24 Jun 2021

Hal-hal yang Bisa Dilakukan di Super Apps JAKI

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

24 Jun 2021

Apakah kamu sedang mencari informasi dan layanan terkini di Jakarta? Nah, kalau iya, kamu bisa mendapatkannya melalui aplikasi JAKI. Jakarta Kini (JAKI) merupakan super apps yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk membantumu memenuhi berbagai macam kebutuhan sehari-hari, dari memantau situasi banjir, kondisi kasus Covid-19, melaporkan permasalahan, sampai mengecek harga pangan di pasar. Sekarang, yuk lihat apa saja yang kita dapatkan melalui aplikasi JAKI.

Tampilan JAKI 

Dalam aplikasi JAKI, kamu akan menemukan berbagai fitur dengan tampilan yang enggak membuatmu bingung. Kamu bisa menemukan informasi mengenai kasus Covid-19, layanan Pemprov DKI Jakarta, fitur-fitur JAKI #BikinGampang, sampai dengan membuka peluang usaha Jakpreneur. Setiap layanan tersedia pada masing-masing kartu dengan kategori yang relevan seperti di bawah ini. 

Jakarta Tanggap Covid-19

Dalam fitur ini, kamu dapat melakukan pelacakan kontak, melihat zona wilayah terkait dengan penyebaran virus Corona, tes risiko mandiri (CLM), mendaftar vaksinasi, informasi bantuan sosial, perkembangan jumlah kasus Covid-19, Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB), jumlah ketersediaan tempat tidur rumah sakit, dan monitoring isolasi mandiri. Fitur-fitur ini berguna untuk menjaga kesehatan diri kamu dan tetap waspada pada penyebaran virus Corona. 

Layanan Pemprov DKI Jakarta

Dalam kategori ini, kamu bisa mengakses berbagai layanan Pemprov DKI Jakarta, mulai pengurusan berkas, perizinan, melihat jadwal MRT dan Transjakarta, hingga membaca buku. Adanya kategori ini bertujuan untuk mendekatkan kamu dengan layanan yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta. 

Kolaborasi Membangun Jakarta

Dalam kategori ini, tersedia aplikasi-aplikasi dari perusahaan-perusahaan teknologi yang sudah menjalin kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti Gojek, Shopee, dan Sekolahmu.

JAKI Bikin Gampang

Dalam kategori ini, kamu bisa menemukan informasi dan layanan pilihan yang siap memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti JakWarta untuk mendapatkan berita terkini, JakPangan, JakLapor, dan JakPantau. 

Usaha Bareng JakPreneur

Dalam kategori ini, tersedia berbagai informasi mengenai Jakpreneur, dari pelatihan, pemasaran, permodalan, sampai pendampingan. Nah, buat kamu yang memiliki usaha kecil dan menengah di Jakarta, bisa mendaftar program Jakpreneur. 

Mendapatkan Info Terbaru Melalui JakWarta

Dalam JAKI, kamu juga bisa mendapatkan berita resmi dan informasi terkini seputar Jakarta melalui fitur JakWarta. Misalnya, untuk kebutuhan informasi kasus Covid-19, JAKI bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta secara berkala merilis update ringkas perkembangan data kasus COVID-19 setiap hari. Mulai dari jumlah kumulatif kasus positif, dalam perawatan, isolasi mandiri, pasien dinyatakan sembuh, hingga pasien yang meninggal dunia. Kamu juga tak perlu merasa ketinggalan, karena kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui push notification

Aman Lapor Permasalahan dengan JakLapor

Dalam aplikasi JAKI,kamu pun bisa melaporkan permasalahan yang ada di Jakarta. Misalnya, saat kamu menemukan orang yang tidak menaati protokol kesehatan, atau melihat pelanggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Untuk melaporkan pelanggaran, kamu bisa menggunakan fitur JakLapor. Setiap laporan akan dijamin kerahasiaannya dengan adanya fitur menyembunyikan laporan, sehingga tidak terlihat oleh pengguna JAKI lain. Nantinya, laporan yang sudah kamu buat akan diterima dan ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, lalu masuk ke sistem Cepat Respon Masyarakat (CRM) untuk penanganan yang efektif serta cepat. 

JAKI Bikin Gampang Daftar Vaksinasi

Pada saat masa vaksinasiseperti sekarang, kamu juga bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi JAKI, lho. Caranya mudah banget, yaitu melalui fitur Vaksinasi Covid-19. Jika kamu mendaftar lewat JAKI, ada beragam kemudahan yang bisa kamu dapat. Kamu bisa menyesuaikan lokasi tempat kamu akan melaksanakan vaksinasi, menentukan jadwal sesuai dengan kesibukanmu, mengisi data diri dari rumah, serta memantau status vaksinasi. Gampang bukan?

Tersedia Chatbot yang Siap Membantu

Dalam aplikasi JAKI, tersedia pula Chatbot JAVAuntuk membantu pencarian informasi seputar Jakarta, dari informasi kependudukan, kanal pengaduan, bencana dan kedaruratan, kesehatan, Covid-19, sampai informasi terbaru seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) serta vaksinasi Covid-19. Misalnya, untuk vaksinasi. Kamu dapat mengetik “vaksinasi” atau “vaksinasi Covid-19” pada kolom obrolan, nanti kamu bisa pilih informasi yang ingin kamu ketahui. Kamu juga bisa mencari info mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dengan mengetik "PPDB".

Memantau Zona Covid-19 Lewat Peta


 

Kamu juga bisa menemukan peta zona pengendalian Covid-19untuk memantau wilayah sekitarmu. Kamu bisa melihat kondisi terkini di tempat tinggal sekitarmu dan wilayah lainnya di Jakarta. Data yang akan ditampilkan bersumber dari Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, sedangkan petanya bersumber dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan super apps JAKI. Kamu bisa juga mengeksplor fitur lainnya di JAKI. Manfaatkan sebaik-baiknya ya, Smartcitizen. Ingat, selama masa pandemi, kamu bisa mengetahui perkembangan informasi terbaru seputar kasus Covid-19 di Jakarta dan mendaftarkan vaksinasi lewat JAKI. Untuk aplikasinya, segera unduh dan instal JAKI melalui Google Play Storeatau App Store

Artikel JAKI Lainnya

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

Butuh nomor antrean faskes atau fasilitas kesehatan lainnya? JAKI bakal bikin gampang. Caranya? Baca di sini!

Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap 2 Mei, bertepatan dengan ulang tahun tokoh terpentingnya. Simak sejarahnya di sini, yuk!

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!