Future City Hub: Hasil Kolaborasi Jakarta dan Berlin

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

15 Sep 2023

Berlin dan Jakarta tercipta untuk satu sama lain. Keduanya telah menjadi kota bersaudara (sister cities) selama lebih dari 25 tahun, sejak 1994. Bergabung dalam proyek Smart Change, Berlin dan Jakarta berusaha mengatasi tantangan-tantangan pada era urbanisasi, digitalisasi, dan peningkatan kesadaran akan pembangunan berkelanjutan. Untuk mewujudkan inovasi perkotaan secara nyata, Berlin dan Jakarta bekerja sama untuk menciptakan Future City Hub sebagai pusat inovasi (innovation hub). Hub ini resmi menjadi bagian dari Jakarta Smart City yang  terletak di Jakarta Pusat.

 

Jakarta-Berlin Cooperation Day di Future City Hub

Foto: Arya Wirawan Maulana/Jakarta Smart Cirty

 

Baca juga: Intip Jakarta Future City Hub, yuk!

Future City Hub adalah prakarsa dari Smart Change sebagai proyek yang didanai oleh Uni Eropa. Proyek ini ingin menunjukkan potensi besar wilayah yang lebih berkelanjutan di Asia Tenggara, yang penting untuk menjadi mitra bagi kota-kota Eropa. Hal ini memungkinkan para pengusaha untuk bekerja sama dengan pejabat pemerintah dan warga secara erat, dengan memfasilitasi jaringan di antara para pemangku kepentingan. Semua pihak yang terlibat di Future City Hub memiliki tujuan yang sama: mengatasi tantangan perkotaan dan meningkatkan kemampuan tata kelola di kota cerdas. Pada 6–8 September 2023, Future City Hub berhasil memamerkan hasil kolaborasi antara Berlin dan Jakarta dengan melibatkan berbagai peserta. Berikut adalah rangkuman acara yang menginspirasi setiap peserta.

Jakarta Digital Outlook

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk menghadapi tantangan-tantangan masa depan. Tiga masalah utama dijelaskan dalam suatu dokumen kebijakan:

  1. Mengurangi Risiko Jakarta Tenggelam;

  1. Memperkuat Ketahanan Lingkungan untuk Menciptakan Jakarta yang Lebih Sejuk; dan

  1. Mendorong Jakarta Menuju Metropolis Global.

 

Diskusi Panel: Jakarta Digital Outlook di Future City Hub

Diskusi Panel: Jakarta Digital Outlook di Future City Hub

Foto: Safina Zora Hassanah/Jakarta Smart City
 

Untuk membahas masalah-masalah ini, Jakarta Digital Outlook diadakan pada 6 September 2023 di Future City Hub. Diskusi panel mengumpulkan berbagai pihak yang terlibat dalam diskusi kolaboratif. Otoritas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam bidang perencanaan perkotaan, lingkungan, transportasi, dan sektor pendapatan berbicara. Begitu pula perwakilan Pemerintah Kota Surabaya, Denpasar, Makassar, serta Surakarta. Para ahli infrastruktur perkotaan dari PT MRT Jakarta, PT Transportasi Jakarta, dan PT Jakarta Propertindo pun tak ketinggalan membagikan pandangan mereka.

Kepala Unit Pelaksana Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha juga sempat berbagi ilmu dan pengalaman tentang masa depan Jakarta. Ia menyajikan presentasinya yang berjudul Smart Cities and Digital Transformation: Empowering Communities and Sustainable Development. 

Sains dan teknologi selalu diperlukan untuk memgembangkan Jakarta sebagai kota cerdas. Dengan menerapkan Smart System Model, dilakukan pengumpulan data mentah atau informasi. Setelah itu, pemerintah memahaminya dengan melakukan proses analisis lebih lanjut. Kemudian, pemerintah menyebarkan solusi dan memantau secara berkelanjutan untuk melayani warganya.
 

Yudhistira Nugraha menyajikan presentasinya di Future City Hub

Yudhistira Nugraha menyajikan presentasinya di Future City Hub

Foto: Safina Zora Hassanah/Jakarta Smart City
 

Sehubungan dengan perwujudan kota cerdas, Jakarta mengembangkan aplikasi super yang bernama JAKI(Jakarta Kini). Dibuat untuk melayani dan melindungi warga, semua masalah kota yang dihadapi dapat dilaporkan secara instan melalui aplikasi ini. Lalu, bagaimana Jakarta mengembangkan ekosistem kota cerdas untuk menjaga keberlanjutannya? Inilah yang menyebabkan Future City Hubdiciptakan sebagai ruang inovasi perkotaan. Terletak di Jakarta Pusat, tempat ini dapat diakses oleh siapa saja yang berniat menciptakan kehidupan berkualitas tinggi di Jakarta.

“Salah satu tujuan innovation hub ini adalah untuk mempertemukan problem owner dan problem solver,” ucap Yudhistira untuk mendeskripsikan Future City Hub.

 

Para peserta  yang antusias di Future City Hub. Ready, set, smile!

Para peserta  yang antusias di Future City Hub. Ready, set, smile!

Foto: Safina Zora Hassanah/Jakarta Smart City
 

Jakarta-Berlin Cooperation Day

Hari kedua dari rangkaian acara Future City Hub tidak kalah menarik.Jakarta-Berlin Cooperation Day berlangsung pada 7 September 2023, menampilkan pencapaian proyek Smart Change. Sebagai wujud kolaborasi unik Berlin dan Jakarta, Smart Change bertujuan untuk meningkatkan tata kelola yang baik dan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan, sesuai dengan Agenda 2023. 
 

