21 Sep 2023

Gampang Akses Fasilitas Kesehatan di JAKI

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

21 Sep 2023

Capek antre buat bikin janji berobat? Enggak zaman lagi! Sekarang, Smartcitizen bisa hemat waktu untuk mendapat berbagai fasilitas kesehatan. Salah satunya adalah dengan mengambil nomor antrean lewat genggaman tangan. Caranya? Kamu bisa pakai aplikasi super JAKI! 

 

Nikmati Fasilitas Kesehatan yang Efisien di JAKI

Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Jakarta Smart City berkolaborasi untuk melayani warga secara efisien. Dahulu, fasilitas ini hanya bisa diakses lewat aplikasi JakSehat oleh Dinkes DKI Jakarta. Namun, pengguna JAKI pun bisa mendapatkannya sekarang. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka JAKI, gulir ke bawah halaman Beranda, lalu pilih kategori Kesehatan.


 

Kategori Kesehatan JAKI

 

  • Kalau kamu mau langsung ambil nomor antrean, pilih Antrean Faskes.
  • Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) kamu.
  • Pilih faskes (fasilitas kesehatan) yang terdaftar dengan NIK kamu. Mau pilih faskes yang lain? Kamu bisa daftar lewat aplikasi JakSehat dahulu, ya! 
  • Kamu dialihkan untuk memilih jenis keanggotaan. Peserta Umum perlu menanggung sendiri biaya pengobatan, sedangkan BPJS Kesehatan akan menanggung biaya para pesertanya. Kalau kamu termasuk salah satu peserta, jangan lupa masukkan nomor BPJS. 
  • Sudah tahu ingin dilayani bagian apa? Kamu bisa langsung pilih poliklinik yang ingin dikunjungi. 
  • Tinjau pendaftaranmu supaya enggak ada yang tertinggal. 
  • Tiket antreanmu pun muncul. Ingat untuk menunjukkan tampilan layar ini kepada petugas faskes, ya!
     

Tiket Antrean Faskes dari JAKI
 

Ragam Solusi Kesehatan dari JakSehat

Dinkes DKI Jakarta juga memberi solusi kesehatan lainnya di Jakarta dengan mudah. Berkat JakSehat di JAKI, kamu bisa dilayani tanpa harus datang langsung ke fasilitas layanan. Inilah layanan kesehatan yang bisa kamu nikmati:

  • Konsultasi kesehatan mental

Dinkes DKI Jakarta memberi layanan kesehatan mental lewat Sahabat Jiwa di JakSehat. Dengan begini, warga dapat konsultasi dalam jaringan dan mendapatkan bantuan yang sesuai.

  • Cek stok dan donor darah 

Jika kamu butuh darah terbaru, kamu bisa mendapatkan informasinya di sini. Kalau kamu berminat untuk mendonor darah, kamu pun bisa mencari tahu jadwal dan lokasi donor di unit mobil PMI Jakarta.

  • Cek layanan pemeriksaan HIV dan IMS

Dinkes DKI Jakarta bermisi untuk mempercepat penanggulangan HIV/AIDS di Jakarta. JakTrack pun hadir sebagai layanan pemeriksaan terkait HIV dan IMS (Infeksi Menular Seksual), memberikan peta lokasi dokter keliling di Jakarta yang bertugas melakukan pemeriksaan HIV/AIDS. Kamu juga bisa mendaftar dalam jaringan sebelum melakukan konsultasi.

  • Skrining risiko Penyakit Tidak Menular

Skrining kesehatan Aku Bugar membantu warga mengetahui risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke. Layanan ini juga dapat digunakan oleh mereka yang memiliki PTM untuk memantau kesehatan secara rutin tanpa harus pergi ke fasilitas kesehatan.

  • Lihat peringatan DBD berbasis iklim

Layanan ini memberi informasi tentang probabilitas kelembapan udara. Dari sini, warga dapat mengetahui pertumbuhan Aedes Aegepty yang menimbulkan DBD (Demam Berdarah Dengue). 

  • Cek data surveilans penyakit dan wabah

Dinkes DKI Jakarta mengumpulkan data dari rumah sakit dan Puskesmas. Data yang dikumpulkan pun berguna untuk mendapat gambaran kondisi kesehatan di DKI Jakarta.

Baca juga: 

Dinkes DKI Jakarta berharap, fasilitas kesehatan akan selalu menjangkau masyarakat luas lewat JAKI. Yudhistira Nugraha sebagai Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City pun optimistis dalam memberikan akses layanan kesehatan yang efektif. 

“Kolaborasi ini memperlengkap lagi layanan terintegrasi JAKI di sektor kesehatan. Semoga, fitur Jakarta Sehat dapat memudahkan warga untuk akses layanan kesehatan secara online, lebih hemat waktu, tanpa harus menggunakan banyak aplikasi,” ujar Yudhistira.


Kamu enggak perlu berlomba-lomba datang pagi buat ambil nomor antrean. Selain itu, lewat daftar yang ditampilkan, kamu pun bisa pilih fasilitas kesehatan terdekat dari lokasimu. Jadi, yuk unduh JAKI di perangkatmu buat nikmati fitur Antrean Faskes! Mau makin paham tentang fitur-fitur yang bisa bantu kamu setiap hari? Ikuti media sosial JAKI yuk! Untuk informasi tentang layanan Pemprov DKI Jakarta lainnya, jangan lupa ikuti Jakarta Smart City juga, ya.

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!