01 Des 2023

Gampang ke Konser Naik Transportasi Publik

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

01 Des 2023

Smartcitizen, suka nonton konser di barisan paling depan, gak? Entah mau menarik perhatian anggota band atau ingin mendapatkan pandangan yang jelas, rasanya selalu seru berada di barisan terdepan, ya! Namun, pernah gak bertanya-tanya, bagaimana caranya mendapat posisi itu? Beberapa dari kita punya rahasianya: naik transportasi publik. Bisa bebas dari kemacetan, jadinya kamu tiba di tempat tepat waktu, deh! Sebagai contoh, kamu bisa ikuti rute Transjakarta yang tersedia. Sayajelasin caranya di bawah ini, ya!

 

Tiba dalam Sekejap

November adalah bulan penuh bintang: ada banyak pertunjukan bagus untuk dihadiri. Secara pribadi, saya menyukai Joyland Festival Jakarta 2023! Festival ini diadakan di Stadion Baseball GBK (Gelora Bung Karno), Senayan, Jakarta Pusat. Tidak hanya lokasinya strategis, audiens juga dapat menikmati aliran mobilitas yang lancar ke sana. 

Dengan menggunakan JAKI(Jakarta Kini), super-app, kamu selalu bisa menemukan cara termudah untuk mengakses transportasi publik. Ada fitur bernama Peta yang bikin kamu menemukan fasilitas dan ruang publik terdekat, termasuk halte bus serta stasiun. Setelah membuka halaman Beranda, ikuti petunjuk ini:
 

  1. klik pada bilah pencarian (logo search) dan ketik Peta;

  1. lihat bagian Transportasi; lalu

  1. pilih opsi yang paling oke buat kamu: Bus Stop (Mikrotrans dan Metrotrans), Halte Tj (Transjakarta), Stasiun MRT, atau Stasiun LRT. Lihat contohnya: kalau kamu memilih Halte Bus, kamu bisa melihat halte terdekat dari lokasi.

 

Fitur Peta di JAKIFitur Peta di JAKI

Fitur Peta di JAKI

 

Berikut adalah pilihan untuk mencapai Kompleks Olahraga GBK (Gelora Bung Karno) dengan bus:

  1. bus Metrotrans (non-BRT/Bus Rapid Transit): ambil rute 1P Senen–Blok M dan turun di Halte Bundaran Senayan 2; dan

  1. Halte Transjakarta (BRT): ambil rute 1 Blok M–Kota dan turun di Halte Transjakarta Gelora Bung Karno.

Kamu lebih suka naik kereta? Bisa juga nih, lihat opsinya menggunakan fitur ini. Di sini terlihat, Bundaran HI merupakan stasiun MRT terdekat dari lokasi saya.
 

Fitur Peta di JAKI

Fitur Peta di JAKI

 

Kamu bisa turun di Stasiun MRT Istora Mandiri atau Senayan, yang merupakan stasiun terdekat di sekitar GBK. Kalau kamu perlu masuk ke Stadion Utama GBK lewat Pintu 1 atau Pintu 2, saran saya sih turun di Stasiun MRT Senayan!
 

Dicintai oleh Para Penumpang

Sekarang lebih termotivasi untuk memilih transportasi publik buat bersenang-senang? Temukan tujuanmu dan pilih opsi yang paling nyaman! Mengingat kemudahannya untuk diakses, MRT Jakartamengumumkan bahwa ada 163.162 penumpang pada 15 November 2023! Banyak dari mereka adalah penggemar alumni University College London yang tergabung dalam band Coldplay. Untungnya, mereka tiba dengan selamat di Stadion GBK yang menjadi lokasi acara tersebut. Saya enggak datang, tapi saya yakin ada banyak bintang yang bertaburan di langit malam itu!
 

Kamu enggak perlu khawatir lagi kalau bakal datang terlambat buat lihat idola-idolamu. Rasanya puas banget berdiri di depan barikade dan berseru-seruan bersama band favorit saya. Di sini ada foto-foto Alvvays, band keren asal Kanada, yang saya ambil di Joyland Festival Jakarta 2023. Sederhana, tapi saya senang!
 

Alvvays di Joyland Festival Jakarta 2023. Sumber: Eva Simorangkir/Jakarta Smart CityAlvvays di Joyland Festival Jakarta 2023. Sumber: Eva Simorangkir/Jakarta Smart City

Alvvays di Joyland Festival Jakarta 2023. Sumber: Eva Simorangkir/Jakarta Smart City

 

Saat menonton konser, kenyamanan menjadi tanggung jawab bersama. Ingat untuk menjaga kebersihan, ya! Jangan lupa untuk selalu membuang sampah di tempat yang disediakan. Perhatikan juga fasilitas yang disediakan oleh promotor. Contohnya, di Joyland Festival, selalu disediakan stasiun isi ulang air. Kamu pun bisa mengisi ulang tumbler kamu dan mengurangi sampah botol plastik.

Konser siapa nih yang selanjutnya bakal kamu tonton? Ajak teman-temanmu dan jelajahi Jakarta tanpa takut menggunakan transportasi publik. Semoga, nanti makin banyak kenangan-kenangan indah, ya!


Baca juga: Jurus-jurus Jitu Jakarta Hadapi Kemacetan

Penulis dan Editor

Artikel Smart Mobility Lainnya

Selamat Hari MRT! Diperingati setiap 24 Maret, ternyata ada kisah perjalanan yang panjang, lo. Cek di sini!

Kamu pengguna setia Transjakarta? Ini rute Transjakarta 2024 untuk bus listrik yang perlu kamu catat.

Jangan kesasar, inilah 14 koridor Transjakarta dan nama-nama halte terbarunya, per 2024.

Jakarta makin ramah disabilitas! Ada lima unit bus sekolah khusus penyandang disabilitas yang baru diluncurkan. Baca informasinya di sini.

Beberapa halte Transjakarta punya nama baru, lho! Apakah halte langgananmu salah satunya? Cek di sini.

PT Transjakarta menyesuaikan beberapa rute untuk optimalisasi pelayanan. Inilah rincian rute Transjakarta terbaru sejak Desember 2023.