN/PNS/TNI/POLRI/ Anggota DPR/DPRD;
  4. Rumah tangga memiliki mobil;
  5. Rumah tangga memiliki tanah/lahan dan bangunan (dengan NJOP di atas Rp 1 miliar);
  6. Sumber air utama yang digunakan rumah tangga untuk minum adalah air kemasan bermerek (tidak termasuk air isi ulang);
  7. Dinilai tidak miskin oleh masyarakat setempat.

Cara Mendaftar DTKS Jakarta

Berikut adalah langkah-langkah mendaftar DTKS Jakarta:

  1. Buka situs https://dtks.jakarta.go.id/;

  1. Buat akun baru (bagi yang belum memiliki akun);

  1. Login menggunakan akun yang sudah dibuat;

  1. Pilih menu Pendaftaran;

  1. Masukkan data diri, anggota keluarga, dan informasi rumah tangga ke dalam sistem;

  1. Kirim.

Agar lebih mudah, kamu dapat mendaftar melalui aplikasi JAKI dengan mengetuk banner pendaftaran DTKS di beranda JAKI, kemudian ikuti langkah pendaftaran selanjutnya.

Satu akun yang sudah terdaftar dapat digunakan untuk mendaftarkan beberapa keluarga. Jadi, kamu dapat membantu keluarga di sekitarmu untuk mendaftarkan diri. Selain itu, jika kamu mengalami kendala ketika mendaftar online, kamu juga bisa datang ke kelurahan sesuai domisili dengan membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Tahapan Pendaftaran DTKS Jakarta

Sebelum DTKS nantinya dapat ditetapkan, ada tahap-tahap yang harus dilalui terlebih dulu. Berikut adalah tahapan pendaftaran DTKS:

  1. Sosialisasi;
  2. Pendaftaran;
  3. Pengolahan Data 1;
  4. Pemadanan Data dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  5. Pemadanan Data dengan Badan Pendapatan Daerah;
  6. Pengolahan Data 2;
  7. Musyawarah Kelurahan;
  8. Pengolahan Data 3;
  9. Penetapan Daftar Sasaran Tetap;
  10. Penginputan Dalam Aplikasi SIKS-NG;
  11. Penetapan DTKS oleh Kementerian Sosial RI.

Agar Bantuan Sosial Tersebar dengan Baik

Pembukaan pendaftaran DTKS ini merupakan waktu yang tepat untuk kamu ambil bagian dalam pemerataan bantuan sosial yang tepat sasaran. Caranya dengan membagikan informasi terkait DTKS ini kepada orang-orang di sekitarmu yang membutuhkan. Yuk, sama-sama kita ajak mereka untuk mendaftarkan diri. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti akun media sosial @DKIJakarta dan @jsclab untuk berbagai informasi tentang Jakarta.

Artikel Smart Governance Lainnya

Sehubungan dengan musim hujan, berikut laporan warga terkait banjir dan tidak lanjutnya periode Januari-Februari 2024.

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.