Diskusi Panel tentang Future City Hub sebagai ruang inovasi perkotaan

Diskusi Panel tentang Future City Hub sebagai ruang inovasi perkotaan

Foto: Ahmad Baihaki/Jakarta Smart City

 

Franziska Giffey, Wali Kota Berlin dan Senator Urusan Ekonomi, Energi, dan Usaha Milik Umum, ikut berkunjung ke hub. Bersama Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, ia menandatangani Deklarasi Bersama tentang Inovasi dan Teknologi antara Jakarta-Berlin.

 

Franziska Giffey (kiri) dan Dr. Sri Haryati (kanan) menandatangani Deklarasi Bersama   tentang Inovasi dan Teknologi antara Jakarta-Berlin

Franziska Giffey (kiri) dan Dr. Sri Haryati (kanan) menandatangani Deklarasi Bersama tentang Inovasi dan Teknologi antara Jakarta-Berlin 

Foto: Ahmad Baihaki/Jakarta Smart City

 

"Saya berharap, kita akan memiliki banyak pemuda yang datang ke sini untuk mendukung dan memberi saran. Ini harus menjadi tempat di mana ide-ide baru—tidak hanya lahir—tetapi menjadi kenyataan dalam dunia bisnis operasional," ujar Franziska tentang Future City Hub. Menurutnya, penting bagi Jakarta dan Berlin untuk mengatasi tantangan pada masa depan, karena generasi muda layak mendapatkan keadilan sosial. Melalui Jakarta Smart City, Future City Hub memungkinkan aktivis, pengusaha, dan komunitas untuk memberdayakan aspirasi mereka.

 

Franziska Giffey (kiri) dan Yudhistira Nugraha (kanan) menyambut peserta   di Future City Hub. Nice to meet you!

Franziska Giffey (kiri) dan Yudhistira Nugraha (kanan) menyambut peserta di Future City Hub. Nice to meet you!

Foto: Ahmad Baihaki/Jakarta Smart City
 

Business Matchmaking

Semua orang yang berinovasi harus selalu harus bertemu satu sama lain. Untuk mengakhiri rangkaian acara, Business Matchmaking diadakan pada 8 September 2023. Acara ini dimaksudkan untuk menginspirasi pembangunan kota yang makmur dan aman. Sejumlah pemangku kepentingan pentahelix (pemerintah, swasta, komunitas masyarakat, akademisi, media massa) berpartisipasi, termasuk lembaga pemerintah (Badan Perencana Pembangunan Daerah Provinsi Jakarta, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Jakarta, Badan Investasi dan Pelayanan Terpadu Provinsi Jakarta), unit perencanaan perkotaan, fasilitator inovasi, serta inisiator teknologi.

 

Business Matchmaking di Future City Hub

Business Matchmaking di Future City Hub

Foto: Safina Zora Hassanah/Jakarta Smart City

 

Sesi diskusi dibagi menjadi tiga kelompok. Pada hari itu, setiap kelompok menyampaikan ide-ide mereka:

  1. Mengembangkan Upaya Kolaboratif untuk Masa Depan Kota Global Jakarta.

Kelompok ini menyuarakan keyakinan mereka dalam membangun kampanye Wonderful Jakarta. Pemerintah bersama mitra swasta dan global dapat meningkatkan kesadaran tentang budaya serta produk Indonesia, sehingga Jakarta dapat dikenal sebagai kota global.

  1. Jakarta Sejuk.

Apa saja aspek yang bisa membuat Jakarta lebih segar? Kelompok ini memiliki ide pengembangan Platform Lingkungan Jakarta. Platform ini dapat berbentuk aplikasi seluler, melibatkan pengelolaan sampah, peningkatan penggunaan transportasi umum, pengumpulan data tentang bangunan pertanian perkotaan, dan sensor CO2.

  1. Mengatasi Ancaman  Jakarta Tenggelam.

Kemungkinan tenggelam adalah salah satu ancaman yang akan dihadapi Jakarta. Itulah mengapa kelompok ini menyampaikan ide mereka tentang mitigasi melalui pembentukan Satuan Tugas Khusus (Special Task Force). Mereka diharapkan untuk membuat Sistem Pemantauan Dasbor tentang Penggunaan Air dan Program Pengembangan Daerah.

 

Peserta Business Matchmaking di Future City Hub

Peserta Business Matchmaking di Future City Hub

Foto: Safina Zora Hassanah/Jakarta Smart City

 

Sungguh mengesankan mendengar kreativitas yang disajikan dalam setiap presentasi. Semangat warga Jakarta dalam menciptakan inovasi untuk kota ini harus didengar dan diimplementasikan. Semoga ide-ide tersebut akan mengarah pada pemecahan masalah Jakarta yang lebih baik.
 

Future City Hub berdiri sebagai mercusuar harapan dan kemajuan kota Jakarta. Keberhasilan kolaborasi Berlin-Jakarta ini menggambarkan secara singkat dari apa yang akan terjadi pada masa depan. Dengan dedikasi yang tak tergoyahkan dan dukungan dari semua pihak yang terlibat, kita siap menciptakan kota dunia yang mencerminkan impian dan aspirasi kita. Mari dukung bersama-sama, yuk! Silakan ikuti media sosial Jakarta Smart Cityuntuk mendapat informasi terkini tentang Future City Hub.
 

Orang-orang di balik Future City Hub

Orang-orang di balik Future City Hub 

Foto: Safina Zora Hassanah/Jakarta Smart City

Penulis dan Editor

Artikel Smart Governance Lainnya

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.

Apa itu kota global? Apakah Jakarta salah satu contohnya? Yuk, cari tahu di sini!