Memperkenalkan #Hack4ID, Program Hackathon untuk Kamu!

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

25 Mei 2023

Apakah Smartcitizen antusias tentang startup digital? Sini, merapat! Gerakan Nasional 1000 Startup Digital memberikan dukungan kepada semua fasilitator ekosistem startup digital di Indonesia. Sejak 2016, mereka terhubung dan berbagi pengetahuan serta pengalaman melalui aplikasi 1000 Startup Digital. Mereka dengan bangga menjalankan salah satu program mereka yang bernama #Hack4ID.

Dengan #Hack4ID, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital berkomitmen untuk mempromosikan bakat-bakat startup digital, menemukan solusi-solusi digital, serta mengembangkan ekosistem startup digital secara inklusif dan kolaboratif. Tertarik untuk mengetahui lebih dalam? Yuk, kita bahas di sini!

Apa itu #Hack4ID?

Hackathon ini adalah suatu kompetisi pemrograman dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Harapannya, melalui program ini, kualitas calon pendiri startup dapat meningkat. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital optimistis bahwa dengan program hackathon ini, semua masalah dalam industri dapat terpecahkan.

Program #Hack4ID akan diselenggarakan di 13 fasilitator hub Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Selama program ini, mereka akan mendengarkan ide-ide potensial dari para peserta dan bekerja secara kolaboratif dengan semua pihak di industri.

Yang menarik, #Hack4ID akan menjadi bagian dari pembukaan resmi Future City Hub. Future City Hub adalah kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan unit Jakarta Smart City dengan Berlin. Mereka bersama-sama membentuk komunitas kolaboratif untuk mengembangkan inovasi kota cerdas.

Hack4ID hackathon


Kapan #Hack4ID Dilaksanakan?


Terdapat tiga tahap acara #Hack4ID yang akan dilaksanakan, yaitu pre-event (kick-off dan scouting), main event, dan post-event. Tahap pre-event akan dilakukan secara online selama kurang lebih dua jam, sementara semua peserta akan berpartisipasi dalam main event di lokasi.

Pre-eventnHack4ID (kick-off dan scouting)

Program #Hack4ID akan memberikan gambaran tentang masalah dalam industri yang disampaikan oleh perusahaan yang berkolaborasi. Semua peserta juga dapat melakukan registrasi pada saat kick-off. Individu yang belum memiliki tim akan dikelompokkan bersama oleh Team Matchmaking. Team Matchmaking akan dilaksanakan di Discord.

Tujuan pre-event

  • memberikan kepada calon peserta #Hack4ID pemahaman mengenai masalah dan tantangan dalam industri, sehingga mereka dapat merancang ide bisnis yang relevan;
  • menyajikan wawasan mengenai tren dan perkembangan terkini dalam industri; serta
  • menjadi platform untuk memperkenalkan program #Hack4ID dan mendaftar untuk acara ini.

Detail pre-event

Tanggal: 13 Juni 2023

Waktu: 14:00–15:30 WIB 

Registrasi: https://1000startupdigital.id/hack4id  (Pilih Hub 06)

Hack4ID hackathon

 

Main event #Hack4ID

Main event akan diisi dengan ide-ide solusi untuk industri. Semua peserta diperbolehkan untuk menyampaikan ide-ide tersebut dengan menggunakan dasar metodologi design sprint.

Tujuan main event

  • memfasilitasi tim untuk menghasilkan solusi inovatif terhadap tantangan dalam industri; dan
  • meningkatkan kemampuan dan kreativitas peserta dalam menciptakan solusi digital.

Detail main event

Tanggal: 21–22 Juni 2023

Waktu: 08.00–18.00 WIB

Tempat: Jakarta Future City Hub

Post-event #Hack4ID

Siap-siap! Peserta yang mengikuti seluruh tahap acara akan mendapatkan kesempatan untuk memulai perjalanan startup mereka. Peserta akan berkesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan berikut:

  • Workshop:

Persiapan keterampilan yang diperlukan oleh pendiri startup untuk menciptakan startup digital. Tahap Workshop terbagi menjadi empat topik utama: Hustler, HipsterHacker, dan Founder Skillset & Mindset. Setiap topik terdiri dari modul-modul, yang juga terdiri dari beberapa sub-modul dalam bentuk video-video dengan durasi 8-10 menit. Materi Workshop dapat diakses melalui aplikasi 1000 Startup Digital.

  • Tracking & Monitoring:

Peserta akan terhubung dengan seorang Manajer Hub. Manajer Hub akan memantau perkembangan startup dan memberikan informasi tentang program-program lanjutan yang dapat diikuti oleh peserta #Hack4ID.

Itulah informasi penting mengenai #Hack4ID! Semoga semua startup digital yang berpotensi dapat segera memulai perjalanan mereka. Untuk informasi tentang Jakarta Future City Hub, pantau terus blog dan kanal media sosial Jakarta Smart City!
 

Penulis dan Editor

Artikel Smart People Lainnya

Selain mendapat pengalaman, para peserta Data Science Trainee bisa membantu Jakarta menjadi lebih baik. Bahas keseruannya di sini!

Kamu yang suka eksplor Jakarta, mari merapat! Ada bus wisata Transjakarta Monas Explorer baru yang cocok untukmu. Simak selengkapnya di sini.

Abdi Bahasa Kepulauan Seribu menjadi kolaborasi Jakarta Smart City dan Kemendikbudristek untuk berbagi literasi digital di Pulau Tidung. Cek di sini!

Di JSCLab Sharing #7, kita belajar tentang kekuatan yang dimiliki oleh SEO. Ayo, bahas sekarang!

Pengguna transportasi umum, mari merapat! Ada protokol kesehatan baru di transportasi umum, termasuk penggunaan masker. Baca selengkapnya di sini.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2023 sudah dimulai! Ini syarat, mekanisme, hingga jadwal untuk tiap jenjang pendidikan.